Kifarat

Kafarat adalah sesuatu yang dapat menghapus dosa. Yaitu denda yang diakibatkan pelanggaran syariat islam. Hukum membayar kafarat adalah wajib.
Rp 1.282.926.091
Terkumpul dari
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

Kafarat adalah suatu cara pengganti untuk menebus kesalahan (dosa) yang dilakukan secara sengaja. Kafarat Berasal dari kata dasar kafara (menutupi sesuatu). Merupakan sebuah denda yang wajib ditunaikan yang disebabkan oleh suatu perbuatan dosa, yang bertujuan menutup dosa tersebut sehingga tidak ada lagi pengaruh dosa yang ia perbuat, baik di dunia maupun di akhirat.

A. MELANGGAR SUMPAH (Atas Nama Alloh)

Allah berfirman,

“Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja.” (Q.s. Al-Maidah: 89)

Makna:…sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah)…” sebagaimana penjelasan A’isyah adalah kebiasaan orang arab yang mengucapkan “wallaahi…” (demi Allah), namun maksud mereka bukan untuk bersumpah.

Berdasarkan ayat di atas, orang yang bersumpah untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu, dan dia serius dalam sumpahnya, kemudian dia melanggar sumpahnya maka dia berdosa. Untuk menebus dosanya, dia harus membayar kaffarah.

Bentuk kaffarah sumpah telah dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya,

“Kaffarahnya adalah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu langgar. ”(Q.s. Al-Maidah: 89)

Berdasarkan ayat di atas, kaffarah sumpah ada 4:

1. Memberi makan 10 Fakir miskin

Memberi makan di sini adalah makanan siap saji, lengkap dengan lauk-pauknya. Hanya saja, tidak diketahui adanya dalil yang menjelaskan batasan makanan yang dimaksudkan selain pernyataan di ayat tersebut: “makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu”.

2. Memberi Pakaian kepada 10 Fakir Miskin

Ulama berselisih pendapat tentang batasan pakaian yang dimaksud. Pendapat Imam Malik dan Imam Ahmad bahwa batas pakaian yang dimaksudkan adalah yang bisa digunakan untuk shalat. Karena itu, harus terdiri dari atasan dan bawahan. Dan tidak boleh hanya peci saja atau jilbab saja.

Karena ini belum bisa disebut pakaian,Mayoritas ulama berpendapat bahwa orang miskin yang berhak menerima dua bentuk kafarah diatas hanya orang miskin yang muslim

3. Membebaskan Budak

Keterangan: Tiga jenis kaffarah di atas, boleh memilih salah satu. Jika tidak mampu untuk melakukan salah satu di antara tiga di atas maka beralih pada kaffarah keempat,

4. Berpuasa selama 3 hari

Pilihan yang keempat ini hanya dibolehkan jika tidak sanggup melakukan salah satu diantara tiga pilihan sebelumnya. Apakah puasanya harus berturut-turut? Ayat di atas tidak memberikan batasan. Hanya saja, madzhab hanafiyah dan hambali mempersyaratkan harus berturut-turut. Pendapat yang kuat dalam masalah ini, boleh tidak berturut-turut, dan dikerjakan semampunya.

B. MELANGGAR LARANGAN SHAUM RAMADHAN

Berdasarkan hadist shahih dari Abu Hurairah ada 3 pilihan jenis kafarat yang disesuaikan dengan kemampuan orang yang akan menjalankan kafarat itu sendiri yaitu ;

  • memerdekakan budak,
  • Berpuasa 2 bulan berturut-turut, dan
  • Memberi makan 60 orang miskin

