fbVa9cOX8BYopqMKFA7x2TMUIigmJNO4mmbMYfv4

Dahsyatnya Sedekah Di Hari Jumat

Berkah Sedekah Jumat Seperti Sedekah di bulan Ramadhan

Rp 657.805.444
dana terus dikumpul
Terkumpul Rp 657.805.444
Donatur 11056
Gotong royong dengan menyebarkan program ini.
Dahsyatnya Sedekah Di Hari Jumat

Ternyata hari Jumat memang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam yang bersedekah. Tentunya kesempatan beramal ini tidak boleh disia-siakan begitu saja, agar mendapatkan manfaatnya. Diantaranya adalah:
Lebih Besar Pahalanya
Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwayatkan; “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.
Seperti Sedekah di bulan Ramadhan
Disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; “Keutamaan sedekah di hari jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”
Didoakan oleh Para Malaikat
Di pagi hari, sedekah juga menjadi keutamaan. Apalagi jika melaksanakannya di hari Jumat. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim)
#PejuangKebaikan, Semoga rezeki kita semakin berkah dengan bersedekah! Jangan ragu untuk mengeluarkan sebagian harta kita untuk memberi manfaat pada sesama, karena kelak Allah menggantinya dengan keberkahan berkali lipat.
Disclaimer :
Campaign ini adalah bagian dari program infaq/shodakoh Yayasan Rumah Yatim yang bertujuan untuk membantu masyarakat Dhuafa di Indonesia.
02 Aug 2021

Program Dirilis

28 February 2024

Rumah Yatim Beri Bantuan Biaya Hidup pada Amri Pembuat Batu Bata yang Hidupi Ponakan Terlantarnya

gambar-headline


Pada Selasa, (27/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Nusa Tenggara Barat telah berhasil melakukan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup kepada Amri sebagai penerima manfaat.

Bantuan biaya hidup tersebut disalurkan oleh tim relawan Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat di kediamannya Amri yang berlokasi di Desa Korleko, Kecamatan Labuhan Haji, Kota Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa bahan pokok beserta santunan tunai guna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Amri dan keponakannya.

Amri adalah seorang remaja berusia 18 tahun yang harus rela banting tulang demi melanjutkan hidupnya. Ayah dan ibunya telah meninggal dunia sejak ia masih duduk di bangku SMP.

Sekarang ia hanya tinggal bersama keponakannya di rumah peninggalan orangtuanya. Repa (9), keponakan Amri juga diterlantarkan oleh kedua orangtuanya pasca bercerai.

Karena iba melihat kondisi keponakannya itu, Amri akhirnya menjaga Repa dan menyekolahkan Repa. Repa saat ini duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar.

Amri setiap hari bekerja menjadi pembuat batu bata. Mulai dari pagi hingga sore hari ia mampu membuat sebanyak seribu batu bata, kemudian ia diberi upah sebesar Rp.15.000.

Upah tersebut belum bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena Amri hanya bekerja ketika ada panggilan saja. Apabila tidak, ia dan Repa akan menjual nasi aking yang berbahan dasar dari nasi basi milik tetangga-tetangganya.

Amri ingin sekali membelikan perlengkapan sekolah baru untuk Repa, tetapi jangankan untuk membeli perlengkapan sekolah keponakannya itu, untuk makan saja mereka harus makan sepiring berdua.

Berkat bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Nusa Tenggara Barat, Amri sangat terbantu dan bersyukur sekali karena akhirnya dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya bersama keponakannya.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Amri dan keponakannya, serta menjadi amal jariyah untuk para pejuang kebaikan yang sudah berpartisipasi dalam program bantuan biaya hidup ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

23 February 2024

Bantuan Biaya Hidup Disalurkan Kepada Puluhan Masyarakat Kurang Mampu di Rumbai dan Payung Sekaki

gambar-headline


Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Riau menunjukkan aksi kepeduliannya terhadap sesama manusia dengan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat untuk mereka melalui program-program yang ada di Rumah Yatim.

Pada Rabu, (21/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Riau telah berhasil menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup kepada masyarakat yang kurang mampu.

