Dahsyatnya Sedekah Di Hari Jumat

Berkah Sedekah Jumat Seperti Sedekah di bulan Ramadhan
Rp 721.135.071
Terkumpul dari
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

Dahsyatnya Sedekah Di Hari Jumat

Ternyata hari Jumat memang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam yang bersedekah. Tentunya kesempatan beramal ini tidak boleh disia-siakan begitu saja, agar mendapatkan manfaatnya. Diantaranya adalah:
Lebih Besar Pahalanya
Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwayatkan; “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.
Seperti Sedekah di bulan Ramadhan
Disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; “Keutamaan sedekah di hari jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”
Didoakan oleh Para Malaikat
Di pagi hari, sedekah juga menjadi keutamaan. Apalagi jika melaksanakannya di hari Jumat. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim)
#PejuangKebaikan, Semoga rezeki kita semakin berkah dengan bersedekah! Jangan ragu untuk mengeluarkan sebagian harta kita untuk memberi manfaat pada sesama, karena kelak Allah menggantinya dengan keberkahan berkali lipat.
Disclaimer :
Campaign ini adalah bagian dari program infaq/shodakoh Yayasan Rumah Yatim yang bertujuan untuk membantu masyarakat Dhuafa di Indonesia.
Selengkapnya

Jadi Fundraiser

calamrmt@gmail.com

Calam

Rp 265.424

7 orang berhasil diajak

Terhimpun
apriyanidr@gmail.com

Apriyani Dwi Rahayu

Rp 10.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
tanjiasri1004@gmail.com

Tania Aji Asri

Rp 50.226

1 orang berhasil diajak

Terhimpun

Dwi

Rp 25.808

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
Restiani.ita@gmail.com

Ita Restiani

Rp 66.866

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
user@guest.com

Dewi

Rp 25.889

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Rp 358.222.178

5831 orang berhasil diajak

Terhimpun

Ani Nor Warissanti

Rp 10.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
crm.pusat1@gmail.com

Siti Lathifiyati

Rp 10.085

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
crmrisapart2@gmail.com

Risa Hanifa

Rp 220.675

5 orang berhasil diajak

Terhimpun
kurniawatisiti88@gmail.com

Siti Kurniawati

Rp 200.916

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
wahyusholikhah12@gmail.com

septi

Rp 1.028.786

27 orang berhasil diajak

Terhimpun
kharisaanggani01@gmail.com

Nurjanah

Rp 125.489

2 orang berhasil diajak

Terhimpun
nurulristanti31@gmail.com

Nurul Ristanti

Rp 205.954

6 orang berhasil diajak

Terhimpun
Intanf0217@gmail.com

[email protected]

Rp 10.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun

Hamba Allah

Rp 50.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Berita Penyaluran

Program Dirilis

02 Aug 2021

Sainah, Penjual Kain Tapih Keliling di Tegal Bersyukur Bisa Jadi Salah Satu Penerima Bantuan

20 May 2024
gambar-headline

Sainah (55) merupakan satu dari ratusan warga Tegal yang merasakan manfaat progam bantuan biaya hidup Rumah Yatim cabang Jawa Tengah.

Menurut Sainah, bantuan ini sangat membantunya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Alhamdulillah bantuan ini bisa saya gunakan untuk makan dan beli kebutuhan lainnya," ucapnya.

Sainah melanjutkan, saat ini ia tinggal bersama anaknya yang sedang sakit di Desa Margasari, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Suaminya sudah meninggal beberapa tahun lalu.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia bekerja sebagai penjual kain tapih keliling milik orang lain. Pengalaman yang didapat Sainah setiap harinya sangat tidak menentu, namun seringnya tidak cukup untuk makan sehari-hari.

"Penghasilannya ga tentu, tergantung banyak tidaknya kain yang terjual, kadang kain jualan ibu ga laku satupun sehingga ibu pulang tanpa bawa uang dan makan seadanya," ujarnya.

Saina merasa sangat bersyukur bisa menerima bantuan dari Rumah Yatim, ia berharap, Rumah Yatim bisa kembali memberikannya bantuan. Ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan bantuan ini.

