Fidyah

adalah bentuk masdar dari kata dasar "fadaa", yang artinya mengganti atau menebus seperti halnya membayar puasa wajib atau yang lainnya.
Rp 226.198.726
Terkumpul dari
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin” (QS. Al Baqarah: 184)
Definisi Fidyah
Fidyah adalah memberikan makanan kepada fakir miskin setiap hari, dengan takaran sebanyak 1 mud (lebih dari 6 ons) bahan makanan pokok.
Orang yang Harus Membayar Fidyah
Berikut ini adalah orang yang harus membayar fidyah, karena tidak bisa berpuasa:
1. Orang tua renta yang tidak memungkinkannya untuk berpuasa
2. Orang sakit parah dengan kemungkinan kecil untuk sembuh
3. Ibu hamil atau menyusui yang jika berpuasa khawatir dengan kondisi diri atau bayinya.
Untuk nominal fidyah di Rumah Yatim adalah Rp45.000/hari yang bisa memberikan makan untuk satu orang miskin selama satu hari.
CATATAN:
1. Membayar fidyah dengan cara memberi makan pada orang miskin. (QS Al Baqarah: 184)
2. Makanan Fidyah adalah makanan yang dianggap biasa oleh masyarakat yakni nasi beserta lauk-pauknya.
3. Jika hutang 30 hari, maka siapkan makanan beserta lauk-pauknya sebanyak 30 bungkus, atau uang seharga 30 bungkus makanan.
Selengkapnya

Jadi Fundraiser

calamrmt@gmail.com

Calam

Rp 675.005

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Rp 135.706

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
ryatim296@gmail.com

RY Performance 02

Rp 3.413.840

35 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Berita Penyaluran

Program Dirilis

29 Apr 2020

Ratusan Warga Prasejahtera di Ngloro Gunung Kidul Bersyukur Dapat Bantuan Biaya Hidup

20 May 2024


gambar-headline

Rumah Yatim cabang Yogyakarta menyalurkan bantuan tunai biaya hidup kepada ratusan warga prasejahtera di Desa Ngloro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Bantuan tersebut diberikan untuk meringankan beban para warga yang hidup dalam keterbatasan ekonomi.

Jajang Khoeruman kepala cabang Rumah Yatim Yogyakarta menyebutkan, ada sebanyak 123 warga menerima bantuan ini dengan penuh antusias. Mereka sangat bersyukur karena disaat kondisi ekonomi sedang sulit, ada Rumah Yatim hadir membantu mereka.

"Alhamdulillah para warga sangat bersyukur dan senang bisa menerima bantuan ini. Mereka berharap kedepannya Rumah Yatim bisa kembali membantu mereka," ujarnya.

Ia melanjutkan jika para penerima manfaat terdiri dari buruh tani, buruh serabutan, buruh ternak, anak yatim dan lansia prasejahtera yang sudah tidak mampu lagi bekerja karena faktor kesehatan.

"Insya Allah bantuan ini tepat sasaran. Kami pilih mereka yang benar-benar membutuhkan,” katanya.

Jajang berharap, apa yang Rumah Yatim beri bisa bermanfaat bagi kelangsungan hidup mereka ke depannya. “Semoga mereka terbantu dengan bantuan ini,” jelasnya.

Selain menyalurkan bantuan biaya hidup, Rumah Yatim pun menyalurkan bantuan bahan pokok sebanyak 240 paket kepada keluarga dhuafa disana.

Selengkapnya

Rumah Yatim Jawa Barat Sejahterakan Puluhan Masyarakat Miskin di Karangpawitan Garut

18 May 2024
gambar-headline

Pada Kamis, (09/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah berhasil melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup pada masyarakat yang membutuhkan.

Tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat mengunjungi secara langsung lokasi penyaluran yang beralamat di Jl Raya Karangpawitan, Rt 01 RW 01, Desa Sindanglaya, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Provinsi Jawa Barat.

Program kemanusiaan bantuan biaya hidup ini ditujukan untuk puluhan masyarakat miskin diantaranya para lansia dan dhuafa.

Dengan jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari para penerima manfaat.

Rasa syukur dan bahagia begitu dirasakan oleh para penerima manfaat ketika menerima bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim area Jawa Barat.

Mereka pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan yang telah mendistribusikan bantuan ini, serta kepada para donatur yang berbaik hati telah menyumbangkan sebagian rezekinya melalui program ini.

Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi para penerima manfaat, serta bisa mendatangkan keberkahan dan juga menjadi pahala jariyah untuk para donatur.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan datang dua malaikat kepadanya dan salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)”. (HR. Bukhari – No. 1442 Fathul Bari) Shahih.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Putri Anak Piatu Penjual Kangkung Berbahagia Atas Dapatkan Bantuan Biaya Hidup

14 May 2024
gambar-headline

Pada Kamis, (02/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah berhasil melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk Putri sebagai penerima manfaat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Dengan jenis bantuan yang diberikan berupa beras, minyak, gula, teh, sikat gigi, pasta gigi, sabun, madu, (perlengkapan sekolah) dan uang tunai yang langsung disalurkan di rumahnya di Nagori Bandar Selamat, Dolok Batu Nanggar, Simalungun, Sumatera Utara.

Putri adalah anak berusia 13 tahun yang harus rela berjuang hidup tanpa seorang ibu sejak 4 tahun yang lalu.

Ibunya meninggal dunia sebab penyakit yang dideritanya. Ayahnya hanya bekerja sebagai serabutan dengan upah yang tidak menentu, sehingga Putri harus membantu berjualan kangkung di pasar demi bisa makan dan sekolah.

"Ayah kerjanya serabutan kak, upahnya juga tidak menentu. Aku sama ayah sering makan mie instan karena gak punya uang," ucap Putri.

Putri mengatakan bahwa bayaran ke sekolahnya sudah menunggak 3 bulan. Apabila tidak segera dibayar, ia tidak akan bisa mengikuti pelajaran di semester depan.

Putri sering menahan lapar sebab tidak mempunyai uang, ia hanya mengganjal perutnya dengan minum air putih yang banyak, jika sudah tidak tahan Putri terpaksa mengutang mie instan ke warung.

Namun berkat bantuan biaya hidup ini Putri sangat bahagia sekali dan bersyukur karena beban hidupnya dapat teringankan.

"Saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada para donatur Rumah Yatim yang sudah mau dalam membantu saya dan anak saya, semoga selalu diberi keberkahan pada setiap rezekinya, dan kesehatan," ujar Putri.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi Putri serta mampu menjadikan pahala mengalir bagi para donatur yang telah membantu Putri melalui program ini, Aamiin.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Program Ramadhan Fidyah Rumah Yatim Berhasil Diserahkan pada Puluhan Mustahik di Kelurahan Gedong

26 March 2024

gambar-headline


Di bulan suci Ramadhan yang penuh dengan keberkahan, Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek terus melaksanakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada Jum'at, (22/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah berhasil melaksanakan penyaluran program Ramadhan fidyah kepada para mustahik.

Penyaluran program Ramadhan fidyah ini dilaksanakan di RT 013 RW 003 Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Program Ramadhan fidyah ini diberikan kepada sebanyak puluhan mustahik yang berhak menerimanya.

Rasa syukur dan bahagia turut dirasakan oleh para mustahik karena berkat program Ramadhan fidyah ini mereka sangat terbantu.

Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk para mustahik dan menjadi keberkahan untuk para muzakki yang telah menunaikan fidyahnya.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rawat Anak Berkebutuhan Khusus Seorang Diri, Hera Dapat Perhatian dari Rumah Yatim Jateng

22 March 2024

gambar-headline


Menjadi orang tua tunggal dalam keluarga bukanlah perkara mudah. Selain mengurus anak, orang tua tunggal pun harus banting tulang mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Hal itulah yang dialami Hera (50), warga Desa Mejasem, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sejak ditinggal meninggal suaminya beberapa tahun lalu, ia menjadi orang tua tunggal bagi Adit (21) anak semata wayangnya yang berkebutuhan khusus.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bayar kontrakan, Hera bekerja sebagai buruh cuci gosok dan buruh bersih-bersih dengan upah yang sangat tidak menentu.

"Setiap hari saya keliling desa nawarin jasa cuci gosok dan bersih-bersih mas. Sebelum kerja, saya selalu siapin semua kebutuhan anak, pas masuk waktu siang saya pulang dulu buat mastiin kondisi dia. Untuk penghasila yang saya dapat itu tidak menentu mas, paling antara 20 sampai 34 ribu," ungkap Hera kepada Saefudin, kepala Rumah Yatim cabang Jawa Tengah.

Penghasilan yang didapat Hera belum lah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bayar kontrakan. Seringkali untuk mencukupi semua kebutuhan, ia terpaksa berhutang ke warung dan menunggak kontrakan.

"Penghasilan saya seringnya cukup untuk makan aja, kadang buat makan juga ga cukup jadi harus ngutang dulu ke warung," ungkapnya.

Berat memang nasib yang harus dijalani Hera, namun ia tidak punya pilihan lain selain bertahan dan terus berusaha agar anaknya bisa hidup dengan layak meski dalam kekurangan.