Bantuan biaya hidup tersebut diberikan secara langsung kepada puluhan masyarakat yang membutuhkan sebagai penerima manfaat di dua lokasi yang berbeda, lokasi pertama di Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dan lokasi kedua di Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Dengan jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari para penerima manfaat.

Antusias sangat dirasakan ketika tim relawan Rumah Yatim Riau hadir untuk membagikan bantuan biaya hidup kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayah tersebut.

Para penerima manfaat sangat merasa bersyukur dan bahagia sekali serta mereka tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Riau dan juga kepada para donatur yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya melalui program ini.

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan tentang kemuliaan berbagi dalam hadist berikut ini.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya:

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan datang dua malaikat kepadanya dan salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)". (HR. Bukhari - No. 1442 Fathul Bari) Shahih.

Semoga bantuan biaya hidup yang diberikan dapat bermanfaat untuk para penerima manfaat, serta menjadi amal jariyah untuk para donatur yang telah berpartisipasi dalam program kemanusiaan bantuan biaya hidup ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

20 February 2024

Rumah Yatim Beri Kebahagiaan untuk Salman Anak Penjual Sayur dan Neneknya


gambar-headline


Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara selalu berusaha untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Pada Jum'at, (16/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk Salman sebagai penerimaan manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara mengunjungi kediamannya Salman yang beralamat di Kelurahan Simangambat, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, untuk memberikan bantuan biaya hidup secara langsung.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup Salman dan keluarganya.

Salman (13) adalah bocah yang bekerja keras mencari nafkah dengan berjualan sayur keliling.

Semua itu ia lakukan demi bertahan hidup bersama neneknya. Ayahnya pergi begitu saja tanpa memberi kabar sedangkan Ibunya dan kakaknya tinggal jauh dari Salman.

Salman terpaksa putus sekolah sebab tidak memiliki biaya dan Salman memilih untuk tetap tinggal bersama neneknya, karena Salman tidak tega meninggalkan neneknya seorang diri karena tidak ada yang mengurus.

Sementara itu sayuran yang dijual Salman adalah hasil dari memetik sendiri di kebun milik orang lain. Kemudian baru ia jualkan perikatnya hanya Rp1.000 biasanya dalam sehari Salman memperoleh satu baskom besar sayuran.

Dalam sehari Salman mendapatkan penghasilan sekitar Rp5.000 sampai Rp10.000 saja per hari. Setiap Salman berjualan kangkung keliling, Salman selalu mengkhawatirkan neneknya karena tidak tega meninggalkan neneknya di rumah sendiri terlalu lama.

Dengan diberikannya bantuan biaya hidup ini Salman sangat bahagia sekali, karena sekarang bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya bersama neneknya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah membantu saya, semoga selalu diberi keberkahan dalam rezekinya, dan sehat selalu," ujar Salman kepada relawan.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kehidupan Salman dan neneknya, serta mendatangkan keberkahan bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

16 February 2024

Rumah Yatim Bantu Penuhi Kebutuhan Hidup Kakek Syamsir Lansia Pencari Rongsok Asal Padang Timur

gambar-headline


Pada Kamis, (15/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Padang telah menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup tahap pertama untuk kakek Syamsir dan keluarganya.

Tim relawan Rumah Yatim cabang Padang menyalurkan bantuan biaya hidup tersebut di kediamannya kakek Syamsir yang beralamat di Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kakek Syamsir dan keluarganya.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Kakek Syamsir (64) seorang lansia yang terus semangat berjuang mencari nafkah demi keluarganya. Sekarang kakek hanya tinggal bersama istrinya sedangkan anaknya berada jauh dan ekonominya juga sama susahnya.

Demi bisa makan kakek harus rela berjalan jauh 10 km untuk mencari barang rongsokan yang nantinya akan dijual. Kakek biasanya hanya memperoleh Rp15.000 dari hasil rongsokan yang kakek kumpulkan selama 3 hari.

Uang hasil rongsokannya itu kakek gunakan untuk membeli beras dan kebutuhan sehari-hari. Seringkali kakek merasa sedih karena sudah berkeliling jauh namun tidak mendapatkan barang rongsokan yang bisa dijual.

Istrinya nenek Eni (60) membantu kakek, membersihkan barang bekas yang kakek kumpulkan.