"Semoga Rumah Yatim semakin sukses dan besar, para donaturnya diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah dan berkah, serta dimudahkan semua urusannya oleh Allah," tutup Sainah

Selengkapnya

Tinggal Sebatang Kara di Gubuk Tak Layak Huni, Kakek Yatiman Dapat Perhatian dari Rumah Yatim

18 May 2024
gambar-headline

Kakek Yatiman (66) harus menjalani masa tua seorang diri di gubuk berukuran 2,5 x 4 meter. Gubuk yang terletak di Dusun Kali Ayu, Desa Jati Baru, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan ini sudah tidak layak huni.

Dindingnya yang terbuat dari kayu, kini sudah lapuk termakan usia, atapnya pun sudah bolong-bolong, tidak ada listrik, dan tidak memiliki barang berharga, bahkan untuk kasur pun tidak ada sehingga kakek Yatiman hanya tidur di atas papan kayu tanpa alas. Untuk penerangan, biasanya kakek menggunakan obor atau lilin.

Jika hujan tiba, kakek Yatiman tidak bisa beristirahat karena seluruh rumahnya basah, ia pun kerap kali di gigit nyamuk yang masuk dari lubang dinding.

Keterbatasan ekonomi dan fisik membuat kakek belum bisa memperbaiki rumah tersebut. Jangankan untuk memperbaiki rumah, untuk makan sehari-haripun ia sering kelimpungan.

Menurut penuturan Kurniawan, salah satu relawan Rumah Yatim Lampung, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, kakek Yatiman bekerja sebagai penjual kelapa dan sapu lidi. Sebelum berjualan biasanya kakek akan mencari buah kelapa yang terjatuh di kebun, lalu mencari daun kelapa kering untuk dibuat sapu lidi.

Nantinya kelapa tersebut dijual seharga 4 sampai 6 ribu rupiah, sementara untuk sapu lidi nya dijual seharga 8 ribu rupiah. Meski harga kelapa dan sapu lidi yang dijual kakek tidak mahal, kakek sering sekali kesulitan mendapat pembeli. Bahkan kakek sering pulang tanpa membawa uang karena kepala dan sapu lidi nya tidak laku.

"Kalo jualannya ga laku ya terpaksa kakek ga makan, paling bisa makan juga kalo ada tetangga yang kasihan dan ngasih makanan, kalo ga ada yang ngasih paling kakek minum air aja," ujar kakek Yatiman.

Sebagai bentuk perhatian dan kepeduliannya, Rumah Yatim cabang Lampung memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai untuk kakek Yatiman. Bantuan tersebut berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban kakek, serta membantu memenuhi kebutuhan hidup kakek selama beberapa bulan kedepan, semoga kakek selalu diberikan kesehatan," ucap Kurniawan.

Raut wajah bahagia tidak dapat disembunyikan dari kakek Yatiman ketika menerima bantuan. Tak lupa ia pun mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim dan donatur yang telah membantunya. Bantuan tersebut sangat berarti untuknya.

"Hanya doa yang bisa kakek berikan, semoga Rumah Yatim semakin sukses dan para donaturnya diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah dan berkah, serta dimudahkan semua urusannya," tutur Kakek Yatiman penuh haru.

Selengkapnya

Puluhan Lansia dan Dhuafa di Kecamatan Pauh Bersyukur Terima Bantuan Biaya Hidup

16 May 2024
gambar-headline

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Padang selalu berusaha untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang bermanfaat.

Pada Jum'at, (03/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Padang telah menyalurkan program kemanusiaan Bantuan Biaya Hidup untuk masyarakat yang membutuhkan.

Program kemanusiaan bantuan biaya hidup ini dilaksanakan oleh tim relawan tepatnya di Jalan By pass, Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Bantuan biaya hidup ini ditujukan kepada sebanyak puluhan mustahik yang meliputi para lansia dan dhuafa.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari para mustahik.

Para lansia dan dhuafa di wilayah tersebut sangat bersyukur dan bahagia sekali bisa mendapatkan bantuan biaya hidup ini, sehingga kebutuhan hidup mereka dapat tercukupi.

Mereka pun tidak lupa berterima kasih kepada tim relawan yang telah mendistribusikan bantuan ini serta kepada para donatur yang berbaik hati berbagi rezekinya membantu masyarakat yang membutuhkan melalui program ini.

"Apa saja yang kalian nafkahkan (sedekahkan) ataupun yang kalian nazarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat zalim, tidak ada seorang pun pelindung baginya. Apabila kalian menampakkan sedekah (kalian), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kalian. Dan Allah akan menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan-kesalahan kalian; dan Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan. (QS. Al Baqarah: 270-271).

