Dahsyatnya Sedekah Di Hari Jumat

Berkah Sedekah Jumat Seperti Sedekah di bulan Ramadhan
Rp 768.878.091
Terkumpul dari
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

Dahsyatnya Sedekah Di Hari Jumat

Ternyata hari Jumat memang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam yang bersedekah. Tentunya kesempatan beramal ini tidak boleh disia-siakan begitu saja, agar mendapatkan manfaatnya. Diantaranya adalah:

Lebih Besar Pahalanya
Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwayatkan; “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.

Seperti Sedekah di bulan Ramadhan
Disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; “Keutamaan sedekah di hari jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Didoakan oleh Para Malaikat
Di pagi hari, sedekah juga menjadi keutamaan. Apalagi jika melaksanakannya di hari Jumat. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

#PejuangKebaikan, Semoga rezeki kita semakin berkah dengan bersedekah! Jangan ragu untuk mengeluarkan sebagian harta kita untuk memberi manfaat pada sesama, karena kelak Allah menggantinya dengan keberkahan berkali lipat.

Disclaimer :
Campaign ini adalah bagian dari program infaq/shodakoh Yayasan Rumah Yatim yang bertujuan untuk membantu masyarakat Dhuafa di Indonesia.
Selengkapnya

Berita Penyaluran

Program Dirilis

02 Aug 2021

Rumah Yatim Sumatera Utara Salurkan Bantuan Biaya Hidup Guna Bantu Perjuangan Ibu Randa

20 July 2024
gambar-headline

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara tidak pernah berhenti untuk selalu membantu masyarakat yang membutuhkan.

Pada Sabtu, (13/07/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara sukses menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk ibu Randa sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara memberikan bantuan baiaya hidup ini secara langsung di kediaman Ibu Randa di Jl. Kiwi, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dengan jenis bantuan yang diberikan ialah berupa beras, minyak, teh, gula, susu, sabun, sikat gigi, pasta gigi, pampers dan lain-lain serta uang tunai yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari Ibu Randa dan anak-anaknya.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Ibu Randa (32) adalah seorang ibu yang hebat yang berjuang demi hidupi ketiga anaknya yang berkebutuhan khusus seorang diri.

Ketiga anaknya yaitu Dimas (8) mengidap cerebral palsy, Nazwa (6) seorang tunanetra dan tunarungu serta Tamara (3) mengidap bibir sumbing yang telah dioperasi sejak kecil.

Bu Randa sangat merasa hancur hatinya pada saat melihat kondisi anak-anaknya. Keadaan ekonomi yang sulit membuat mereka berhenti untuk menjalani pengobatan. Saat ini Ibu Randa hanya bekerja sebagai buruh pemetik tangkai cabai milik orang lain. Upah yang diperoleh hanya Rp10.000 dan upah tersebut belum mencukupi untuk menghidupi ketiga anaknya.

Di samping itu ia juga berjuang mencari nafkah dengan bekerja sebagai buruh cuci yang upahnya tidak menentu. Semua itu dilakukan supaya ketiga anaknya tidak terus menahan lapar setiap harinya.

Berkat diberikannya bantuan biaya hidup ini, Bu Randa sangat bersyukur sekali karena telah terbantu oleh tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara dan para donatur.

"Saya berterima kasih kepada Rumah Yatim dan juga kepada para donatur yang sudah membantu saya, semoga selalu diberi keberkahan rezeki dan sehat selalu, Aamiin," ujar Bu Randa.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi bu Randa dan anak-anaknya, Aamiin.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Diterlantarkan Ayah, Aco Piatu Penjual Kue Buroncong di Makassar Dapat Bantuan Rumah Yatim

18 July 2024
gambar-headline

Sungguh malang nasib Aco (10), warga Jalan Dr. Leimena, Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar. Sejak ditinggal meninggal ibu dan diterlantarkan ayahnya 1 tahun lalu, ia harus bekerja keras demi memenuhi kebutuhan sehari-hari dan nabung untuk melanjutkan sekolahnya.

Setiap hari, anak tangguh ini bekerja sebagai kue buroncong (kue pancong) milik orang. Jika kuenya banyak, Aco akan diberi upah sekitar 10 sampai 20 ribu rupiah.

Kepada tim Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan, Aco bercerita jika ayahnya pergi meninggalkannya karena ingin menikah lagi, saat itu ia dititipkan ke tetangganya. Karena tidak ingin merepotkan tetangganya, Aco berinisiatif jualan buroncong. Setiap hari dari pagi sampai sore ia rela jualan keliling sampai sejauh 5 KM.