Berkat bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Padang Kakek sangat bersyukur sekali karena kini bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya dan istrinya.

Kakek pun mengucapkan terima kasih banyak untuk tim relawan Rumah Yatim Padang yang telah menyalurkan bantuan ini, serta kepada para donatur yang telah berpartisipasi berbagi rezekinya melalui program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

07 February 2024

Mengais Rongsokan untuk Bertahan Hidup, Nek Rohyani Bersyukur Dapat Perhatian dari Rumah Yatim

gambar-headline


Nek Rohyani (63), lansia pencari rongsokan di Desa Kertayasa, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal begitu bahagia dan bersyukur ketika menerima bantuan biaya hidup berupa sembako dan uang tunai dari Rumah Yatim cabang Jawa Tengah.

Nek Rohyani mengaku jika baru kali ini dirinya menerima bantuan dengan jumlah banyak. "Alhamdulillah senang sekali nenek dapet ini, Insya Allah bantuan ini akan nenek gunakan untuk memenuhi memenuhi kebutuhan hidup selama bulan kedepan," tuturnya.

Tidak lupa, Rohyani pun mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim dan donatur yang telah memberikan perhatian kepadanya.

"Hanya doa yang bisa nenek berikan untuk membalas semua ini, semoga Rumah Yatim semakin sukses dan para donaturnya diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah, berkah dan dimudahkan semua urusannya. Semoga doa nenek diijabah oleh Allah aamiin, Terima kasih ya sudah peduli sama nenek," ujarnya.

Diketahui, sudah lama nek Rohyani hidup sebatang kara. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ia bekerja sebagai pencari rongsokan di TPA. Penghasilan yang didapat nenek sangatlah kecil, yakni hanya 30 ribu perdua minggunya.

Jika ingin membeli beras, nek Rohyani harus menunggu selama dua seminggu. Sementara jika persediaan beras habis, terpaksa nenek berpuasa dan buka serta sahur dengan air putih saja.

Saat ini nek Rohyani tinggal menumpang di rumah orang lain. Di rumah tersebut tidak ada barang berharga, bahkan lantainya saja hanya beralaskan spanduk bekas.

"Nek Rohyani sangat layak menerima bantuan ini. Terima kasih kepada para donatur yang telah membantu nek Rohyani melalui Rumah Yatim, semoga bantuan ini bisa menjadi pahala dan keberkahan untuk para donatur, serta menjadi manfaat dan kebaikan untuk nek Rohyani," tutur Saefudin, kepala cabang Rumah Yatim Jateng.

05 February 2024

Kakek Arsyad, Tukang Sol Sepatu di Bajiminasa Makassar Terharu Dapat Bantuan Rumah Yatim

gambar-headline


Meski tak lagi muda, kakek Arsyad (70) masih bersemangat menekuni profesi langka sebagai tukang sol sepatu keliling di Kota Makassar. Di tengah kemajuan zaman dan makin canggihnya produsen sepatu, kakek Arsyad yang telah puluhan tahun menekuni profesi tukang sol sepatu mengaku makin jarang orang datang untuk memperbaiki sepatunya.

Demi bisa mendapat pelanggan banyak, kakek rela jalan kaki jauh dan rela menurunkan tarifnya menjadi 10 ribu rupiah. Diketahui, tarif ini lebih kecil dibanding tarif tukang sol lainnya.

Namun, meski sudah melakukan semua ikhtiar itu, pelanggan kakek masih tetap sepi dan penghasilannya kecil. Terkadang setelah seharian keliling ia hanya mendapat satu pelanggan saja, tidak jarang ia pulang dengan tangan kosong.

Kepada tim Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan, kakek Arsyad bercerita jika dirinya sudah lama sakit asma. Penyakit tersebut seringkali kambuh ketika ia sedang keliling mencari pelanggan.

"Kakek kelilingnya sering sekali berhenti untuk istirahat karena asma nya suka kambuh. Kakek ga bisa libur kerja, kakek harus terus kerja karena kebutuhan hidup kakek tidak ada yang menanggung. Sejak istri meninggal, anak-anak kakek jarang menjenguk apalagi ngasih uang," ungkapnya.

