Zakat Maal

Yaitu nishab zakat emas sebesar 20 dinar emas 85 gram dengan haul selama satu tahun dan kadar 2,5%.
Rp 1.801.642.217
Terkumpul dari
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

Yaitu nishab zakat emas sebesar 20 dinar emas (85 gram) dengan haul selama satu tahun dan kadar 2,5%.
Deskripsi Lengkap
Hadist yang diriwayatkan dari Ali ra, dia berkata, telah bersabda Rasulullah saw:
“Jika kamu mempunyai 200 dirham dan sudah cukup setahun maka zakatnya adalah 5 dirham, dan emas hanya dikenakan zakat bila sudah mencapai 20 dinar dan sudah cukup setahun, maka zakatnya adalah ½ dinar setiap bertambah maka dengan hitungan tersebut. Tidak wajib zakat kecuali sampai cukup masa setahun”. (H.R Abu Daud)
Kategori Zakat Emas dan Perak
Harta lain yang juga termasuk kategori emas dan perak :
  1. 1. Logam/batu mulia dan Mata uang
  2. 2. Simpanan seperti : Tabungan, deposito, cek atau surat berharga lainnya.
Syarat Zakat Emas & Perak
  • a. Sampai nishob.
  • b. Berlalu satu tahun.
  • c. Bebas dari hutang yang menyebabkan kurang dari nishob.
  • d. Surplus dari kebutuhannya.
    • - Jika perhiasan tersebut sebagai simpanan atau investasi, wajib dikeluarkan zakatnya 2.5% dengan syarat nishob dan haul.
    • - Perhiasan yang haram digunakan dan terbuat dari emas & perak, wajib dikeluarkan zakatnya.
    • - Jika perhiasan tersebut untuk dipakai dan dalam batas yang wajar, tidak dikenakan zakat, jika berlebihan termasuk katagori pertama.
    • - Penentuan nishabnya adalah senilai dengan nishab emas 85 gram.
Nishab dan kadar zakat emas, perak dan uang
  • 1. Nishab emas 20 dinar, 1 dinar = 4,25 gram, maka nishab emas adalah 20 X 4,25 gram = 85 gram.
  • 2. Nishab Perak adalah 200 dirham, 1 dirham = 2,975 gram, maka nishab perak adalah 200 X 2,975 gram = 595 gram.
  • 3. Demikian juga macam jenis harta yang merupakan harta simpanan dan dapat dikategorikan dalam emas dan perak, seperti uang tunai, tabungan, cek, saham, surat berharga ataupun bentuk lainnya. Maka nishab dan zakatnya sama dengan ketentuan emas dan perak. Artinya jika seseorang memiliki bermacam-macam bentuk harta dan jumlah akumulasinya lebih besar atau sama dengan nishab (85 gram emas) maka ia telah terkena kewajiban zakat (2.5%).
Selengkapnya

Jadi Fundraiser

calamrmt@gmail.com

Calam

Rp 360.132

3 orang berhasil diajak

Terhimpun
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Rp 92.643.004

40 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Berita Penyaluran

Program Dirilis

21 Apr 2020

Rumah Yatim Jabodetabek Salurkan Bantuan Kesehatan untuk Kesembuhan Nur Faaz

20 May 2024
gambar-headline

Rumah Yatim Jabodetabek telah berhasil melakukan aksi kebaikan dengan menyalurkan bantuan kesehatan untuk Nur Faaz Al Fatih pada Selasa, (14/05/24).

Bantuan kesehatan ini diberikan secara langsung oleh tim relawan Rumah Yatim Jabodetabek kepada Nur Faaz Al Fatih di kediamannya tepatnya di Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Nur Faaz Al Fatih adalah anak dari pasangan suami istri Ibu Yoyoh dan Bapak Nurkholis seorang petugas kebersihan. Nur Faaz mengalami kelainan yaitu terlahir tanpa anus.

Bayi yang lahir pada Jum'at (30/12/2022) dan diberi bernama Nur Faaz Al Fatih tersebut selalu merasa kesakitan saat mengeluarkan feses.

Ibu Yoyoh mengatakan bahwa pada saat masa kehamilan anak ketiganya itu dirinya selalu rajin pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan, hasilnya juga tidak ditemukan kelainan. Akan tetapi tak disangka, setelah lahir diketahui buah hatinya tersebut tidak memiliki lubang anus.

Pihak Rumah sakit melakukan tindakan operasi pembuangan kotoran melalui selang saluran diperut dan ditampung menggunakan kantong stoma karena kondisi tersebut.

