Fidyah

adalah bentuk masdar dari kata dasar "fadaa", yang artinya mengganti atau menebus seperti halnya membayar puasa wajib atau yang lainnya.
Rp 226.315.126
Terkumpul dari
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin” (QS. Al Baqarah: 184)
Definisi Fidyah
Fidyah adalah memberikan makanan kepada fakir miskin setiap hari, dengan takaran sebanyak 1 mud (lebih dari 6 ons) bahan makanan pokok.
Orang yang Harus Membayar Fidyah
Berikut ini adalah orang yang harus membayar fidyah, karena tidak bisa berpuasa:
1. Orang tua renta yang tidak memungkinkannya untuk berpuasa
2. Orang sakit parah dengan kemungkinan kecil untuk sembuh
3. Ibu hamil atau menyusui yang jika berpuasa khawatir dengan kondisi diri atau bayinya.
Untuk nominal fidyah di Rumah Yatim adalah Rp45.000/hari yang bisa memberikan makan untuk satu orang miskin selama satu hari.
CATATAN:
1. Membayar fidyah dengan cara memberi makan pada orang miskin. (QS Al Baqarah: 184)
2. Makanan Fidyah adalah makanan yang dianggap biasa oleh masyarakat yakni nasi beserta lauk-pauknya.
3. Jika hutang 30 hari, maka siapkan makanan beserta lauk-pauknya sebanyak 30 bungkus, atau uang seharga 30 bungkus makanan.
Selengkapnya

Berita Penyaluran

Program Dirilis

29 Apr 2020

Rumah Yatim Sumatera Utara Hadir Kembali untuk Bantu Kakek Paiman Tukang Becak

20 July 2024
gambar-headline

Pada Senin, (15/07/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara kembali melakukan aksi kebaikan dengan menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk kakek Paiman.

Bantuan yang diberikan yakni uang tunai yang langsung disalurkan kepada Istri Kek Paiman karena kakek sedang menarik becak, bantuan tersebut disalurkan di kediamannya di Desa Paya Gambar, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Kakek Paiman (87) adalah lansia yang harus banting tulang mencari nafkah demi hidupi istrinya yang sakit.

Nenek Zahara (65) sedang mengidap penyakit stroke sehingga membuatnya tidak mampu bekerja. Anak-anak Kakek juga saat ini sudah tidak pernah mengunjungi karena tinggal jauh.

Demi bertahan hidup, kakek Paiman hanya bekerja sebagai tukang becak keliling. Becak yang digunakannya bukan milik sendiri, melainkan sewa dengan biaya 25 ribu per hari.

Kakek narik becak mulai dari pagi sampai sore berkeliling, sekarang sangat jarang orang yang mau memakai jasa kakek. Jadi, upah kakek tidak menentu, hanya mampu membayar uang sewanya saja.

Kebahagiaan istri Kakek Paiman begitu dirasakan, ia pun bersyukur sekali ketika mendapatkan bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim Sumatera Utara.

"Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada para donatur Rumah Yatim yang telah mau membantu saya, semoga diberi keberkahan rezeki dan kesehatan," ujar Istri kek Paiman.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi Kek Paiman dan istrinya, serta mampu menjadi amal jariyah bagi para donatur. Aamiin.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim Kembali Salurkan Bantuan untuk Putra, Bocah Penjual Air Mineral

18 July 2024
gambar-headline

Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan kembali menyambangi kediaman Putra Dewangsa (10), bocah penjual air mineral keliling di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Dalam sambangannya, Rumah Yatim memberikan bantuan biaya hidup, amanah dari para donatur yang telah berdonasi di platform donasionline.id untuk membantu Putra.

Memenuhi Adam, salah satu relawan Rumah Yatim Sulawesi Selatan, kali ini Rumah Yatim memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai.

Bantuan tersebut diterima Putra dengan penuh sukacita dan antusias. Tidak lupa, Putra pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim khususnya para donatur yang kembali memberikan bantuan padanya.

"Alhamdulillah Putra sangat senang ketika menerima bantuan ini. Sebelumnya dia tidak menyangka akan kembali menerima bantuan dari para donatur Rumah Yatim," ujarnya.

Lebih lanjut, Adam mengatakan jika bantuan ini akan Putra gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membeli perlengkapan sekolah untuk menyambut tahun ajaran baru dan sisanya akan ditabung Putra untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

"Setelah menerima bantuan, Putra tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih dan mendoakan untuk kebaikan para donatur. Ia berharap para donatur selalu diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah dan dimudahkan semua urusannya oleh Allah," ungkapnya.