Dari Abu Hurairah ra, Seorang lelaki datang menemui Nabi saw. dan berkata: Celaka saya, wahai Rasulullah. Beliau bertanya: Apa yang membuat engkau celaka? Lelaki itu menjawab: Saya telah bersetubuh dengan istri saya di siang hari bulan Ramadan. Beliau bertanya: Apakah engkau mempunyai sesuatu untuk memerdekakan seorang budak? Ia menjawab: Tidak punya. Beliau bertanya: Mampukah engkau berpuasa selama dua bulan berturut-turut? Ia menjawab: Tidak mampu. Beliau bertanya lagi: Apakah engkau mempunyai sesuatu untuk memberi makan enam puluh orang miskin? Ia menjawab: Tidak punya. Kemudian ia duduk menunggu sebentar. Lalu Rasulullah saw. memberikan sekeranjang kurma kepadanya sambil bersabda: Sedekahkan lah ini. Lelaki tadi bertanya: Tentunya aku harus menyedekahkannya kepada orang yang paling miskin di antara kita, sedangkan di daerah ini, tidak ada keluarga yang paling memerlukannya selain dari kami. Maka Rasulullah saw. pun tertawa sampai kelihatan salah satu bagian giginya. Kemudian beliau bersabda: Pulanglah dan berikan makan keluargamu (Muttafaq ‘alaih)

1. Memerdekakan Budak

Opsi ini sangat sulit dilakukan, di samping biaya menebus seorang budak sangat mahal juga perbudakan sekarang sudah tidak ada di sekitar kita. Kalau parameter harga budaknya sama dengan yang dikeluarkan oleh Abu Bakar Ash-Shidiq dalam membebaskan bilal bin Rabbah ra orang yang tak punya harta jelas tidak sanggup melaksanakannya.

2. Melaksanakan puasa 2 bulan penuh

Melaksanakan puasa 2 bulan berturut-turut

3. Memberikan makan kepada 60 Fakir Miskin

Sebesar Rp15.000 untuk 1 orang fakir miskin

Untuk contoh perhitungan (Rp15.000 x di kalikan 60 fakir miskin = Rp900.000)

Selengkapnya

Berita Penyaluran

Program Dirilis

29 Apr 2020

Rumah Yatim Jawa Barat Lakukan Aksi Kebaikan di Kecamatan Cicendo dengan Bantuan Bahan Pokok

14 June 2024
gambar-headline

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat tidak pernah berhenti untuk selalu berbagi kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada Selasa, (04/06/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah menyalurkan program kemanusiaan bantuan bahan pokok kepada masyarakat yang kurang mampu.

Bantuan bahan pokok ini secara langsung diserahkan oleh tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat kepada penerima manfaat tepatnya di Kantor Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Antusias masyarakat di wilayah tersebut sangat terlihat ketika tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat hadir untuk memberikan bantuan bahan pokok ini.

Dengan adanya bantuan dari Rumah Yatim Jawa Barat, masyarakat menjadi sangat terbantu dan merasa senang sekali, karena sekarang kebutuhan pokok sehari-hari mereka dapat tercukupi.

Semoga bantuan bahan pokok ini dapat bermanfaat untuk masyarakat miskin di Kecamatan Cicendo serta menjadikan keberkahan bagi para donatur yang sudah ikut andil dalam program kemanusiaan ini.

Malaikat akan berdoa untuk orang yang bersedekah.

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Tidaklah ada suatu hari pun di mana hamba-hamba Allah masuk pada waktu pagi harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Maka salah satu di antara mereka berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfak.” Dan malaikat yang lainnya berdoa, “Ya Allah berikanlah kerugian kepada orang-orang yang menahan hartanya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Melalui Program Bantuan Biaya Hidup, Rumah Yatim Yogyakarta Bantu Kakek Giyarto

28 May 2024
gambar-headline

Rumah Yatim cabang Yogyakarta menyambangi kediaman Kakek Giyarto (64) di Dusun Wonokasihan, Desa Sojokerto, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo guna memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai.

Bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id , diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup kakek Giyarto dan Istrinya.

Saat menerima bantuan, kakek Giyarto mengaku sangat bersyukur dan senang bisa menerima bantuan ini. "Bantuan dari Rumah Yatim dan para donatur sangat berarti dan membantu kami dari kelaparan. Sudah beberapa bulan ini kami sering kelaparan karena kesulitan beli beras dan bahan pokok lain," ujar kakek Giyarto.

