Sempurnakan Iman Dengan Menunaikan Zakat Fitrah

Tunaikan Zakat Fitrahmu Segera !
Rp 5.197.452
Terkumpul dari
Rp 50.000.000
105 hari lagi
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma dan satu sha’ gandum atas umat muslim, baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau SAW memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR. Bukhari Muslim).
Zakat Fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Zakat Fitrah bertujuan untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, Zakat Fitrah dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan, dan kemenangan di hari raya yang dpaat dirasakan semua masyarakat miskin yang serba kekurangan.
Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai penyuci bagi orang yang berpuasa dari kata-kata berguna dan kotor, serta sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barangsiapa yang mengeluarkannya sebelum shalat Idul Fitri, maka itu adalah zakat yang diterima. Bila ia mengeluarkannya setelah shalat Idul Fitri, maka itu menjadi sedekah biasa,” (HR.Abu Dawud dan Ibnu Majah).
Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 Kg atau 3,5 Liter makanan pokok yang dikonsumsi seperti beras, gandum, dan sebagainya. Bagaimana menghitung ketentuan zakat fitrah ?

Mayoritas masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok, misalnya satu hari seseorang makan dengan harga beras rata-rata Rp.18,000,-/Kg. Artinya, zakat yang wajib ia keluarkan sebesar 2,5 x Rp.18,000,- = Rp.45,000,-
Golongan orang yang berhak menerima zakat fitrah
Sesuai firman Allah SWT. “Sungguh zakat itu hanya untuk orang-orang fakir, miskin, amil zakat, orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (mebebaskan) orang berhutang, untuk jalan Allah (Fii Sabilillah), dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan (Musafir) sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” (Qs. At-Taubah : 60)

#PejuangKebaikan, yuk tunaikan zakat firahmu segera sebelum terlambat dengan cara :

1. Klik "Donasi Sekarang"
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/BNI Syariah/BRI/BCA/Mandiri/DANA/ShopeePay)
4. Kamu akan mendapatkan laporan via E-mail
5. Transfer sesuai 3 kode unik untuk memudahkan sistem dalam pencatatannya dan tepat sasaran dalam penyalurannya

Disclaimer :
Fundraising ini adalah bagian dari Program Ramadhan Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun digunakan untuk membantu penggalangan donasi penerima manfaat lainnya.

Info Selengkapnya Hubungi :
Admin (0813-1255-7811) / (0821-3211-5439)
Selengkapnya

Berita Penyaluran

Program Dirilis

07 Mar 2024

Puluhan Masyarakat Prasejahtera di Dua Kelurahan Tegal Timur Terima Zakat Fitrah Rumah Yatim

18 April 2024

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Rumah Yatim cabang Jawa Tengah menerima zakat fitrah dari masyarakat dan membagikannya kepada yang berhak.

Hal ini dilakukan sebagai upaya menjalankan tugas dan bertanggung jawab sebagai lembaga amil zakat nasional.

Di hari Selasa penuh berkah kemarin (9/4), Rumah Yatim membagikan zakat fitrah kepada 76 masyarakat prasejahtera di Kelurahan Panggung dan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Bantuan berupa beras ini diterima para penerima manfaat dengan penuh syukur dan antusias. Menurut penuturan Saefudin kepala cabang Rumah Yatim Jawa Tengah, para penerima manfaat bekerja sebagai buruh harian lepas, pemulung, serabuta dan pedagang keliling. Penghasilan mereka minim dan tidak menentu, seringkali untuk memenuhi kebutuhan makan saja kesulitan.

“InsyaAllah bantuan ini sangat layak diberikan kepada mereka, mudah-mudahan zakat fitrah yang diberikan dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok mereka. Terutama di Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Saefudin melanjutkan jika Rumah Yatim akan selalu amanah dan menjaga titipan zakat dari para muzzaki. Serta Rumah Yatim akan terus berikhtiar agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

Selengkapnya

Mengantarkan Amanah Zakat Fitrah Kepada Puluhan Keluarga Dhuafa di Karang Anyar Pantai Tarakan

18 April 2024

Rumah Yatim cabang Kalimantan Utara menyalurkan zakat fitrah para donatur ke berbagai daerah di Indonesia, salah satunya untuk warga di Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, pada Selasa (9/4) kemarin.

