Detail Program

Kemanusiaan

Bersama Membantu Saudara Kita di Timur Nusantara

Terkumpul
Rp 100.186
Target
Rp 150.000.000
BERAKHIR PADA:
30 April 2019
Penerima Manfaat:
11.000 orang

Lingkup wilayah:
nasional

Deskripsi Program


Banjir bandang dan longsor di Sentani, Jayapura, Papua, menewaskan 79 orang. Banjir terjadi sejak Sabtu (16/3) malam. Banjir diduga kaerna tingginya intensitas hujan dan dipicu akibat botaknya pegunungan Cycloops.

Dalam musibah ini, tercatat ada 74 orang terluka, 4.226 orang mengungsi, dan 11.725 keluarga yang terdampak. Kerugian material pun tak kalah besar. Setidaknya ada 350 unit rumah yang rusak berat, 211 unit rumah terendam air, 8 unit sekolah berat, 3 jembatan rusak berat dan 1 unit pesawat Twin Otter rusak.

Banjir ini bermula ketika daerah Sentani pada Sabtu (16/3) sekitar pukul 17.00 WIT diguyur hujan. Hujan kemudian mengakibatkan longsor di bagian hulu yang materialnya menyumbat sungai hingga membuat air meluap.

Karakteristik banjir bandang yang sering terjadi di Indonesia diawali adanya longsor di bagian hulu kemudian membendung sungai sehingga terjadi adanya air atau bendungan alami. Karena volume air terus bertambah, air meluap dan turun ke dataran bawah yang merupakan kawasan pemukiman. Banjir membawa materia; kayu dan batu dan menerjang rumah warga.

Selain karena tingginya curah hujan, banjir di Sentani disebabkan karena rusaknya ekosistem di Gunung Cycloop, Jayapura, Papua. Kerusakan hutan disana sudah berlangsung sejak lama. Daerah pegunungan Cycloop yang harusnya menjadi hutan sebagai daerah resapan dan penahan longsor malah di sulap menjadi ladang dan kebun. Alhasil, saat hujan deras longsor mudah terjadi.

Saat ini berbagai kebutuhan amat di butuhkan oleh para korban banjir di Sentani, diantaranya terpal, selimut, makanan siap saji, pakaian, dan juga sembako. Mari bantu ringankan duka saudara kita di Mutiara Hitam Nusantara.

Banjir bandang juga pernah melanda Sentani pada tahun 2007 silam. Banjir kala itu juga menimbulkan korban jiwa.

  1. Klik tombol merah "Beri Donasi"
  2. Isi data diri dan pilih cara pembayaran.
  3. Transfer ke nomor rekening yang muncul dan bantu sebarkan melalui sosial media anda

Disclaimer:

Donasi yang terhimpun akan kami salurkan untuk saudara kita yang mengalami bencana banjir tak hanya di Papua tetapi untuk saudara kita yang memerlukan di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lengkap dapat menghubungi : Call Center Rumah Yatim 081 221 200 900

Tanggal Nominal
Hamba Allah
18 April 2019
Rp 100.186

Total donatur : 1 orang