Yuk Tunaikan Hutang Fidyahmu Sekarang!

Segera tunaikan hutang puasamu dengan membayar fidyah!
Rp 65.704.254
Terkumpul dari
Rp 80.000.000
794 hari lagi
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

“... Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin…”(QS. Al Baqarah : 184).

Punya hutang puasa di Ramadhan tahun lalu? Yuk segera lunasi hutangmu sekarang! Lunasi dengan puasa berangsur-angsur alias tak setiap hari juga bisa kok. Tapi selain dengan berpuasa, islam membolehkan beberapa golongan orang yang hutang puasanya dibayar dengan fidyah.

Lantas, apa itu Fidyah? Fidyah adalah pengganti puasa, tapi bukan berarti setiap muslim yang tak menjalankan puasa bisa membayar hutang puasanya dengan fidyah. Karena ada beberapa kriteria yang masuk ke dalam kategori bisa membayar hutang puasa dengan fidyah.

Adapun kriteria orang yang bisa membayar fidyah di antaranya:
1. Orang tua renta yang tidak memungkinkannya untuk berpuasa
2. Orang sakit parah yang kecil kemungkinan sembuh
3. Ibu hamil atau menyusui yang jika berpuasa khawatir dengan kondisi diri atau bayinya

Fidyah juga dilakukan dengan memberi makan fakir miskin selama jumlah hari hutang puasanya. Ukuran fidyah adalah satu mud (makanan pokok) untuk satu hari. Jika seseorang tidak berpuasa selama 10 hari maka ia harus membayar dengan 10 mud. 1 mud = 675 gram/mencukupi untuk makan sehari.
Contoh perhitungannya seperti ini :
(Jumlah hari tidak puasa) x (harga 675 gram beras) = nominal fidyah yang dibayarkan

Jadi, misalnya : 10 x Rp 45.000 = Rp 450.000 

Untuk pembayaran fidyah sendiri, fidyah bisa setiap hari (tergantung banyaknya hutan puasa) atau sekaligus. Misalnya seorang yang tak berpuasa akan memberi makan orang miskin setiap hari sejumlah dengan hutang puasanya. Atau seorang yang membayar fidyah sekaligus dengan memberi makan orang miskin sebanyak 10 orang dalam satu hari karena ia tak sanggup berpuasa Ramadhan selama 10 hari.
Pembayaran seperti ini dibolehkan karena inti dari membayar fidyah adalah memberi makan 1 orang miskin per hari tak berpuasa. Pemberian makan pada orang miskin juga harus dalam bentuk makanan atau bahan makanan, tidak boleh dalam bentuk uang. Makanan yang diberikan boleh telah siap santap atau masih berupa bahan mentah.

#PejuangKebaikan, Mari tunaikan kewajiban membayar fidyah sebelum Ramadhan tiba, dengan :
1. Klik "DONASI SEKARANG"
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/BNI Syariah/BRI/BCA/Mandiri/DANA/ShopeePay)
4. Kamu akan mendapatkan laporan via email
5. Transfer sesuai 3 angka unik agar memudahkan sistem dalam pembacaan transaksi sehingga tepat akad dan tepat sasaran dalam penyalurannya

Disclaimer:
Fundraising ini adalah bagian dari Program Ramadhan Rumah Yatim. Dana yang terhimpun akan di salurkan dalam bentuk makanan. Jika berdonasi di akhir Ramadhan, akan disalurkan untuk program di luar bulan Ramadhan.

Info selengkapnya hubungi :
Admin (0813-1255-7811) / (0821-3211-5439)
Selengkapnya

Berita Penyaluran

Program Dirilis

22 Feb 2022

Report Penyaluran Rumah Yatim Januari-Oktober 2023

12 December 2023

Bismillahirahmanirrahim

Terimakasih Kepada Para Pejuang Kebaikan yang telah memberikan titipan Donasinya. Alhamdulillah telah tersalurkan di beberapa program kami dari Disclaimer campaign ini, Rumah Yatim sudah melakukan penyaluran Program di 20 provinsi dengan rincian sbb:

Alhamdulillah, Jazakumullah khoiron katsiron kepada Para Pejuang Kebaikan atas titipan donasinya sehingga semakin banyak penerima manfaat yang terbantu.

Semoga Allah semakin perluas dan berkahkan rezeki kita, dengan menyalurkannya di Jalan yang Allah Ridhoi. Aamiin..

Selengkapnya

1148 Warga Miskin Kota Medan Dan Sekitarnya Terima Nasi Jumat Berkah

26 October 2023

gambar-headline


Sudah menjadi kebiasaan baik saat tiba hari jum'at muslim berbondong -bondong melakukan aksi kebaikan, tak ayal karena Jum'at merupakan rajanya hari bagi kaum muslimin dimana amalah mereka hari itu dilipat gandakan . Setiap Minggunya Rumah Yatim Sumatera Utara membagikan Rribuan paket nasi jum'at berkah bagi warga miskin, mitra yayasan serta anak-anak yatim dan dhuafa di kota medan dan sekitarnya.

Ternyata hal sederhana seperti ini membuat mereka yang kekurangan sangat berarti, karena di hari jum,at merek a dapat makan makanan layak dengan lauk yang lengkap, “Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, 'Perbanyaklah membaca selawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya selawat itu tersampaikan dan aku dengar'. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan'.” (Imam al-Syafi'i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

kalo kalian bagaimana sudahkan menunaikan sedekah Jum'at terbaik anda? jika belum yuk klik tombol donasi.