Sejak siang kemarin, amanah zakat fitrah para donatur itu telah dibagikan kepada 40 penerima manfaat. “Mereka adalah bagian dari delapan asnaf, yakni lansia prasejahtera yang sudah tidak mampu lagi bekerja dan keluarga prasejahtera yang mayoritas bekerja sebagai pemulung dan buruh harian lepas," tutur Dendi, kepala cabang Rumah Yatim Kalimantan Utara.

Ia melanjutkan jika kegiatan pembagian zakat fitrah ini diadakan di kantor kas Rumah Yatim, Jl. Mulawarman No.2 , Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan.

"Alhamdulillah kegiatan pembagian bantuan berjalan lancar, ketika bantuan diberikan, para penerima manfaat terlihat sangat senang, mereka mengatakan jika bantuan ini amat sangat berarti untuk mereka," ungkap Dendi.

Selengkapnya

Warga Prasejahtera di Lamlagang Banda Aceh Senang Dapat Bantuan Zakat Fitrah Rumah Yatim

18 April 2024

Rumah Yatim cabang Aceh terus menyalurkan zakat fitrah kepada delapan golongan orang yang berhak menerima zakat. Salah satunya disalurkan kepada 70 warga prasejahtera di Gampong Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh pada Selasa (9/4).

Menurut kepala cabang Rumah Yatim Aceh, Ramdhan Burhanudin, mayoritas penerima zakat fitrah kali ini lansia dan keluarga dhuafa yang dalam kesehariannya bekerja sebagai buruh harian lepas, pengemudi becak motor dan pedagang keliling.

“Mereka sangat senang bisa menerima zakat fitrah ini, mereka berharap kedepannya Rumah Yatim bisa kembali membantu mereka,” tambahnya.

Ramdhan berharap, zakat fitrah ini bisa membantu mencukupi kebutuhan warga di hari raya. Ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah memercayakan Rumah Yatim sebagai jembatan penghubung untuk menyalurkan zakat fitrah.

“Harapannya semoga lebih banyak lagi para donatur yang menyumbangkan dan menunaikan kewajibannya. Agar semakin banyak pula warga prasejahtera yang menerima manfaatnya,” ucapnya.

Selengkapnya

Bantuan Zakat Fitrah Telah Disalurkan di Bali !

09 April 2024

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Denpasar masih semangat untuk berbagi kebahagiaan terhadap masyarakat yang membutuhkan dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi mereka.

Pada Selasa, (09/04/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Denpasar telah berhasil melaksanakan penyaluran Program Ramadhan Zakat Fitrah untuk masyarakat membutuhkan yang berhak menerimanya.

Bantuan zakat fitrah ini diserahkan langsung oleh tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Denpasar kepada puluhan mustahik tepatnya di Kusuma Bangsa 1, Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan ialah santunan uang tunai guna memenuhi kebutuhan para mustahik.

Puluhan mustahik sangat bahagia dan bersyukur ketika mendapatkan bantuan dari program Ramadhan zakat fitrah dari Rumah Yatim cabang Denpasar.

Mereka pun tidak lupa untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim cabang Denpasar yang telah mendistribusikan bantuan ini, serta kepada para donatur yang telah menunaikan zakat fitrahnya.

Ibnu Mas'ud radhiallahu'anhu berkata, Aku mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak boleh iri (dengki) kecuali kepada dua hal. (Yaitu kepada) seorang yang Allah berikan kepadanya harta lalu dia menguasainya dan membelanjakannya di jalan yang haq (benar) dan seorang yang Allah berikan hikmah (ilmu) lalu dia melaksanakannya dan mengajarkannya (kepada orang lain). (HR. Bukhari no. 1320).

Semoga bantuan zakat fitrah yang disalurkan dapat bermanfaat bagi puluhan mustahik dan dapat menjadikan keberkahan bagi para Muzakki yang telah menunaikan kewajibannya. Aamiin

Selengkapnya

Para Mustahik di Kecamatan Hamparan Perak Terima Bantuan dari Program Zakat Fitrah

20 March 2024



Di bulan suci Ramadhan yang mulia ini, Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim tidak pernah berhenti untuk selalu melaksanakan kegiatan positif yang bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pada Ahad, (17/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah menyalurkan Program Ramadhan Zakat Fitrah.