Sembari menahan tangis, kakek Giyarto mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim dan semua donatur yang telah memberikan bantuan ini.

"Hanya doa yang bisa kami berikan untuk membalas semua kebaikan Rumah Yatim dan para donatur. Semoga Rumah Yatim semakin sukses, para donaturnya diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah dan berkah, serta dimudahkan semua urusannya oleh Allah" tutur Kakek Giyarto.

Kakek Giyarto dan Istrinya merupakan satu dari sekian banyak keluarga dhuafa yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari dikarenakan kondisi ekonomi yang terbatas.

Sehari-harinya kakek Giyarto bekerja sebagai pencari rongsokan dengan penghasilan hanya 4 ribu rupiah perharinya. Istri kakek turut serta membantu suaminya dengan membersihkan rongsokan yang sudah dikumpulkan sebelum dijual ke pengepul.

Karena penghasilan kakek yang terbatas, istri kakek sering sekali kesulitan untuk membeli beras dan kebutuhan lainnya. Kondisi ini membuat mereka sering sekali hanya makan sekali itupun dengan nasi saja. Kadang mereka tidak makan sama sekali dikarenakan tidak ada beras dan uang yang ada belum cukup untuk membeli beras walaupun hanya setengah kilogram.

Keliling rongsokan seharian dengan kondisi perut kosong membuat kakek sering sekali pusing dan pingsan dijalan. Kakek pun tidak bisa maksimal mencari rongsokan disebabkan tangannya sakit dan sulit digerakan. Diketahui, sebenarnya kakek mempunyai anak, namun sang anak sudah dua tahun ini pergi merantau ke Kalimantan dan tidak pernah memberi kabar.

"Kakek Giyarto dan Istrinya sangat layak sekali dibantu dan layak menerima bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat dan keberkahan untuk mereka. Terima kasih kepada semua donatur yang telah membantu kakek Giyarto melalui Rumah Yatim, semoga bantuan ini bisa menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala untuk para donatur," tutur Jajang Khoeruman, kepala cabang Rumah Yatim Yogyakarta.

Selengkapnya

Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim Sasar Puluhan Keluarga Dhuafa di Gampong Peuniti Banda Aceh

26 March 2024

gambar-headline


Sebanyak 25 keluarga dhuafa Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh menerima bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Aceh, pada Kamis (21/3).

Menurut salah satu relawan Rumah Yatim Aceh, Azril, bantuan tersebut diserahkan langsung di kantor Keuchik Gampong Peuniti, didampingi langsung oleh Keuchik Gampong beserta jajarannya.

"Alhamdulillah kegiatan penyaluran bantuan berlangsung lancar, para penerima manfaat terlihat sangat senang dan mengaku terbantu dengan adanya bantuan ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Azril mengatakan jika mereka sangat layak menerima bantuan ini, sebab merekasemuahidupdalamkondisiekonomiyangterbata.

"Mayoritas para penerima manfaat bekerja serabutan, pedagang keliling dan buruh tani di ladang. Penghasilan mereka yang kecil dan tidak menentu membuat mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, apalagi disaat naiknya harga sembako beberapa bulan ini," tuturnya

Ia berharap, dengan adanya bantuan Rumah Yatim bisa sedikitnya membantu memenuhi kebutuhan mereka di bulan Ramadhan ini.

"Meski tidak banyak, namun harapannya dapat meringankan beban mereka dan bisa meningkatkan semangat mereka dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan ini. Mudah-mudahan Allah selalu melapangkan rezeki mereka," pungkasnya.

#pejuangkebaikan mari lanjutkan aksi kebaikan ini, agar semakin banyak lagi keluarga dhuafa yang merasakan berkah dan manfaatnya. Salurkan donasi terbaikmu di Rumah Yatim, semoga apa yang pejuang kebaikan berikan bisa menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala.

