Bersihkan Harta dengan Berzakat

Jika harta kita setara atau lebih dari harga emas 85 gram, maka kita diwajibkan mengeluarkan zakatnya sebesar 2,5%
Rp 195.179.139
Terkumpul dari
682 hari lagi
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim yang sudah memenuhi sejumlah syarat. Yaitu nishab zakat emas 85 gram dengan haul selama satu tahun dan kadar 2,5%.
Niat zakat maal
Nawaitu an ukhrija zakatadz maali fardhan lillahi ta`ala.

“Saya Niat Mengeluarkan Zakat Maal Dari Diriku Sendiri Fardhu Karena Allah Ta`ala”
Hadist yang diriwayatkan dari Ali ra, dia berkata, telah bersabda Rasulullah saw:

“Jika kamu mempunyai 200 dirham dan sudah cukup setahun maka zakatnya adalah 5 dirham, dan emas hanya dikenakan zakat bila sudah mencapai 20 dinar dan sudah cukup setahun, maka zakatnya adalah ½ dinar setiap bertambah maka dengan hitungan tersebut. Tidak wajib zakat kecuali sampai cukup masa setahun”. (H.R Abu Daud)
Syarat Bahwa Kita Sudah Wajib Zakat adalah:
a. Sampai nishab.
b. Berlalu satu tahun.
c. Bebas dari hutang yang menyebabkan kurang dari nishab.
d. Surplus dari kebutuhannya.
Catatan:
- Jika perhiasan sebagai simpanan atau investasi, wajib dikeluarkan zakatnya 2.5% dengan syarat nishab dan haul.
- Jika perhiasan tersebut untuk dipakai dan dalam batas yang wajar, tidak dikenakan zakat, jika berlebihan termasuk katagori pertama.
- Penentuan nishabnya adalah senilai dengan nishab emas 85 gram.
Nishab dan kadar zakat emas, perak dan uang

1. Nishab emas 20 dinar, 1 dinar = 4,25 gram, maka nishab emas adalah 20 X 4,25 gram = 85 gram.
2. Nishab Perak adalah 200 dirham, 1 dirham = 2,975 gram, maka nishab perak adalah 200 X 2,975 gram = 595 gram.
3. Demikian juga macam jenis harta yang merupakan harta simpanan dan dapat dikategorikan dalam emas dan perak, seperti uang tunai, tabungan, cek, saham, surat berharga ataupun bentuk lainnya. Maka nishab dan zakatnya sama dengan ketentuan emas dan perak. Artinya jika seseorang memiliki bermacam-macam bentuk harta dan jumlah akumulasinya lebih besar atau sama dengan nishab (85 gram emas) maka ia telah terkena kewajiban zakat (2.5%).
Selengkapnya

Jadi Fundraiser

Yuk Jadi Fundraiser
Bagikan Program

Berita Penyaluran

Program Dirilis

11 Apr 2022

Program Zakat Fitrah Disalurkan Rumah Yatim untuk Puluhan Mustahik di 2 Kecamatan di Kota Bandung

26 March 2024

gambar-headline


Di bulan suci Ramadhan yang mulia ini, Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat tidak pernah berhenti untuk selalu melaksanakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada Senin, (25/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah menyalurkan Program Ramadhan Zakat Fitrah kepada masyarakat yang berhak menerimanya di dua titik lokasi di Kota Bandung, Jawa Barat.

Bantuan ini diserahkan oleh tim relawan Laznas Rumah Yatim area Jawa Barat kepada puluhan mustahik secara langsung tepatnya di Perum Griya Winaya RT 06 RW12, Kelurahan Pasir Wangi, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung untuk 30 mustahik yang merupakan para tuna netra. Kemudian lokasi yang kedua di Jl. Babakan Sembung RT 02 RW 12, Kelurahan Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung untuk sebanyak 50 orang mustahik.

Para mustahik sangat bersyukur bisa menerima bantuan dari program Ramadhan zakat fitrah Rumah Yatim area Jawa Barat.

Mereka pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat yang telah mendistribusikan bantuan ini, serta kepada para donatur yang telah menunaikan zakat fitrah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَاَ قِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰ تُوا الزَّکٰوةَ ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَ نْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

"Dan laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 110)

Semoga bantuan zakat fitrah yang diberikan dapat bermanfaat bagi para mustahik dan menjadi keberkahan rezeki bagi para donatur. Aamiin

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Puluhan Mustahik di Sibolangit Bersyukur Terima Program Ramadhan Zakat Fitrah dari Rumah Yatim

22 March 2024

gambar-headline


Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara terus melaksanakan kegiatan positif yang memberi manfaat terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Pada Rabu, (20/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah melaksanakan penyaluran program Ramadhan zakat fitrah untuk para mustahik.