Lebih lanjut, kakek Arsyad mengatakan jika dirinya sering sekali kesulitan untuk membeli makan dan obat asma karena uangnya tidak ada. Ia pun seringkali merasa kesepian karena tinggal seorang diri.

Sebagai wujud perhatian dan kepeduliannya, Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako dan perlengkapan mandi mencuci untuk kakek Arsyad. Bantuan ini diserahkan di kediaman kakek di jalan Bajiminasa, Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Mariso, Kota makassar

semua bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id.

Adam salah satu relawan Rumah Yatim Sulsel, menyampaikan jika kakek Arsyad terlihat sangat senang dan terharu bisa menerima bantuan ini. Berkali-kali ia mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan bantuan ini.

"Kakek Arsyad sangat layak menerima bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat, berkah, bisa membantu meringankan bebannya dan bisa meningkatkan semangatnya dalam mencari nafkah. Terima kasih kepada semua donatur yang telah membantu kakek Arsyad melalui Rumah Yatim, semoga bantuan ini bisa menjadi ladang pahala, kebaikan dan berkah untuk para donatur," tuturnya.

apriyanidr@gmail.com

Apriyani Dwi Rahayu

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 10.000
tanjiasri1004@gmail.com

Tania Aji Asri

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 50.226

Dwi

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 25.808
Restiani.ita@gmail.com

Ita Restiani

Berhasil mengajak 2 orang untuk berdonasi
Rp 66.866
user@guest.com

Dewi

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 25.889
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Berhasil mengajak 4979 orang untuk berdonasi
Rp 299.443.132
crm.pusat1@gmail.com

Siti Lathifiyati

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 10.085
crmrisapart2@gmail.com

Risa Hanifa

Berhasil mengajak 5 orang untuk berdonasi
Rp 220.675
kurniawatisiti88@gmail.com

Siti Kurniawati

Berhasil mengajak 2 orang untuk berdonasi
Rp 200.916
wahyusholikhah12@gmail.com

septi

Berhasil mengajak 22 orang untuk berdonasi
Rp 818.706
kharisaanggani01@gmail.com

Nurjanah

Berhasil mengajak 2 orang untuk berdonasi
Rp 125.489

Gotong royong sebagai fundraiser program ini.

Jadi fundraiser sekarang juga
Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 50.396

Pada: 1 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 10.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 10.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Haryati

Sebesar Rp 10.000

Pada: 2 hari yang lalu

Mohon dimudahkan dan dilancarkan dlm segala urusan, kesehatan dan keturunan

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 10.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 100.000

Pada: 2 hari yang lalu

Ketentuan Program donatur rutin adalah anda akan memperoleh pemberitauan/ pengingat untuk berdonasi sesuai kesepakatan waktu dalam mengingatkan baik melalui no HP maupun email sesuai yang anda cantumkan.

Jadi donatur rutin sekarang juga

Fundraiser

apriyanidr@gmail.com

Apriyani Dwi Rahayu

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 10.000
tanjiasri1004@gmail.com

Tania Aji Asri

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 50.226

Dwi

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 25.808
Restiani.ita@gmail.com

Ita Restiani

Berhasil mengajak 2 orang untuk berdonasi
Rp 66.866
user@guest.com

Dewi

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 25.889
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Berhasil mengajak 4979 orang untuk berdonasi
Rp 299.443.132
crm.pusat1@gmail.com

Siti Lathifiyati

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 10.085
crmrisapart2@gmail.com

Risa Hanifa

Berhasil mengajak 5 orang untuk berdonasi
Rp 220.675
kurniawatisiti88@gmail.com

Siti Kurniawati

Berhasil mengajak 2 orang untuk berdonasi
Rp 200.916
wahyusholikhah12@gmail.com

septi

Berhasil mengajak 22 orang untuk berdonasi
Rp 818.706
kharisaanggani01@gmail.com

Nurjanah

Berhasil mengajak 2 orang untuk berdonasi
Rp 125.489

Gotong royong sebagai fundraiser program ini.

Jadi fundraiser sekarang juga

Berita

02 Aug 2021

Program Dirilis

28 February 2024

Rumah Yatim Beri Bantuan Biaya Hidup pada Amri Pembuat Batu Bata yang Hidupi Ponakan Terlantarnya

gambar-headline


Pada Selasa, (27/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Nusa Tenggara Barat telah berhasil melakukan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup kepada Amri sebagai penerima manfaat.