"Aku tiap hari jualan pake gerobak bang, nanti upahnya aku dikasih ke bibi (tetangga) untuk tambahan beli beras dan lauk. Kalo upah yang aku dapat 10 ribu, uangnya aku kasih semua ke bibi, tapi kalo lebih, misal dapet 15 ribu, aku kasih ke bibi 10 ribu terus 5 ribunya aku tabung buat biaya sekolah. Aku pengen banget bisa sekolah lagi bang," ujarnya.

Lebih lanjut, Aco mengatakan jika sejak diterlantarkan ayahnya, dirinya terpaksa putus sekolah karena tidak ada biaya. Jadi supaya bisa sekolah lagi dan tidak merepotkan tetangganya, Aco memilih untuk jualan.

Meski terlihat tegar, Aco tetaplah anak kecil yang ingin tumbuh dengan kasih saya kedua orang tua. Ketika sedang rindu almarhumah ibunya, ia selalu pergi je makam sang ibu untuk berdoa dan bercerita.

Untuk membantu Aco, Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako dan perlengkapan mandi mencuci.

Bantuan tersebut diberikan langsung kepada Aco di kediaman tetangganya. "Alhamdulillah bantuan biaya hidup, amanah dari para donatur yang berdonasi di platform donasionline.id sudah diberikan kepada Aco. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat dan berkah untuk Aco. Terima kasih kepada semua donatur, semoga bantuan ini bisa menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala," tutur Adam, salah satu relawan Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan.

Adam menyampaikan jika Aco terlihat sangat senang dan terharu ketika menerima bantuan ini. Sembari meneteskan air mata, Aco mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan bantuan ini.

"Kata Aco, bantuan ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya masuk sekolah," ujarnya.

Selengkapnya

Rumah Yatim Sulsel Kembali Salurkan Bantuan untuk Panti Asuhan Al Dzakir Makassar

16 July 2024
gambar-headline

Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan kembali menyambangi Panti Al Dzakir yang berlokasi di Jalan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar guna memberikan bantuan biaya hidup amanah dari para donatur.

Jika sebelumnya Rumah Yatim memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako dan perlengkapan mandi mencuci, kali ini bantuan diberikan Dalam bentuk uang tunai untuk memenuhi semua kebutuhan panti seperti membeli bahan pokok, perlengkapan mandi mencuci, kebutuhan anak asuh, modal usaha dan lainnya.

Menurut penuturan Adam, salah satu relawan Rumah Yatim Sulawesi Selatan, bantuan tersebut diterima langsung oleh seluruh anak asuh dan oleh Dinda (43) selaku pendiri sekaligus pengurus panti.

"Alhamdulillah bu Dinda dan anak asuhnya sangat senang karena bisa kembali menerima bantuan biaya hidup. Kata bu Dinda, bantuan dari Rumah Yatim sangat membantu dan berarti untuk panti asuhan Al Dzakir," ujarnya.

Lebih lanjut Adam mengatakan jika setelah menerima bantuan, Dinda dan anak asuhnya langsung mendoakan Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan bantuan ini.

"Alhamdulillah bantuan biaya hidup tahap kedua untuk Panti Asuhan Al Dzakir sudah tersalurkan. Terima kaish kepada seluruh donatur yang sudah membantu panti asuhan Al Dzakir dengan berdonasi di platform donasionline.id . Semoga bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat, kebahagiaan dan berkah untuk Keluarga besar Panti Asuhan Al Dzakir, serta menjadi menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala untuk para donatur," tuturnya.

Diketahui, panti asuhan Al Dzakir sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu karena rasa kepedulian serta keprihatinan Dinda dan suaminya akan banyaknya anak yang diterlantarakan orang tua hidup terlunta-lunta di jalanan.

Ada sebanyak 25 anak dari usia balita sampai remaja tinggal di panti ini. Mereka terlihat sangat bahagia tinggal di panti meskipun setiap harinya hanya makan dengan nasi dicampur garam dan tidur beralaskan karpet.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, suami Dinda bekerja sebagai tukang listrik panggilan, sementara Dinda membuka usaha warung kecil-kecilan untuk membantu suaminya.

Selengkapnya

Hadir di Way Halim Permai, Rumah Yatim Lampung Sapa Warga Dhuafa dengan Bantuan Biaya Hidup

28 June 2024
gambar-headline

Kehadiran Rumah Yatim cabang Lampung semakin banyak dirasakan manfaatnya oleh warga, khususnya warga dhuafa.

Setiap bulannya, lembaga amil zakat ini menyalurkan beragam program bantuan kepada ratusan warga dhuafa yang berada di wilayah perkotaan hingga pelosok desa di provinsi Lampung.

Terbaru, Rumah Yatim cabang Lampung menyalurkan dua program bantuan untuk warga dhuafa di Kelurahan Way Halim Permai, Kecamatan Way Halim, Kota Bandar Lampung

Adapun kedua program bantuan tersebut ialah, bantuan biaya hidup dan bahan pokok.