Merespon kondisi tersebut, Rumah Yatim cabang Jawa Tengah memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai untuk Hera. Bantuan tersebut diberikan langsung kepada Hera di asrama Rumah Yatim, Jl. Werkudoro No.207, Pengabean, Kejambon, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, pada Selasa (19/3) kemarin.

"Bantuan ini diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup bu Hera dan anaknya di bulan Ramadhan ini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan manfaat, kebahagiaan untuk mereka, serta bisa meringankan beban Bu Hera," ucap Saefudin.

Tangis haru Hera turut menyertai prosesi penyerahan bantuan tersebut.

"Alhamdulillah ya Allah, terima kasih Rumah Yatim dan donatur atas bantuannya. Bantuan ini sangat berarti dan membantu kami, hanya doa yang bisa kami berikan untuk membalas semuanya. Semoga Rumah Yatim semakin sukses dan dipercaya banyak masyarakat, serta para donaturnya diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah dan dimudahkan semua urusannya," tutur Hera.

Selengkapnya

Report Penyaluran Rumah Yatim Bulan Januari 2024

18 March 2024

Bismillahirahmanirrahim

Terima kasih Kepada Para Pejuang Kebaikan yang telah memberikan titipan Donasinya. Alhamdulillah telah tersalurkan di beberapa program kami dari Disclaimer campaign ini, Rumah Yatim sudah melakukan penyaluran Program di 20 provinsi dengan rincian sbb:

Alhamdulillah, Jazakumullah khoiron katsiron kepada Para Pejuang Kebaikan atas titipan donasinya sehingga semakin banyak penerima manfaat yang terbantu.

Semoga Allah semakin perluas dan berkahkan rezeki kita, dengan menyalurkannya di Jalan yang Allah Ridhoi. Aamiin..

Selengkapnya
Lebih banyak

Para #PejuangKebaikan

704

Hamba Allah

Rp 450.005
6 hari yang lalu

Dika yunisa

Rp 1.250.007
1 minggu yang lalu
Semoga selalu dalam ketaatan, diberikan kesehatan dan keberkahan

Easy Arisarwindha

Rp 450.058
3 minggu yang lalu

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Dika yunisa avatar

Dika yunisa

1 minggu yang lalu
Semoga selalu dalam ketaatan, diberikan kesehatan dan keberkahan
diaminkan 0 kali
Dika yunisa avatar

Dika yunisa

1 minggu yang lalu
Semoga pp cepet bisa jalan lagi, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT
diaminkan 0 kali
Almira Sitasari avatar

Almira Sitasari

1 bulan yang lalu
Bismillah...hamba niat untuk membayar fidyah. Mudah2an janin dalam kandungan hamba selalu sehat walafiat
diaminkan 0 kali
Annisa Ginting avatar

Annisa Ginting

2 bulan yang lalu
Ya Allah berikanlah aku selalu kesehatan dalam menjalani aktifitas
diaminkan 0 kali
Vania Rahmadina Nastiti avatar

Vania Rahmadina Nastiti

2 bulan yang lalu
Semoga program donasi online bisa terus berjalan. Aamiin ya rabbal alamin. Semoga fidyah yang saya bayar ini berguna untuk donasi online dan teman2 saya di luar sana. Aamiin ya rabbal alamin.
diaminkan 0 kali
Teddy Lakoni avatar

Teddy Lakoni

2 bulan yang lalu
“Aku niat mengeluarkan fidyah ini dari tanggungan keterlambatan mengqadha puasa Ramadhan, fardhu karena Allah.”. Semoga dapat di sampaikan dan menjadi manfaat bagi penerimanya... Aaminn...
diaminkan 0 kali
Teddy Lakoni avatar

Teddy Lakoni

2 bulan yang lalu
“Aku niat mengeluarkan fidyah ini dari tanggungan keterlambatan mengqadha puasa Ramadhan, fardhu karena Allah.”. Semoga dapat di sampaikan dan menjadi manfaat bagi penerimanya... Aaminn...
diaminkan 0 kali
Firmansyah avatar

Firmansyah

2 bulan yang lalu
Nawaitu an ukhrija hadzihil fidyata an ifthari shaumi ramadhana lilkhaufi ala waladii fadrhan lillahi ta'ala. Artinya: “Aku niat mengeluarkan fidyah ini dari tanggungan berbuka puasa Ramadan karena khawatir keselamatan anakku, fardhu karena Allah.”
diaminkan 0 kali
Rumah Yatim avatar

Rumah Yatim

2 bulan yang lalu
testing donasi
diaminkan 0 kali
Rumah Yatim avatar

Rumah Yatim

2 bulan yang lalu
testing donasi
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.