Bantuan biaya hidup tersebut disalurkan oleh tim relawan Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat di kediamannya Amri yang berlokasi di Desa Korleko, Kecamatan Labuhan Haji, Kota Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa bahan pokok beserta santunan tunai guna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Amri dan keponakannya.

Amri adalah seorang remaja berusia 18 tahun yang harus rela banting tulang demi melanjutkan hidupnya. Ayah dan ibunya telah meninggal dunia sejak ia masih duduk di bangku SMP.

Sekarang ia hanya tinggal bersama keponakannya di rumah peninggalan orangtuanya. Repa (9), keponakan Amri juga diterlantarkan oleh kedua orangtuanya pasca bercerai.

Karena iba melihat kondisi keponakannya itu, Amri akhirnya menjaga Repa dan menyekolahkan Repa. Repa saat ini duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar.

Amri setiap hari bekerja menjadi pembuat batu bata. Mulai dari pagi hingga sore hari ia mampu membuat sebanyak seribu batu bata, kemudian ia diberi upah sebesar Rp.15.000.

Upah tersebut belum bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena Amri hanya bekerja ketika ada panggilan saja. Apabila tidak, ia dan Repa akan menjual nasi aking yang berbahan dasar dari nasi basi milik tetangga-tetangganya.

Amri ingin sekali membelikan perlengkapan sekolah baru untuk Repa, tetapi jangankan untuk membeli perlengkapan sekolah keponakannya itu, untuk makan saja mereka harus makan sepiring berdua.

Berkat bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Nusa Tenggara Barat, Amri sangat terbantu dan bersyukur sekali karena akhirnya dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya bersama keponakannya.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Amri dan keponakannya, serta menjadi amal jariyah untuk para pejuang kebaikan yang sudah berpartisipasi dalam program bantuan biaya hidup ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

23 February 2024

Bantuan Biaya Hidup Disalurkan Kepada Puluhan Masyarakat Kurang Mampu di Rumbai dan Payung Sekaki

gambar-headline


Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Riau menunjukkan aksi kepeduliannya terhadap sesama manusia dengan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat untuk mereka melalui program-program yang ada di Rumah Yatim.

Pada Rabu, (21/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Riau telah berhasil menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup kepada masyarakat yang kurang mampu.

Bantuan biaya hidup tersebut diberikan secara langsung kepada puluhan masyarakat yang membutuhkan sebagai penerima manfaat di dua lokasi yang berbeda, lokasi pertama di Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dan lokasi kedua di Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Dengan jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari para penerima manfaat.

Antusias sangat dirasakan ketika tim relawan Rumah Yatim Riau hadir untuk membagikan bantuan biaya hidup kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayah tersebut.

Para penerima manfaat sangat merasa bersyukur dan bahagia sekali serta mereka tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Riau dan juga kepada para donatur yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya melalui program ini.

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan tentang kemuliaan berbagi dalam hadist berikut ini.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya:

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan datang dua malaikat kepadanya dan salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)". (HR. Bukhari - No. 1442 Fathul Bari) Shahih.

Semoga bantuan biaya hidup yang diberikan dapat bermanfaat untuk para penerima manfaat, serta menjadi amal jariyah untuk para donatur yang telah berpartisipasi dalam program kemanusiaan bantuan biaya hidup ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

20 February 2024

Rumah Yatim Beri Kebahagiaan untuk Salman Anak Penjual Sayur dan Neneknya


gambar-headline


Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara selalu berusaha untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Pada Jum'at, (16/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk Salman sebagai penerimaan manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara mengunjungi kediamannya Salman yang beralamat di Kelurahan Simangambat, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, untuk memberikan bantuan biaya hidup secara langsung.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup Salman dan keluarganya.

Salman (13) adalah bocah yang bekerja keras mencari nafkah dengan berjualan sayur keliling.

Semua itu ia lakukan demi bertahan hidup bersama neneknya. Ayahnya pergi begitu saja tanpa memberi kabar sedangkan Ibunya dan kakaknya tinggal jauh dari Salman.