Selengkapnya

Sukacita Puluhan Buruh dan Lansia di 20 Ilir D2 Palembang Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim

14 May 2024
gambar-headline

Rumah Yatim cabang Sumatera Selatan terus masif menyalurkan bantuan biaya hidup bagi masyarakat prasejahtera. Hal ini sebagai upaya membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hariannya di tengah keterbatasan ekonomi.

Pada Selasa (30/4), Rumah Yatim Sumsel menyalurkan bantuan biaya hidup di Kelurahan 20 Ilir D2, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang. Sebanyak 30 warga prasejahtera menerima bantuan tersebut dengan penuh sukacita.

“Alhamdulillah mereka senang dapat bantuan ini, karena mereka benar-benar membutuhan, kondisinya memang cukup memprihatinkan, apalagi di tengah harga sembako yang terus merangkak ini,” ujar Jejen Jatnika, kepala cabang Rumah Yatim Sumsel.

Ia menambahkan, pemerima manfaat bantuan ini terdiri dari buruh harian lepas dan lansia prasejahtera yang sudah tidak bekerja. Yang mana, menurutnya para buruh harian lepas tersebut pekerjaan dan penghasilannya tidak menentu.

“Upah yang mereka dapat tidak seberapa, sementara untuk lansianya, karena sudah tidak mampu bekerja, mereka hanya mengandalkan kebaikan sanak saudara dan tetangga” terangnya.

Jejen berharap, apa yang Rumah Yatim berikan bisa bermanfaat bagi semua yang menerimanya. Serta membantu meringankan beban mereka. “Mudah-mudahan semua sehat dan dilancarkan rezekinya,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan penyaluran bantuan ini diadakan di kantor kelurahan 20 Ilir D2. Dihadiri langsung oleh Lurah 20 Ilir D2 beserta jajarannya. Kegiatan Rumah Yatim ini mendapat apresiasi dari pihak pemerintah kelurahan 20 Ilir D2.

Selengkapnya

Puluhan Warga Dhuafa di Gampong Punge Jurong Banda Aceh Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim

26 March 2024

gambar-headline


Bantuan biaya hidup massif diberikan Rumah Yatim kepada masyarakat prasejahtera. Salah satunya yang dilakukan Rumah Yatim Cabang Aceh, pada Sabtu (23/3) kemarin.

Sebanyak 30 warga dhuafa di Gampong Punge Jurong, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh menerima bantuan tersebut. Bantuan ini disalurkan guna membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hariannya.

Menurut Azril, salah satu relawan Rumah Yatim Aceh, kegiatan penyaluran bantuan ini diadakan di kantor Keuchik Gampong Punge Jurong, dihadiri langsung oleh Keuchik (Lurah) setempat.

"Alhamdulillah para warga sangat senang dan bersyukur bisa menerima bantuan ini. Kata mereka bantuan yang diberikan Rumah Yatim sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Azril mengatakan jika para penerima manfaat merupakan warga yang benar-benar membutuhkan. Dimana mayoritas dari mereka sehari-harinya bekerja sebagai buruh harian lepas dengan penghasilan yang tidak menentu.

"Karena penghasilan yang didapat tidak menentu, mereka seringkali kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian keluarga, mereka sangat layak menerima bantuan ini," ungkapnya.

Azril berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat dan bisa meringankan beban ekonomi mereka. "Mudah-mudahan bantuan ini pun bisa menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala untuk para donatur yang telah menitipkan zakat, infak dan sedekahnya di Rumah Yatim," tutupnya.

Selengkapnya

Rumah Yatim Hadir Membantu Asti, Anak Tangguh Penjual Tisu Keliling di Makassar

20 March 2024

gambar-headline


Usia anak-anak merupakan masa emas untuk mengenyam pendidikan. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi Asti, sebab anak berusia 12 tahun ini terpaksa putus sekolah karena terkendala biaya.

Sejak ayahnya sakit dua tahun lalu, ditambah kondisi perekonomian yang sangat terbatas, Asti terpaksa putus sekolah dan memilih membantu ibunya mencari nafkah dengan jualan tisu keliling milik orang lain.

