LAZ Rumah Yatim - Bangun Jembatan Aman Bagi Anak Bangsa Meniti Masa Depan

40 anak terpaksa melewati jembatan bambu tak layak agar dapat sampai ke Sekolahnya dengan cepat.

Bangun Jembatan Aman Bagi Anak Bangsa Meniti Masa Depan

Lokasi Donasi Seluruh Indonesia

Sampai dengan Telah selesai sejak 25 April 2019



40 anak terpaksa melewati jembatan bambu tak layak agar dapat sampai ke Sekolahnya dengan cepat.

Untuk bisa menuntut ilmu, tak sedikit dari kita yang harus berjalan jauh menempuh jalur dengan akses yang berbahaya dan tak layak. Salah satu di antaranya adalah anak-anak dari Kampung Cisasah.

Tahukah kamu di mana Kampung Cisasah? Kampung Cisasah merupakan salah satu kampung yang berada di Kelurahan Cihujan, Lebak, Banten.  Kampung ini dihuni oleh sekitar 500 orang. Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan buruh serabutan dengan penghasilan yang tak menentu.

Permasalahan ekonomi menjadi masalah utama masyarakat di kampung ini. Selain itu, sulitnya mendapatkan akses air bersih juga menjadi salah satu masalah masyarakat Kampung Cisasah.

Setiap hari, mereka harus mengambil air sungai berjarak 500 meter tepat di bawah jembatan bambu yang dilalui anak-anak untuk pergi bersekolah.

Di satu sisi, tingkat pendidikan masyarakat Kampung Cisasah pun tergolong rendah. Hanya beberapa orang saja yang mampu bersekolah sampai tingkat SMA. Hal ini tak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi, melainkan juga karena jarak sekolah yang jauh dari kampung ini.

Anak-anak kecil yang masih menempuh pendidikan Sekolah Dasar bahkan harus pergi ke kampung sebelah yang berjarak 2 km untuk bisa menuntut ilmu.

Ada sekitar 40 anak SD yang harus melewati jembatan bambu tak layak setiap harinya.

Tentu saja kondisi ini sangat mengkhawatirkan. Anak-anak ini harus berani menghadapi resiko terburuk saat melewati jembatan bambu tak layak ini.

Sedangkan untuk mengakses jembatan beton terdekat, anak-anak ini harus berjalan sejauh 1 km dari kampung mereka. Sehingga, jarak perjalanan dari rumah ke sekolah bisa menjadi 3 km.

Itulah sebabnya, anak-anak sekolah lebih memilih mengambil resiko dengan melewati jembatan bambu dibandingkan harus berjalan lebih jauh.

#PejuangKebaikan, jembatan ini hanyalah satu dari puluhan hingga ratusan jembatan yang memiliki fungsi sangat penting bagi masyarakat sekitarnya. Anda bisa ikut bantu mewujudkan sarana publik yang layak dan aman untuk anak bangsa melalui program "Meniti Asa Penerus Bangsa"  bersama Rumah Yatim, dengan cara berikut:

Klik "BERI DONASI"

DISCLAIMER:

  1. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk pembangunan jembatan dengan kondisi yang serupa dan membutuhkan perbaikan segera.
  2. Fundraising ini adalah bagian dari  program bantuan sarana publik dari Yayasan Rumah Yatim yang berfokus dalam membantu mewujudkan sarana publik yang layak dan aman.
  3. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi: Yusica 0822-9519-2142

 

Mohon maaf, fitur ini belum tersedia

Sosial Media Terkait Program

LAZ Rumah Yatim

Loading LAZ Rumah Yatim