Menurut penuturan Kurniawan, kegiatan penyaluran bantuan ini diadakan secara door to door, dimana tim Rumah Yatim cabang Lampung yang didampingi ketua RT 08 Sugiarto, menyambangi satu persatu rumah warga untuk memberikan bantuan.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika ada sebanyak 30 warga menerima bantuan bahan pokok dan 38 warga menerima bantuan biaya hidup. "Para penerima manfaat terdiri dari kepala rumah tangga, janda, lansia dan anak yatim. Mereka layak menerima bantuan ini sebab mereka semua hidup dalam keterbatasan ekonomi dan mereka juga merupakan warga terdampak banjir bulan Februari lalu" ungkapnya.

Kurniawan berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat, berkah dan bisa meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Semoga bantuan ini bisa menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala untuk para donatur yang telah menitipkan zakat, infak dan sedekahnya di Rumah Yatim. Terima kasih kepada pihak kelurahan yang sudah memberikan data para penerima manfaat, terima kasih juga kepada pak RT yang sudah mendampingi kami dalam kegiatan penyaluran bantuan ini. Semoga sinergi ini bisa terus terjalin dengan baik.

Diketahui, diakhir penyaluran, lurah Way Halim Permai Syarifuddin menghampiri tim Rumah Yatim untuk memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim yang telah membantu warganya yang kurang mampu. Ia mengatakan jika bantuan dari Rumah Yatim sangat membantu, ia berharap bantuan ini bisa memberikan keberkahan untuk semuanya.

Selengkapnya

Kakek Jumenah Sebatang Kara Pengrajin Anyaman Bambu, Bahagia Dapatkan Bantuan Biaya Hidup

27 June 2024
gambar-headline

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat masih semangat untuk melaksanakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada Jum'at, (07/06/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat telah menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup kepada Kakek Jumenah sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat menyerahkan secara langsung bantuan biaya hidup ini kepada kakek Jumenah tepatnya di kediamannya di Dusun Jejeneng, Desa Pagutan, Kecamatan Batu Kliayang, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan jenis bantuan yang diberikan ialah berupa bahan pokok dan santunan uang tunai, guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kakek Jumenah.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Kakek Jumenah (80) ialah seorang pengrajin anyaman bambu. Hal itu tidak mudah untuk dilakukan oleh kakek. Apalagi sekaran tubuhnya mulai melemah, fisiknya sering kelelahan. Usia kakek yang semakin bertambah membuatnya hanya sanggup membuat 1-2 anyaman saja.

Caping (topi anyaman bambu) dan kurungan ayam, biasanya kakek jual dengan berkeliling dibandrol dengan harga hanya 20.000 untuk kurungan ayam dan 30 ribu untuk caping nya.

Terkadang membutuhkan waktu berhari hari kakek keliling baru laku jualannya. Hal tersebut disebabkan, sudah jarangnya orang yang membutuhkan 2 barang tersebut. Biasanya kakek berkeliling sejauh 25 km ke pasar dengan jalan kaki.

Kakek juga tidak setiap hari berualan karena kakek sering sakit sakitan.

Jadi kakek berkeliling sebisa mungkin apabila tubuhnya tidak sakit. Saat ini ia tinggal seorang diri di sebuah gubuk sederhana. Sejak ditinggal mendiang istrinya, ia harus bekerja seorang diri dengan tubuhnya yang mulai lemah.

Demi berjuang hidup Kakek Jumenah juga harus meminjam minjam ke tetangga untuk modal usahanya, setelah dagangannya laku baru modalnya dikembalikan dan sisa sedikit kelebihan itulah yang digunakan untuk biaya hidupnya.

Kakek Jumenah sangat bersyukur dan bahagia sekali menerima bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat.

Kakek juga tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan yang telah menyalurkan bantuan ini dan kepada para donatur yang telah berbagi rezekinya melalui program kemanusiaan ini.

Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk kakek Jumenah dan mampu mendatangkan keberkahan bagi para donatur.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Kakek Bakhtiar Penjual Air Mineral Asal Kecamatan Kuranji Bahagia Terima Bantuan Biaya Hidup

20 June 2024
gambar-headline

Pada Rabu, (04/06/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Padang sukses menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup kepada Kakek Bakhtiar.

Tim relawan Rumah Yatim cabang Padang memberikan bantuan biaya hidup ini secara langsung kepada kakek Bakhtiar di kediamannya yang beralamat di Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah bahan pokok seperti minyak, beras, terigu, telur, mie, susu, kecap mie instan dan lain-lain beserta uang tunai yang akan digunakan untuk pembayaran listrik, dan modal untuk jualan kebutuhan sehari hari lainnya.

Kakek Bakhtiar (68) setiap hari kakek harus berjuang mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Upaya untuk menyambung hidup, kakek berjualan air mineral keliling. Kakek harus menempuh 10 KM dari rumahnya.