Setiap pagi sampai sore, Asti jualan tisu di persimpangan jalan. Penghasilan yang didapat Asti tidak menentu, kadang 10 ribu kadang pula 20 ribu, tergantung banyak tidaknya tisu yang terjual.

Kepada tim Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan, Asti bercerita jika ibunya bekerja sebagai buruh pembersih botol bekas dengan penghasilan 10 ribu perharinya. Penghasilan sang ibu yang kecil membuat Asti berkeinginan untuk membantu ibunya.

"Kalo aku ga kerja, ibu akan kesulitan beli beras, bayar kontrakan, pengobatan ayah dan memenuhi kebutuhan lainnya. Aku senang jualan karena bisa bantu ibu," kata Asti.

Lebih lanjut, Asti mengatakan jika dirinya sekolah hanya sampai kelas 4 SD. Sebenarnya ia sangat ingin sekali kembali sekolah agar bisa mewujudkan cita-citanya sebagai polwan.

"Aku pengen banget sekolah kak, pengen juga bawa ayah berobat biar ayah sembuh. Tapi mau gimana lagi, ibu ga punya uang buat sekolah aku," ujarnya.

Mengetahui kondisi tersebut, Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, untuk Asti.

Bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id , diberikan langsung di kediaman Asti di JL. Perintis, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

"Alhamdulillah Asti sangat senang ketika menerima bantuan ini. Kata dia bantuan ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga selama Ramadan, membawa berobat ayahnya dan jika ada sisa akan ditabung Asti untuk biaya masuk sekolah," ungkap Adam, salah satu relawan Rumah Yatim Sulawesi Selatan.

Adam mengucapkan banyak terima kasih kepada semua donatur yang telah membantu Asti melalui Rumah Yatim. Ia berharap bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat dan berkah untuk Asti dan keluarganya.

"Semoga bantuan ini bisa menjadi ladang pahala, kebaikan dan berkah untuk para donatur," harap Adam

Selengkapnya
Lebih banyak

Para #PejuangKebaikan

12048

Andhita Bintang

Rp 100.051
1 hari yang lalu
Doakan semoga keluarga saya diberikan banyak rezeki, diberikan kemudahan dalam segala urusan dan diangkat derajatnya, semoga saya juga diberikan kecerdasan dan bisa magang di pertamina dan kerja di big4. semoga saya lulus tepat waktu.

Hamba Allah

Rp 25.000
3 hari yang lalu

Hamba Allah

Rp 10.000
3 hari yang lalu

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Andhita Bintang avatar

Andhita Bintang

1 hari yang lalu
Doakan semoga keluarga saya diberikan banyak rezeki, diberikan kemudahan dalam segala urusan dan diangkat derajatnya, semoga saya juga diberikan kecerdasan dan bisa magang di pertamina dan kerja di big4. semoga saya lulus tepat waktu.
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

4 hari yang lalu
Mdh2an anak sy segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin.
diaminkan 0 kali
Bzbxd avatar

Bzbxd

4 hari yang lalu
Ya Allah, terimalah amal ibadah serta taubat kami. Bantu kami unk tdk mengulangi maksiat. Aamiin yaa mujibassailiin
diaminkan 0 kali
Zulhak tahirun avatar

Zulhak tahirun

5 hari yang lalu
Baguskan psikologis kami
diaminkan 0 kali
Anggraini ayu avatar

Anggraini ayu

5 hari yang lalu
Untuk alm ayah diampuni segala dosa2nya , diberikan tempat terbaik di alam kubur. Dimasukan kedalam surganya allah. Aamiin Dan semoga kesulitan ini sebagai bentuk penghapus dosa.
diaminkan 0 kali
Sutini Indriawati avatar

Sutini Indriawati

5 hari yang lalu
semoga bermanfaat
diaminkan 0 kali
Intan avatar

Intan

5 hari yang lalu
Semoga barokah. Aamiin
diaminkan 0 kali
bia avatar

bia

5 hari yang lalu
semoga menjadi berkah, dan pembuka rejeki agar bisa bersedekah lebih dari ini. aamiin yarabbal alamiin
diaminkan 0 kali
Dewi avatar

Dewi

5 hari yang lalu
semoga kami sekeluarga selalu dalam lindungan Allah SWT selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam setiap urusan . Semoga Allah SWT ijabah segala hajat dan dilancarkan rizkinya Aamiin Yaa Rabbal Alamiin
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

5 hari yang lalu
Semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.