Setiap satu bulan sekali harus melakukan kontrol ke Rumah sakit untuk mengetahui perkembangannya, kendala yang dihadapi ialah biaya untuk kebutuhan sehari-hari seperti kantong stoma, cairan pembersih (cairan infus), susu, pampers dan kain kasa.

Pembiayaan untuk penanganan Rumah Sakit ditanggung BPJS, tetapi kebutuhan diluar itu sangatlah berat, sebab ketersediaan kebutuhannya sangat banyak dan memerlukan biaya yang besar, dan juga transport ke Rumah sakit setiap bulannya.

“Setiap bulan kontrol itupun jika tidak ada kendala pada bayinya, jika ada kendala harus segera dibawa ke rumah sakit, kalau suami belum gajian terpaksa saya cari pinjaman, karena harus segera ditangani," ujar Ibu Yoyoh.

Rumah Yatim Jabodetabek berinisiatif untuk memberikan bantuan kesehatan kepada Nur Faaz, demi meringankan beban keluarganya dan membantu kesembuhan Nur Faaz.

Kedua orang tua Nur Faaz sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tim Rumah Yatim Jabodetabek dan juga kepada para donatur yang telah berbaik hati telah peduli terhadap kesembuhan anaknya.

Semoga bantuan kesehatan ini dapat bermanfaat untuk Nur Faaz dan semoga penyakitnya segera disembuhkan oleh Allah SWT, serta mampu mendatangkan keberkahan rezeki bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim Sumatera Utara Bantu Penyembuhan Luka Bakar Agus Bayi yang Tersiram Air Panas

18 May 2024
gambar-headline

Pada Selasa, (07/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara adalah menyalurkan program kesehatan bantuan peduli sehat untuk bayi Agus.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Dengan bantuan yang diberikan ialah berupa uang tunai yang langsung disalurkan kepada Rizal, ayah dari bayi Agus.

Agus, adalah seorang bayi 1 tahun yang harus menahan sakit karena luka bakar yang ada di tubuh mungilnya. Sekitar satu bulan yang lalu badannya tersiram air panas sehingga mengakibatkan melepuh sekitar 56%.

Pada waktu itu ibunya sedang memasak air panas ketika menuangkan air ke dalam termos tiba-tiba termos tersebut jatuh mengenai tubuh Agus.

Agus langsung dilarikan ke rumah sakit untuk diobati. Saat ini ia telah dirawat selama sebulan lamanya dengan sebanyak 3 kali operasi.

Ayahnya, Rizal (44) hanya sebagai tukang parkir dengan upah yang tidak menentu ia harus menyiapkan uang sebesar Rp100.000 setiap hari supaya bisa membeli salep, vitamin dan susu khusus anaknya.

Segala upaya telah dilakukan oleh pak Rizal dan istrinya demi anaknya sembuh, sampai ia harus mengutang ke orang lain sebesar 5 juta rupiah dan belum lunas sampai sekarang.

Sekarang ini, Agus bersama ibunya sedang melakukan pengobatan alternatif, guna menyembuhkan lukanya.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi pengobatan Agus, dan cepat diberikan kesembuhan, Aamiin.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim Jabodetabek Bantu Kesembuhan Reza Pengidap Kanker Kulit Sembuh

16 May 2024
gambar-headline

Rumah Yatim Jabodetabek tidak pernah berhenti untuk selalu peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi mereka.

Pada Ahad, (05/05/24) Rumah Yatim Jabodetabek kembali menyalurkan program kesehatan bantuan peduli sesama kepada Reza sebagai penerima manfaat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Program kesehatan bantuan peduli sesama ini disalurkan secara langsung oleh tim Rumah Yatim Jabodetabek di kediamannya Reza yang beralamat di Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Adapun jenis bantuan yang diberikan kali ini ialah berupa santunan uang tunai yang akan digunakan untuk biaya pengobatan dan kebutuhan sehari-hari Reza.

Reza (23) adalah seorang remaja yang kondisinya sangat memperhatikan hanya terbaring, tidak mampu duduk karena kanker kulit yang menggerogoti tubuhnya semakin akut.

Dari usianya 7 tahun, Reza divonis menderita kanker kulit, tindakan operasi sudah 5 kali dijalani, tetapi penyakit yang dideritanya belum juga sembuh.

Kondisinya semakin menyedihkan karena dalam keadaan ia berjuang tidak ditemani oleh sosok ayah. Ia hanya didampingi oleh kasih sayang ibu yang setiap hari merawatnya dengan kesabaran.