Air mineral yang kakek jual merupakan miliknya, yang kakek beli untuk dijual lagi. Uang yang diperoleh pun tidak menentu tergantung dari banyaknya air mineral yang terjual, biasanya kakek bisa mendapatkan uang 30 ribu saja. Kakek mulai berjualan dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore.

Kakek juga sedang menderita penyakit katarak dan mata yang sebelahnya sudah rabun. Bahkan, kakek pernah terjatuh dan semua jualan nya jatuh. Sekarang kakek hanya tinggal bersama istrinya, sedangkan anaknya telah menikah dan tinggal di perantauan dan kehidupannya juga sama sulitnya.

Kakek Bakhtiar sangat bahagia dan bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan dari Rumah Yatim cabang Padang, dan kini kebutuhan hidup kakek bersama istrinya bisa tercukupi.

Kakek pun menyampaikan terimakasih kepada tim relawan Rumah Yatim dan para donatur yang telah membantunya.

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi kakek Bakhtiar dan istrinya serta mampu mendatangkan keberkahan bagi para donatur.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya
Lebih banyak

Jadi Fundraiser

calamrmt@gmail.com

Calam

Rp 433.397

16 orang berhasil diajak

Terhimpun
apriyanidr@gmail.com

Apriyani Dwi Rahayu

Rp 10.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
tanjiasri1004@gmail.com

Tania Aji Asri

Rp 50.226

1 orang berhasil diajak

Terhimpun

Dwi

Rp 25.808

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
Restiani.ita@gmail.com

Ita Restiani

Rp 66.866

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
user@guest.com

Hamba Allah

Rp 25.889

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Rp 400.936.001

6524 orang berhasil diajak

Terhimpun

Ani Nor Warissanti

Rp 10.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
crm.pusat1@gmail.com

Siti Lathifiyati

Rp 10.085

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
crmrisapart2@gmail.com

Risa Hanifa

Rp 220.675

5 orang berhasil diajak

Terhimpun
kurniawatisiti88@gmail.com

Siti Kurniawati

Rp 200.916

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
wahyusholikhah12@gmail.com

septi

Rp 1.148.898

29 orang berhasil diajak

Terhimpun
kharisaanggani01@gmail.com

Nurjanah

Rp 125.489

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
nurulristanti31@gmail.com

Nurul Ristanti

Rp 226.021

7 orang berhasil diajak

Terhimpun
Intanf0217@gmail.com

[email protected]

Rp 10.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun

Hamba Allah

Rp 50.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Para #PejuangKebaikan

12867

Hamba Allah

Rp 20.127
3 hari yang lalu

Rifto

Rp 200.000
4 hari yang lalu

Ana endrawati

Rp 50.044
4 hari yang lalu
Semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan. Aamiin Semoga sy diberi kesabaran dan ke ikhlasan dan selalu sehat dilancarkan segala urusan aamiin

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Ana endrawati avatar

Ana endrawati

4 hari yang lalu
Semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan. Aamiin Semoga sy diberi kesabaran dan ke ikhlasan dan selalu sehat dilancarkan segala urusan aamiin
diaminkan 0 kali
Ssstar BRIPOE kupi avatar

Ssstar BRIPOE kupi

4 hari yang lalu
Usaha ssstar BRIPOE kupi lancar dan berkah
diaminkan 0 kali
Befi Sundari avatar

Befi Sundari

4 hari yang lalu
-
diaminkan 0 kali
Mita avatar

Mita

4 hari yang lalu
Semoga berkah
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

4 hari yang lalu
Mohon Doakam Saya & suami agar dimudahkan dan dilimpahkan rezeki yg barokah, hutang bank kami segera lunas & bisa segera Allah undah utk beribadah k baitullah. Doakan adik Saya Ali wijaya kusumah agar lulus bintara tni tahun ini
diaminkan 0 kali
Natasha Avia avatar

Natasha Avia

4 hari yang lalu
Bismillah, semoga berkah
diaminkan 0 kali
Vera oktavia avatar

Vera oktavia

4 hari yang lalu
semoga bermanfaat dan kita semua diberi kesehatan dimurahkan rezekinya,diberi kebahagiaan perlindungan Allah serta keberkahan dalam hidup..aamiin
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

4 hari yang lalu
Semoga menjadi amal jariyah
diaminkan 0 kali
Septha rini avatar

Septha rini

4 hari yang lalu
Tolong doakan saya supaya hutang saya lunas, saya bersedekah disaat sulit demi mendapat ridho allah, semoga usaha saya dilancarkan dan bisa sering sedekah lagi
diaminkan 0 kali
Betty Helmy Hamid orangtua mertua avatar

Betty Helmy Hamid orangtua mertua

4 hari yang lalu
BarakAllahu fiik
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.