Selengkapnya

Kunjungi Pemukiman Pemulung di Manggar Balikpapan, Rumah Yatim Salurkan Bantuan Biaya Hidup

22 March 2024

gambar-headline


Rabu sore (20/3) kemarin, Rumah Yatim cabang Kalimantan Timur mengunjungi pemukiman pemulung yang berada di Jalan Proklamasi, RT 95, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Dalam kunjungannya, Lembaga Amil Zakat Nasional ini menyalurkan bantuan biaya hidup berupa uang tunai kepada 50 keluarga disana.

Menurut penuturan Dedeng kepala cabang Rumah Yatim Kalimantan Timur, mayoritas para penerima manfaat bekerja sebagai pemulung di TPU Manggar dengan penghasilan yang minim dan tidak menentu. Penghasilan mereka belum cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Untuk itu, lanjut Dedeng, bantuan ini amat sangat membantu mereka.

"Alhamdulillah mereka sangat senang dan mengaku terbantu dengan adanya vantuan ini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan manfaat, berkah dan bisa mengurangi beban mereka dalam memenuhi kebutuhan keluarga di bulan Ramadhan ini," ujar Dedeng.

Mewakili salah satu penerima bantuan, Haniah mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan bantuan. "Bantuan ini sangat berarti untuk kami. Semoga Rumah Yatim semakin sukses serta para donaturnya diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah dan berkah, juga dimudahkan dalam setiap urusannya," tuturnya

Selengkapnya

Rumah Yatim Penuhi Kebutuhan Nenek Yeti Lansia Pencari Rongsokan di Padang Barat

18 March 2024


gambar-headline


Pada Jum'at, (15/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah yatim cabang Padang telah berhasil melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup tahap pertama untuk nenek Yeti dan keluarganya sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim cabang Padang menyerahkan bantuan biaya hidup tersebut di kediamannya nenek Yeti yang beralamat di Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup nenek Yeti dan keluarganya

Nenek Yeti (60) adalah seorang lansia yang harus berjuang menjalani hidup dengan mencari barang rongsokan dan berjalan sejauh 10 km. Sedangkan suaminya, Kakek Rizal (70) bekerja menjadi tukang parkir.

Sekarang mereka tinggal berdua di rumah kontrakan, mereka mempunyai anak tetapi semua anaknya tinggal di perantauan, sehingga merekalah yang harus berjuang sendiri untuk menyambung hidup.

Rongsokan yang dicarinya tidak langsung dijual, biasanya nenek mengumpulkannya terlebih dahulu selama seminggu kemudian dijual.

Bukan hanya itu upah yang diperoleh kakek Rizal juga tidak seberapa hanya Rp15.000. Uang hasil kerjanya tersebut digunakan untuk makan sehari-hari dan mereka kumpulkan untuk membayar uang sewa kontrakan.

Berkat bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Padang ini, mereka sangat bahagia dan bersyukur sekali karena terbantu bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Mereka pun sangat berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim cabang Padang yang telah mendistribusikan bantuan ini, serta kepada para donatur dermawan yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu dengan berpartisipasi dalam program ini.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk nenek Yeti dan kakek Rizal serta mendatangkan keberkahan bagi para donatur.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Perhatian Rumah Yatim untuk Ansar dan Daffa, Kakak Beradik Pencari Rongsokan di Rappocini Makassar

13 March 2024

gambar-headline


Kisah perjuangan hidup dalam keterbatasan datang dari dua kakak beradik tangguh bernama Ansar (10) dan Daffa (7), kakak beradik tangguh pencari rongsokan di Jl. Sungai Saddang, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar

Sejak diterlantarkan orang tuanya karena bercerai dua tahun lalu, Ansar dan Daffa tinggal berdua di disebuah kontrakan kecil. Untuk menyambung hidup, mereka mencari nafkah dengan mencari rongsokan dari pagi sampai malam. Jika kemalaman dijalan, mereka biasanya akan tidur di emperan ruko.

Ansar dan Daffa bercerita jika mereka belum pernah merasakan bangku sekolah dikarenakan kondisi ini. Kata mereka, jangankan untuk sekolah, untuk makan saja kesulitan karena penghasilan yang mereka dapat hanya 10 ribu seminggunya.