Selengkapnya

Bagikan Ratusan Nasi Kotak Untuk Warga Miskin Kota Medan !

12 September 2022

Tak haya berfokus dalam pengelolaan dana ZISWAHIB (Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf, dan Hibah) saja, kini Rumah Yatim rutin meng-implementasikan dana Fidyah yang sudah terkumpul puluhan juta di platform donasionline.id.

Sebanyak 998 nasi kotak telah dibagikan Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara kepada anak asuh non mukin, keluarga dhuafa, dan warga prasejahtera lainnya di pusat Kota Medan.

Selain mendapat keberkahan berbagi di hari jum'at, kami juga senang ketika melihat wajah bahagia para penerima manfaat saat nasi kotak tersebut di bagikan.

Terima kasih #PejuangKebaikan telah mempercayai Rumah Yatim dalam mengelola dana Fidyah hingga terealisasikan dengan baik. Semoga Allah menjadikan ini salah satu amal jariyah di kahirat kelak. Amiin ya robbal alamin.

Salam Hangat,

LAZNAS Rumah Yatim Ar-Rohman Indonesia

Selengkapnya

Berbagi Nasi Bungkus Setiap Hari Jum'at !

06 June 2022

LAZNAS Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara terus memasifkan dalam menyalurkan nasi bungkus atau nasi kotak kepada masyarakat prasejahtera maupun kepad anak asuh Non Mukim di daerah tersebut. Tak perlu menunggu lama bukan untuk berbagi ? Itulah motto donatur cabang ini. Walaupun Ramadhan telah berlalu, semangat para donatur tidak kendur dalam berbagi.

Kami mengucapkan Terimakasih kepada para donatur loyal Laznas Rumah Yatim Sumut yang selalu menginspirasi dalam berbagi. Begitu istimewanya hari Jumat bagi orang Islam hingga ketika Anda sedekah di hari ini, maka pahala bagi mereka yang bersedekah itu akan dilipatgandakan. Selain itu, melancarkan jalan rezeki bagi yang mengamalkannya

Berbagi itu indah bukan ? Yuk terus berbagi kepada banyak orang dengan menunaikan Fidyah. Sedikit yang kamu berikan ternyata bisa menyelamatkan mereka dari kelaparan lho...
https://donasionline.id/segera...

Selengkapnya

Dana Fidyah Anda Telah Tersalurkan Untuk Masyarakat Prasejahtera Kecamatan Teniga

01 May 2022

Lombok (29/4) Dalam setiap ibadah Allah selalu memberikan keringanan agar kita lebih ikhlas dalam beribadah, dalam ibadah puasa Allah memberikan keringanan pada mereka yang tak lagi bisa menjalankan puasa ramadhan seperti ibu hamil dan menyusui, musafir serta orang tua yang sudah tak mampu puasa dapat membayarkan dengan fidyah, Laznas Rumah Yatim mengambil nominal 45.000 rupiah per hari dengan asumsi 3 kali makan mustahik

Pada Hari Jum’at yang bertepatan dengan 28 Ramadhan 1443 H team relawan Laznas Rumah Yatim NTB membagikan bahan pokok dari program fidyah kepada 50 lansia dhuafa di Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Dusun: Beriri Genteng, Provinsi NTB. Senyum bahagia tak dapat terelakqn dari wajah-wajah sepuh yang telah melalui berbagai tempaan kehidupan itu.

Jazakumullahu Khairan Katsiran, Terima kasih #PejuangKebaikan atas donasi terbaiknya ! Amanahmu sudah tersalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Semoga dana yang sudah terhimpun ini menjadi aliran pahala untuk #PejuangKebaikan, semoga Hajat dan Harapan di ijabah oleh Allah. Aamiin Allahumma Aamiin.

Selengkapnya

Penyaluran Fidyah Tahap Pertama !

20 April 2022

Fidyah merupakan pengganti puasa bagi mereka yang tidak sanggup untuk berpuasa sesuai dengan ketentuan dan syarat mengapa membayar fidyah.

Karena hal itu, mereka diwajibkan untuk membayar hutang puasa tersebut dengan memberi makan fakir dan miskin dalam satu hari di kali dengan jumlah hari meninggalkan puasa.

Kali ini, Rumah Yatim Cabang Jawa Timur menyalurkan belasan paket makanan berupa bahan makanan pokok kepada Lansia Prasejahtera dan Keluarga Dhuafa guna terpenuhi kebutuhan rumah tangga di bulan Ramadhan ini. Penyaluran kali ini juga merupakan penyaluran tahap pertama yang disalurkan oleh Rumah Yatim kepada Lansia selain anak Yatim dan Dhuafa di berbagai wilayah.

Terima kasih #PejuangKebaikan ! Yuk terus kontribusi dengan Rumah Yatim untuk menyalurkan lebih lagi paket makanan dan sembako di 20 Provinsi Indonesia dengan cara klik link di bawah ini ya ...

https://donasionline.id/segeratunaikanfidyah

Selengkapnya

Jadi Fundraiser

Yuk Jadi Fundraiser
Bagikan Program

Para #PejuangKebaikan

205

Budiyono

Rp 450.000
1 tahun yang lalu
Pembayaran Fidyah untuk Hj. Rien S

Hamba Allah

Rp 45.000
1 tahun yang lalu

Hamba Allah

Rp 100.000
1 tahun yang lalu

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Empty

disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.