Bantuan ini diserahkan oleh tim relawan Laznas Rumah Yatim Sumatera Utara kepada para mustahik tepatnya di Dusun III, Desa Klumpang Kb., Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Para mustahik sangat bersyukur bisa menerima bantuan dari program Ramadhan zakat fitrah Rumah Yatim Sumatera Utara.

Mereka pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara yang telah menghantarkan bantuan ini secara langsung, serta kepada para donatur yang telah menunaikan zakat fitrah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَاَ قِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰ تُوا الزَّکٰوةَ ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَ نْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

"Dan laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 110)

Semoga bantuan zakat fitrah yang diberikan dapat bermanfaat bagi para mustahik dan menjadi keberkahan rezeki bagi para donatur. Aamiin

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Jadi Fundraiser

calamrmt@gmail.com

Calam

Rp 495.367

4 orang berhasil diajak

Terhimpun
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Rp 1.843.518

17 orang berhasil diajak

Terhimpun
arinnur82@yahoo.com

arin nur

Rp 225.099

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
ayucrm48@gmail.com

ayu_munifah

Rp 260.172

5 orang berhasil diajak

Terhimpun
mira21@gmail

Mira

Rp 365.662

3 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Para #PejuangKebaikan

51

Hamba Allah

Rp 135.001
3 bulan yang lalu

Dodi sukaeji

Rp 180.187
3 bulan yang lalu
Zakat fitrah atas nama dodi sukaeji , wahyuningsih , aruna sachi kayana , marsih

Meisye dhea adhita

Rp 45.000
3 bulan yang lalu

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Hamba Allah avatar

Hamba Allah

3 bulan yang lalu
semoga berkah
diaminkan 0 kali
Dodi sukaeji avatar

Dodi sukaeji

3 bulan yang lalu
Zakat fitrah atas nama dodi sukaeji , wahyuningsih , aruna sachi kayana , marsih
diaminkan 0 kali
Selvia Khoirun Nisa avatar

Selvia Khoirun Nisa

3 bulan yang lalu
Bismillahirrahmanirrahim Saya tunaikan zakat fitrah Atas nama 1. Bejo suroso 2. Selvia Khoirun Nisa 3. Malika Adibah Az-Zahra 4. Althafurrahman Jusuf Shakeel 5. Bachtiar Jusuf Khalifi
diaminkan 0 kali
Imelda nadia avatar

Imelda nadia

3 bulan yang lalu
Atas nama Habib Muhammad Pratama Nyayu Imelda Nadia Elmyra Nafeesa Putri Pratama Muhammad Alshad Maleeq Pratama
diaminkan 0 kali
Tantri Liliani avatar

Tantri Liliani

3 bulan yang lalu
Bissmillah berkah dan bermanfaat
diaminkan 0 kali
Adi Mulia, Stefany, Shakayla Difa Banafsha avatar

Adi Mulia, Stefany, Shakayla Difa Banafsha

3 bulan yang lalu
Assalamu'alaikum wr.wb. Berikut kami titipkan pembayaran zakat fitrah atas nama : 1. Adi Mulia 2. Stefany 3. Shakayla Difa Banafsha Semoga memberi manfaat untuk sesama muslim yang membutuhkan. Aamiin. Terima kasih
diaminkan 0 kali
Elza Septia Bahmid avatar

Elza Septia Bahmid

3 bulan yang lalu
Zakat Fitrah untuk 4 orang : - Riyan Wachyudi - Elza Septia Bahmid - Brieza Khaylila - Bintang Alvarendra
diaminkan 0 kali
Novita avatar

Novita

3 bulan yang lalu
Semoga segala urusan Allah permusah
diaminkan 0 kali
hennysetiawabhs@gmail.com avatar

[email protected]

3 bulan yang lalu
Semoga dapat membantu dan bermafaat aamiin
diaminkan 0 kali
Niadi Hartomo avatar

Niadi Hartomo

3 bulan yang lalu
semoga bermanfaat dan berkah
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.