Salman terpaksa putus sekolah sebab tidak memiliki biaya dan Salman memilih untuk tetap tinggal bersama neneknya, karena Salman tidak tega meninggalkan neneknya seorang diri karena tidak ada yang mengurus.

Sementara itu sayuran yang dijual Salman adalah hasil dari memetik sendiri di kebun milik orang lain. Kemudian baru ia jualkan perikatnya hanya Rp1.000 biasanya dalam sehari Salman memperoleh satu baskom besar sayuran.

Dalam sehari Salman mendapatkan penghasilan sekitar Rp5.000 sampai Rp10.000 saja per hari. Setiap Salman berjualan kangkung keliling, Salman selalu mengkhawatirkan neneknya karena tidak tega meninggalkan neneknya di rumah sendiri terlalu lama.

Dengan diberikannya bantuan biaya hidup ini Salman sangat bahagia sekali, karena sekarang bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya bersama neneknya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah membantu saya, semoga selalu diberi keberkahan dalam rezekinya, dan sehat selalu," ujar Salman kepada relawan.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kehidupan Salman dan neneknya, serta mendatangkan keberkahan bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

16 February 2024

Rumah Yatim Bantu Penuhi Kebutuhan Hidup Kakek Syamsir Lansia Pencari Rongsok Asal Padang Timur

gambar-headline


Pada Kamis, (15/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Padang telah menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup tahap pertama untuk kakek Syamsir dan keluarganya.

Tim relawan Rumah Yatim cabang Padang menyalurkan bantuan biaya hidup tersebut di kediamannya kakek Syamsir yang beralamat di Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kakek Syamsir dan keluarganya.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Kakek Syamsir (64) seorang lansia yang terus semangat berjuang mencari nafkah demi keluarganya. Sekarang kakek hanya tinggal bersama istrinya sedangkan anaknya berada jauh dan ekonominya juga sama susahnya.

Demi bisa makan kakek harus rela berjalan jauh 10 km untuk mencari barang rongsokan yang nantinya akan dijual. Kakek biasanya hanya memperoleh Rp15.000 dari hasil rongsokan yang kakek kumpulkan selama 3 hari.

Uang hasil rongsokannya itu kakek gunakan untuk membeli beras dan kebutuhan sehari-hari. Seringkali kakek merasa sedih karena sudah berkeliling jauh namun tidak mendapatkan barang rongsokan yang bisa dijual.

Istrinya nenek Eni (60) membantu kakek, membersihkan barang bekas yang kakek kumpulkan.

Berkat bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Padang Kakek sangat bersyukur sekali karena kini bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya dan istrinya.

Kakek pun mengucapkan terima kasih banyak untuk tim relawan Rumah Yatim Padang yang telah menyalurkan bantuan ini, serta kepada para donatur yang telah berpartisipasi berbagi rezekinya melalui program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

07 February 2024

Mengais Rongsokan untuk Bertahan Hidup, Nek Rohyani Bersyukur Dapat Perhatian dari Rumah Yatim

gambar-headline


Nek Rohyani (63), lansia pencari rongsokan di Desa Kertayasa, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal begitu bahagia dan bersyukur ketika menerima bantuan biaya hidup berupa sembako dan uang tunai dari Rumah Yatim cabang Jawa Tengah.

Nek Rohyani mengaku jika baru kali ini dirinya menerima bantuan dengan jumlah banyak. "Alhamdulillah senang sekali nenek dapet ini, Insya Allah bantuan ini akan nenek gunakan untuk memenuhi memenuhi kebutuhan hidup selama bulan kedepan," tuturnya.

Tidak lupa, Rohyani pun mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim dan donatur yang telah memberikan perhatian kepadanya.

"Hanya doa yang bisa nenek berikan untuk membalas semua ini, semoga Rumah Yatim semakin sukses dan para donaturnya diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah, berkah dan dimudahkan semua urusannya. Semoga doa nenek diijabah oleh Allah aamiin, Terima kasih ya sudah peduli sama nenek," ujarnya.

Diketahui, sudah lama nek Rohyani hidup sebatang kara. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ia bekerja sebagai pencari rongsokan di TPA. Penghasilan yang didapat nenek sangatlah kecil, yakni hanya 30 ribu perdua minggunya.