Di usia anak-anaknya, Putra tak hanya harus melanjutkan pendidikan, tapi juga harus memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perjuangan Putra dimulai saat kedua orang tuanya pergi merantau 3 tahun lalu dan belum ada kabar sampai sekarang. Sejak saat itu, Putra tinggal bersama bibinya yang bekerja sebagai pencari rongsokan.

Mengetahui kondisi ekonomi bibinya yang sangat terbatas, Putra berinisiatif membantu dengan bekerja sebagai penjual air mineral keliling di jalan raya setiap pulang sekolah.

Diketahui, air mineral yang dijual Putra merupakan milik orang lain, ia hanya menjualkannya dan diupah 10 ribu jika air mineral nya laku banyak, jika laku sedikit ia hanya diupah 5 ribu saja. Nantinya upah tersebut ia gunakan untuk tambahan beli beras dan sisanya ditabung untuk membayar SPP.

"Alhamdulillah bantuan biaya hidup sebelumnya digunakan Putra untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membeli perlengkapan sekolah dan membayar tunggakan SPP. Terima kasih kepada semua donatur yang telah membantu Putra melalui Rumah Yatim, semoga bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat dan berkah untuk Putra dan bibinya. Serta menjadi ladang pahala, kebaikan dan berkah untuk para donatur," tutur Adam.

Selengkapnya

Rumah Yatim NTB Penuhi Kebutuhan Agas Penjual Keripik dan Neneknya dengan Beri Bantuan Biaya Hidup

28 June 2024
gambar-headline

Pada Sabtu, (08/06/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat telah berhasil menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk Agas sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat bersilaturahmi dan menyerahkan langsung bantuan biaya hidup ini kepada Agas di kediamannya yang beralamat di Dusun Tongkrle, Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan Agas dan keluarganya.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Agas, adalah seorang remaja 17 tahun yang harus berjuang demi bertahan hidup. Ayah dan ibunya sudah berpisah sejak ia masih duduk di kelas 1 SD, lalu pergi menelantarkan dirinya.

Sekarang Agas tinggal bersama neneknya di rumah yang sederhana. Demi bertahan hidup, Agas berjualan keripik punya orang lain. Ia harus berjalan kaki menempuh jarak sejauh 30 km, akan tetapi hal itu tidak membuat Agas putus asa. Upah yang diperoleh juga hanya 10 ribu atau tergantung banyaknya keripik yang laku terjual.

Selain itu, Agas juga menjadi buruh pembuat batu bata demi bisa menghidupi neneknya. Upah yang diperoleh berkisar 20 ribu per harinya.

"Aku harus buat 200 batu bata kak biar dapet uang 20 ribu itu. Kalau gak dapet segitu, aku gabisa beli beras buat nenek," ucap Agas.

Agas juga harus terpaksa putus sekolah karena harus mengurus neneknya yang sudah mulai sakit-sakitan.

Agas bahagia dan menyampaikan terima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat yang telah mendistribusikan bantuan ini dan kepada para donatur yang telah berbagi rezekinya.

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk Agas dan neneknya, serta mampu menjadikan pahala mengalir untuk para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

umah Yatim Sumatera Utara Tunjukkan Kepedulian Terhadap Para Lansia di Rengas

20 June 2024
gambar-headline

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara selalu menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Pada Rabu, (05/06/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah berhasil menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk para lansia yang membutuhkan.

Bantuan biaya hidup ini secara langsung disalurkan oleh tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara kepada para Lansia di Jl. Marelan III, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kebahagiaan dan rasa syukur dirasakan para lansia yang menerima bantuan biaya hidup ini karena kebutuhan hidup sehari-hari mereka dapat tercukupi.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ  ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

Semoga bantuan yang disalurkan bermanfaat bagi para lansia penerima manfaat dan menjadi keberkahan bagi para donatur, Aamiin.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim Jabodetabek Bahagiakan Puluhan Lansia dan Dhuafa di Kelurahan Jati

14 June 2024
gambar-headline

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat yang membutuhkan dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi mereka.

Pada Kamis, (30/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah berhasil melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup kepada masyarakat yang kurang mampu. Tim relawan menyerahkan secara langsung bantuan biaya hidup tersebut kepada puluhan mustahik yang berada di wilayah Jalan Pertamina Rt 07/03 Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari puluhan mustahik, yang diantaranya ialah para lansia dan dhuafa.