Program Ramadhan zakat fitrah ini dilaksanakan oleh tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara tepatnya di Desa Buah Naba, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sebanyak puluhan mustahik yang merupakan masyarakat pelosok menerima program Ramadhan zakat fitrah ini.

Mereka pun sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan program zakat fitrah ini dan tak lupa mereka menyampaikan terima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara yang telah mendistribusikan program Ramadhan zakat fitrah.

Ibnu Mas'ud radhiallahu'anhu berkata, Aku mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak boleh iri (dengki) kecuali kepada dua hal. (Yaitu kepada) seorang yang Allah berikan kepadanya harta lalu dia menguasainya dan membelanjakannya di jalan yang haq (benar) dan seorang yang Allah berikan hikmah (ilmu) lalu dia melaksanakannya dan mengajarkannya (kepada orang lain). (HR. Bukhari no. 1320).

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para mustahik dan menjadi keberkahan rezeki bagi para donatur. Aamiin

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim Berikan Bantuan Bahan Pokok untuk Pasutri Tunanetra di Talang Tegal

13 March 2024

gambar-headline


Rumah Yatim cabang Jawa Tengah memberikan bantuan bahan pokok kepada pasangan suami istri penyandang Tunanetra di Desa Talang, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal yakni Ahmad Marzuki (62) dan istrinya Nurhayati (57)

Bantuan tersebut diberikan untuk meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Menurut penuturan Saefudin, kepala cabang Rumah Yatim Jawa Tengah, Ahmad Marzuki dan istrinya sangat layak dibantu dan layak menerima bantuan ini, sebab mereka hidup dalam keterbatasan ekonomi.

"Pak Ahmad dan istrinya bekerja sebagai tukang pijat. Jika ada yang meminta jasanya mereka akan diupah 50 ribu, tapi tidak setiap hari ada orang yang meminta jasa mereka," ujarnya.

Dikarenakan penghasilan yang didapat sangat tidak menentu, Ahmad dan istrinya sering sekali kesulitan membeli bahan pokok, terlebih saat ini harga beras dan bahan pokok lainnya sedang merangkak naik.

"Mereka mengeluhkan, sejak harga beras dan bahan pokok lainnya naik, mereka semakin kesulitan membelinya. Tidak jarang mereka puasa seharian karena tidak ada orang yang meminta jasa pijat mereka," ungkapnya.

Saefudin berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat dan berkah untuk mereka. "Semoga Pak Ahmad dan bu Nurhayati sehat terus, rezekinya lancar dan tidak pernah menyerah dalam menjalani kehidupan ini," tutupnya

Selengkapnya

Puluhan Nelayan Tradisional di Kampung Tanjung Piayu Laut Batam Rasakan Manfaat Bantuan Rumah Yatim

04 March 2024

gambar-headline


Program bantuan bahan pokok massif digulirkan Rumah Yatim di berbagai daerah di Indonesia. Aksi ini dilakukan sebagai wujud ikhitiar Rumah Yatim dalam membantu kebutuhan pangan masyarakat prasejahtera.

Jumat (23/2) lalu, program bantuan bahan pokok disalurkan Rumah Yatim cabang Kepulauan Riau di Kampung Tanjung Piayu Laut, Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam. Ada sebanyak 50 warga yang mayoritas bekerja sebagai nelayan tradisional menerima bantuan ini dengan penuh sukacita.

Kepala cabang Rumah Yatim Kepri, Saeful Malik menyampaikan, kegiatan penyaluran bantuan ini diadakan di kediaman salah satu warga setempat. Selain kepada nelayan, bantuan ini pun diberikan kepada lansia prasejahtera yang sudah tidak bekerja karena faktor usia dan kesehatan.

“Alhamdulillah kegiatan penyaluran bantuan berjalan lancar, pihak ketua RW dan RT setempat sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini,” ujarnya.

Saeful berharap bantuan ini bisa meringankan beban para penerima manfaat, serta bisa meredam kekhawatiran mereka atas harga sembako khususnya beras yang tengah langka dan merangkak naik akhir-akhir ini.