Jika ingin membeli beras, nek Rohyani harus menunggu selama dua seminggu. Sementara jika persediaan beras habis, terpaksa nenek berpuasa dan buka serta sahur dengan air putih saja.

Saat ini nek Rohyani tinggal menumpang di rumah orang lain. Di rumah tersebut tidak ada barang berharga, bahkan lantainya saja hanya beralaskan spanduk bekas.

"Nek Rohyani sangat layak menerima bantuan ini. Terima kasih kepada para donatur yang telah membantu nek Rohyani melalui Rumah Yatim, semoga bantuan ini bisa menjadi pahala dan keberkahan untuk para donatur, serta menjadi manfaat dan kebaikan untuk nek Rohyani," tutur Saefudin, kepala cabang Rumah Yatim Jateng.

05 February 2024

Kakek Arsyad, Tukang Sol Sepatu di Bajiminasa Makassar Terharu Dapat Bantuan Rumah Yatim

gambar-headline


Meski tak lagi muda, kakek Arsyad (70) masih bersemangat menekuni profesi langka sebagai tukang sol sepatu keliling di Kota Makassar. Di tengah kemajuan zaman dan makin canggihnya produsen sepatu, kakek Arsyad yang telah puluhan tahun menekuni profesi tukang sol sepatu mengaku makin jarang orang datang untuk memperbaiki sepatunya.

Demi bisa mendapat pelanggan banyak, kakek rela jalan kaki jauh dan rela menurunkan tarifnya menjadi 10 ribu rupiah. Diketahui, tarif ini lebih kecil dibanding tarif tukang sol lainnya.

Namun, meski sudah melakukan semua ikhtiar itu, pelanggan kakek masih tetap sepi dan penghasilannya kecil. Terkadang setelah seharian keliling ia hanya mendapat satu pelanggan saja, tidak jarang ia pulang dengan tangan kosong.

Kepada tim Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan, kakek Arsyad bercerita jika dirinya sudah lama sakit asma. Penyakit tersebut seringkali kambuh ketika ia sedang keliling mencari pelanggan.

"Kakek kelilingnya sering sekali berhenti untuk istirahat karena asma nya suka kambuh. Kakek ga bisa libur kerja, kakek harus terus kerja karena kebutuhan hidup kakek tidak ada yang menanggung. Sejak istri meninggal, anak-anak kakek jarang menjenguk apalagi ngasih uang," ungkapnya.

Lebih lanjut, kakek Arsyad mengatakan jika dirinya sering sekali kesulitan untuk membeli makan dan obat asma karena uangnya tidak ada. Ia pun seringkali merasa kesepian karena tinggal seorang diri.

Sebagai wujud perhatian dan kepeduliannya, Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako dan perlengkapan mandi mencuci untuk kakek Arsyad. Bantuan ini diserahkan di kediaman kakek di jalan Bajiminasa, Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Mariso, Kota makassar

semua bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id.

Adam salah satu relawan Rumah Yatim Sulsel, menyampaikan jika kakek Arsyad terlihat sangat senang dan terharu bisa menerima bantuan ini. Berkali-kali ia mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan bantuan ini.

"Kakek Arsyad sangat layak menerima bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat, berkah, bisa membantu meringankan bebannya dan bisa meningkatkan semangatnya dalam mencari nafkah. Terima kasih kepada semua donatur yang telah membantu kakek Arsyad melalui Rumah Yatim, semoga bantuan ini bisa menjadi ladang pahala, kebaikan dan berkah untuk para donatur," tuturnya.

Donatur

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 50.396

Pada: 1 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 10.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 10.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Haryati

Sebesar Rp 10.000

Pada: 2 hari yang lalu

Mohon dimudahkan dan dilancarkan dlm segala urusan, kesehatan dan keturunan

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 10.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 100.000

Pada: 2 hari yang lalu

Donasi Rutin

Ketentuan Program donatur rutin adalah anda akan memperoleh pemberitauan/ pengingat untuk berdonasi sesuai kesepakatan waktu dalam mengingatkan baik melalui no HP maupun email sesuai yang anda cantumkan.

Jadi donatur rutin sekarang juga