Puluhan mustahik yang menerima bantuan biaya hidup ini sangatlah terbantu dan mereka bahagia karena akhirnya kebutuhan hidup sehari-harinya dapat tercukupi.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Siapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan, maka Allah memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Siapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allâh akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR Muslim).

Semoga bantuan biaya hidup ini dapat memberikan manfaat dan berkah bagi para mustahik dan juga para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim Sumatera Utara Salurkan Bantuan Biaya Hidup untuk Sejahterakan Puluhan Lansia

30 May 2024
gambar-headline

Pada Kamis, (23/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara kembali menyebarkan kebahagiaan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara menyalurkan Program Kemanusiaan Bantuan Biaya Hidup kepada puluhan lansia membutuhkan.

Bantuan ini secara langsung disalurkan tim relawan Laznas Rumah Yatim Sumatera Utara kepada para Lansia penerima manfaat tepatnya di Jl. Sei Bilah, Babura Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Puluhan lansia penerima manfaat sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim Sumatera Utara.

Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu berkata,: Rasulullah ﷺ telah bersabda, "Barang siapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik (halal), sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu mengasuhnya untuk pemiliknya sebagaimana jika seorang dari kalian mengasuh anak kudanya hingga membesar seperti gunung.(HR. Bukhari no. 1321)

Semoga bantuan yang disalurkan bermanfaat bagi para penerima manfaat dan menjadi keberkahan bagi para donatur, Aamiin.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya
Lebih banyak

Jadi Fundraiser

calamrmt@gmail.com

Calam

Rp 675.005

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Rp 135.706

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
ryatim296@gmail.com

RY Performance 02

Rp 3.413.840

35 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Para #PejuangKebaikan

710

Hamba Allah

Rp 20.000
1 bulan yang lalu
Semoga berkah aamiin

uwais al

Rp 50.000
1 bulan yang lalu

Hamba Allah

Rp 20.000
1 bulan yang lalu

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Itsnaeni nur rizqiyah avatar

Itsnaeni nur rizqiyah

1 bulan yang lalu
Semoga berkah aamiin
diaminkan 0 kali
Dika yunisa avatar

Dika yunisa

2 bulan yang lalu
Semoga selalu dalam ketaatan, diberikan kesehatan dan keberkahan
diaminkan 0 kali
Dika yunisa avatar

Dika yunisa

2 bulan yang lalu
Semoga pp cepet bisa jalan lagi, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT
diaminkan 0 kali
Almira Sitasari avatar

Almira Sitasari

3 bulan yang lalu
Bismillah...hamba niat untuk membayar fidyah. Mudah2an janin dalam kandungan hamba selalu sehat walafiat
diaminkan 0 kali
Annisa Ginting avatar

Annisa Ginting

4 bulan yang lalu
Ya Allah berikanlah aku selalu kesehatan dalam menjalani aktifitas
diaminkan 0 kali
Vania Rahmadina Nastiti avatar

Vania Rahmadina Nastiti

4 bulan yang lalu
Semoga program donasi online bisa terus berjalan. Aamiin ya rabbal alamin. Semoga fidyah yang saya bayar ini berguna untuk donasi online dan teman2 saya di luar sana. Aamiin ya rabbal alamin.
diaminkan 0 kali
Teddy Lakoni avatar

Teddy Lakoni

4 bulan yang lalu
“Aku niat mengeluarkan fidyah ini dari tanggungan keterlambatan mengqadha puasa Ramadhan, fardhu karena Allah.”. Semoga dapat di sampaikan dan menjadi manfaat bagi penerimanya... Aaminn...
diaminkan 0 kali
Teddy Lakoni avatar

Teddy Lakoni

4 bulan yang lalu
“Aku niat mengeluarkan fidyah ini dari tanggungan keterlambatan mengqadha puasa Ramadhan, fardhu karena Allah.”. Semoga dapat di sampaikan dan menjadi manfaat bagi penerimanya... Aaminn...
diaminkan 0 kali
Firmansyah avatar

Firmansyah

4 bulan yang lalu
Nawaitu an ukhrija hadzihil fidyata an ifthari shaumi ramadhana lilkhaufi ala waladii fadrhan lillahi ta'ala. Artinya: “Aku niat mengeluarkan fidyah ini dari tanggungan berbuka puasa Ramadan karena khawatir keselamatan anakku, fardhu karena Allah.”
diaminkan 0 kali
donasionline.id avatar

donasionline.id

4 bulan yang lalu
testing donasi
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.