"Aku sama adik jarang makan kak, kadang kami bisa makan kalo penghasilannya udah cukup atau ada orang baik yang ngasih kami makanan. Kami juga sekarang udah nunggak kontrakan kak karena ngga punya uang, kami takut diusir dari kontrakan," ungkap Ansar.

Ansar melanjutkan jika diri dan adiknya sangat ingin sekali bisa makan setiap hari, sekolah dan tinggal bersama orang tua agar ada yang mendidik memberikan kasih sayang. Setiap hari mereka selalu berdoa agar keinginan tersebut tercapai.

Sebagai bentuk perhatian dan kepeduliannya, Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan melalui tim relawannya memberikan bantuan biaya hidup berupa yang tuani, sembako dan perlengkapan mandi mencuci untuk Ansar dan Daffa.

Bantuan tersebut berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id

Kebahagiaan terpancar dari wajah Ansar dan Daffa ketika menerima bantuan ini. Kata mereka, bantuan ini bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka selama beberapa bulan kedepan.

"Alhamdulillah ya Allah, baru kali ini kami menerima bantuan sebanyak ini. Terima kasih Rumah Yatim dan donatur atas perhatiannya kepada kami, semoga Allah membalas semua kebaikan Rumah Yatim dan para donatur," tutur Ansar dan Daffa.

Selengkapnya
Lebih banyak

Jadi Fundraiser

noemail+244036@donasioneline.id

Hamba Allah

Rp 100.111

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
indracahyosetiawan@gmail.com

Hamba Allah

Rp 150.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
fadilanur486@gmail.com

Nurfadila A Yusuf

Rp 100.763

1 orang berhasil diajak

Terhimpun

Khafidh Sunny

Rp 300.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun

Jaka

Rp 900.239

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
crm.pusat1@gmail.com

Siti Lathifiyati

Rp 500.029

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Para #PejuangKebaikan

5088

Hamba Allah

Rp 250.000
1 minggu yang lalu

Hamba Allah

Rp 150.055
2 minggu yang lalu
Kafarat sumpah

Hamba Allah

Rp 30.000
2 minggu yang lalu

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Maulana avatar

Maulana

2 minggu yang lalu
Kafarat sumpah
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

3 minggu yang lalu
Semoga bermanfaat. Semoga anakku lulus PTN. Barakallah
diaminkan 0 kali
Unyil jalan gandaria satu avatar

Unyil jalan gandaria satu

3 minggu yang lalu
Segera donasi
diaminkan 0 kali
Muhammad syaiful rizal avatar

Muhammad syaiful rizal

3 minggu yang lalu
Bismillah.. semoga Allah ampuni saya krn pernah bersumpah atas nama Allah dan meridhoi dan kabulkan doa2 saya yg terhalang krn dosa2 ini
diaminkan 0 kali
Syariah avatar

Syariah

3 minggu yang lalu
Ga inget perrnah bersumpah atau tidak tp kalau ada saya bayar kifarat ini
diaminkan 0 kali
Hamba Alloh avatar

Hamba Alloh

3 minggu yang lalu
Mabrurkanlah haji hamba, istri dan badal haji ibunda hamba. Segera diberikan keturunan anak yang sholeh. Permudah & luluskanlah dari MARS FKM UI. Jadikanlah hamba Team medis ESQ Tour tahun depan bersama Haji Ayahanda hamba. Aamiiin
diaminkan 1 kali
Tommy tri atmaja avatar

Tommy tri atmaja

3 minggu yang lalu
Semogga allah menerima kifarat hambanya
diaminkan 0 kali
Kadi supriyadi avatar

Kadi supriyadi

3 minggu yang lalu
Semoga alloh ampuni dosa²ku, aamiin
diaminkan 0 kali
Itsnaeni nur rizqiyah avatar

Itsnaeni nur rizqiyah

1 bulan yang lalu
Semoga berkah aamiin
diaminkan 0 kali
Ade Ramadhan avatar

Ade Ramadhan

1 bulan yang lalu
semoga diampuni allah
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.