Selengkapnya

Rumah Yatim Berikan Bantuan bahan Pokok Pada Puluhan Warga Kurang Mampu di Antapani

28 February 2024

gambar-headline


Sebagai Lembaga Amil Zakat yang mengelola dana zakat yang di amanahkan masyarakat, tentunya rumah yatim harus terus berpacu dengan persentasi kemiskinan di setiap daerahnya, oleh karena itu sebagai hasil dari kolaborasi dan sinergi dengan pemmerintah setempat pada 17/2/2024 team relawan Rumah Yatim Regional Jawa Barat serahkan puluhan paket bantuan bahan pokok pada masyarakat miskin di sekitar Jasmin Integrated Farming Antapani.RW 12 ,Kelurahan Antapani tengah , Kecamatan Antapani ,Bandung.

Hadis riwayat Ibnu Abbas ra, bahwa Baginda Nabi Muhammad saw bersabda “sesungguhnya amal yang paling disukai Allah swt setelah melaksanakan berbagai hal yang wajib adalah menggembirakan muslim yang lain.

Mari terus dukung , langkah kebaikan para relawan dengan tunaikan zakat penghasilan. silahkan klik tombol donasi

Selengkapnya

Bantuan Bahan Pokok Mulai Disalurkan Oleh Team Relawan Rumah Yatim Bagi Penyintas Banjir Demak

20 February 2024

gambar-headline


Pada hari ini Senin, (19/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim melaksanakan aksi kebaikan untuk warga korban terdampak bencana banjir Demak, Jawa Tengah.

Menindak lanjuti upaya untuk membantu warga korban terdampak bencana banjir, tim relawan Rumah Yatim membagikan bantuan bahan pokok kepada warga korban bencana banjir di Desa Karanganyar. Terdapat jumlah warga yang terdampak sebanyak 950 KK 3800 jiwa dan persawahan yang terdampak seluas kurang lebih 90 hektar.

Para warga Desa Karanganyar yang terdampak bencana banjir sangat bersyukur bisa menerima bantuan bahan pokok dari Rumah Yatim dan para pejuang kebaikan.

Untuk saat ini warga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing, namun keperluan yang mendesak masih dibutuhkan seperti air bersih, alat-alat kebersihan, gas elpiji, perlengkapan MCK, sabun cuci dan makanan bayi.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk warga korban yang terdampak bencana banjir serta mendatangkan keberkahan bagi para pejuang kebaikan yang telah berpartisipasi membantu warga disana.

Semoga wilayah yang terkena dampak bencana banjir bisa segera pulih kembali dan warga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya
Lebih banyak

Para #PejuangKebaikan

920

Hamba Allah

Rp 615.624
1 hari yang lalu

hamba Allah

Rp 25.000
1 minggu yang lalu
smoga brmanfaat

Ardhira

Rp 250.000
1 minggu yang lalu
Semoga berkah

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

hamba Allah avatar

hamba Allah

1 minggu yang lalu
smoga brmanfaat
diaminkan 0 kali
Ardhira avatar

Ardhira

1 minggu yang lalu
Semoga berkah
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

2 minggu yang lalu
Semoga berkah aamiin
diaminkan 0 kali
Rustam Heri Suyanto avatar

Rustam Heri Suyanto

3 minggu yang lalu
Semoga bermanfaat
diaminkan 0 kali
Rustam Heri Suyanto avatar

Rustam Heri Suyanto

3 minggu yang lalu
Semoga bermanfaat
diaminkan 0 kali
Rustam Heri Suyanto avatar

Rustam Heri Suyanto

3 minggu yang lalu
Semoga bermanfaat
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

3 minggu yang lalu
Semoga berkah aamiin
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

1 bulan yang lalu
Semoga berkah aamiin
diaminkan 0 kali
Pamula wisnugroho avatar

Pamula wisnugroho

1 bulan yang lalu
Ya allah hanya kepadamulah aku meminta & memohon pertolongan , mudahkanlah segala urusanku dan lancarkanlah rezeki keluargaku ... amin...
diaminkan 0 kali
Alm Fariyati Binti Sutimin avatar

Alm Fariyati Binti Sutimin

1 bulan yang lalu
Doa utk Alm Fariyati Binti Sutimin diampunin sgl kslhn&dosa2 nya dilindungin dr azab kubur dijauhin dr siksa neraka diterangin kuburanny ditempatkan disurga dna tmpt yg indah disisi Allah SWT Aamiin 🤲🏻
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.