LAZ Rumah Yatim - 100 MCK Layak untuk Masyarakat Pedesaan

MCK yang terbuat dari bambu dan tertutup kain seadanya ini ingin kami ubah menjadi MCK yang layak dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

100 MCK Layak untuk Masyarakat Pedesaan

Lokasi Donasi Banten

Sampai dengan 31 July 2020



MCK yang terbuat dari bambu dan tertutup kain seadanya ini ingin kami ubah menjadi MCK yang layak dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Bambu-bambu yang di lapisi lembaran kain dan spanduk bekas ini tidak dibuat tanpa ada tujuan. Tempat tersebut adalah MCK yang sengaja dibuat oleh warga karena keterbatasan ekonomi yang membuat mereka tak mampu membuat MCK yang layak.

Kampung Ciapus Cai merupakan suatu kampung yang mana sekitar 160 warga menempati 60 rumah. Keadaan perekonomian mereka bisa dibilang di bawah rata-rata. Dengan hanya berpenghasilan 20 ribu hingga 40 ribu membuat mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup keluarga. Hal ini terjadi karena rata-rata mata pencaharian mereka hanya sebagai buruh tani dan buruh nyadap karet.

Letak posisi rumah warga yang berada di atas lereng bukit membuat jarak antara 1 rumah dengan rumah lainnya terpisah dan berjarak-jarak. Kondisi real di lapangan adalah, dari 60 rumah yang ada hanya 3 rumah yang memiliki MCK dan itupun hanya terbuat dari bambu dan kayu lapuk yang di lapisi lembaran kain dan spanduk bekas.

Adapun Rumah Yatim memberikan bantuan berupa pengadaan air bersih dengan memanfaatkan sumber air yang letaknya di bawah lereng bukit dengan jarak dari rumah terdekat 1 KM. Sedangkan untuk rumah yang letaknya paling atas di lereng bukit bisa mencapai hingga 5 KM jaraknya. Selain jarak yang lumayan untuk warga mengambil air, jalan terjal pun harus mereka lalui. Dengan rutinitas mereka mengambil air dengan membawa ember dan jerigen setiap harinya tanpa mengenal panas terik ataupun sedang hujan.

Dengan jarak yang jauh dan juga jalan terjal ini pernah pula salah satu warga bernama ibu Martiah (37) terjatuh dan mengalami patah tulang lengannya dikarenakan kondisi saat itu hujan serta licin dan ibu Martiah membawa beban ember dan jerigen berisi air untuk kebutuhannya dirumah. Melihat kondisi seperti ini akhirnya kami dari Rumah Yatim sendiri bertekad untuk mewujudkan harapan dan impian warga sekitar dengan membangun beberapa MCK yang mudah di jangkau dan tentunya layak bagi warga untuk bisa di gunakan.

Mari berbagi sedikit kebaikan untuk warga di Ciapus Cai agar memiliki MCK yang layak dengan cara :

  1. Klik “BERI DONASI”;
  2. Masukan nominal donasi;
  3. Pilih bank (BNI Syariah/Mandiri/BCA/BRI);
  4. Dapatkan laporan melalui email.

Disclaimer:

Fundraising ini merupakan bagian dari Program Sarana Publik LAZ Rumah Yatim yang bertujuan dalam rangka memfasilitasi adanya perbaikan dan bahkan penyelenggaraan sarana public yang bisa bermanfaat untuk umum.

Mohon maaf, fitur ini belum tersedia

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

LAZ Rumah Yatim

Loading LAZ Rumah Yatim