Tindakan medis telah dilaksanakan bahkan sampai sekarang telah menjalani lima kali operasi pengangkatan sel kanker, tetapi hasilnya belum memperlihatkan kesembuhan.

Ibu Siti Chodijah sang ibu bekerja banting tulang setiap hari sebagai driver ojek online demi mencari rezeki agar kebutuhan anaknya dapat terpenuhi.

Berkat diberikannya program bantuan peduli sesama dari Rumah Yatim Jabodetabek, Reza sangat terbantu sekali dan kebutuhan kesehatannya dapat terpenuhi.

Semoga bantuan ini bisa meringankan beban hidup mereka dan penyakit yang diderita Reza cepat diangkat oleh Allah SWT, serta menjadikan pahala yang mengalir bagi para pejuang kebaikan yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim NTB Melalui Program Peduli Sehat, Penuhi Kebutuhan Kesehatan Puluhan Penderita Penyakit

14 May 2024
gambar-headline

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat tidak pernah berhenti untuk selalu melakukan aksi kebaikan yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada Selasa, (30/04/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat telah berhasil menyalurkan program kesehatan peduli sehat untuk masyarakat yang menderita penyakit.

Program kesehatan peduli sehat ini disalurkan oleh tim relawan Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat di dua lokasi berbeda, lokasi pertama tepatnya di Kelurahan Monjok dan Monjok Timur, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kemudian lokasi kedua dilaksanakan di Kelurahan Sayang sayang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bantuan peduli sehat ini diberikan kepada puluhan mustahik penderita penyakit.

Dengan jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa pemenuhan nutrisi dan gizi serta santunan uang tunai.

Para mustahik pun sangat berterimakasih atas bantuan yang disalurkan oleh tim relawan Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat dan para donatur yang telah menunjukkan kepeduliannya.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ  ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

Semoga bantuan yang disalurkan bermanfaat bagi para penerima manfaat dan menjadi keberkahan dan amal jariyah bagi para donatur, Aamiin.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Puluhan Penderita Penyakit di 4 Kecamatan di Kota Bandung Terima Bantuan Program Peduli Sehat

26 March 2024

gambar-headline


Pada Senin, (25/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah berhasil menyalurkan program kesehatan peduli sehat untuk masyarakat penderita penyakit yang membutuhkan.

Tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat mengunjungi secara langsung kediaman masyarakat yang menderita penyakit untuk menyerahkan bantuan peduli sehat di empat Kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat diantaranya yaitu Kecamatan Bandung Kidul, Kecamatan Buah Batu, Kecamatan Kiaracondong, Ciumbuleuit Kecamatan Cidadap.

Bantuan peduli sehat ini diberikan secara langsung kepada puluhan orang penderita penyakit berat yang merupakan para lansia dan dhuafa, sebagai bentuk dukungan akan kesembuhan para mustahik.

Adapun bantuan yang diberikan ialah berupa buah-buahan dan santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yang lainnya.

Para mustahik sangat bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan ini, mereka pun menjadi terbantu sekali, karena akhirnya bisa memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi serta kebutuhan kesehatan yang lainnya.

“Barang siapa menolong orang yang sangat membutuhkan, maka Allah mencatatnya sebanyak 73 ampunan. Satu ampunan terdapat kebaikan semua masalahnya, yang 72 (menaikkan) derajatnya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Baihaqi).

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para mustahik dan penyakit yang diderita mereka cepat diangkat dan disembuhkan oleh Allah SWT, serta menjadikan keberkahan juga bagi para donatur yang telah peduli membantu dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim Bantu Kesembuhan Fiya Bayi Penderita Tumor Kelenjar Melalui Program Peduli Sehat

22 March 2024

gambar-headline


Pada Kamis, (21/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah berhasil melaksanakan penyaluran program kesehatan peduli sehat untuk Fiya sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat memberikan bantuan kesehatan peduli sehat ini secara langsung di kediamannya Fiya yang beralamat di Kp. Panglayungan, Desa Bojonggambir, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Dengan jenis bantuan yang diberikan berupa santunan uang tunai dan penunjang kebutuhan dek Fiya yang lainnya.

Fiya usianya 1 tahun, awalnya ia terlahir dalam kondisi normal akan tetapi, saat usianya 2 bulan kedua orang tuanya melihat terdapat benjolan kecil dibagian tulang ekornya.

Adanya benjolan tersebut membuat bayi kecil ini menjadi kesulitan untuk buang air besar dan akhirnya dirujuk ke salah satu rumah sakit di Bandung.

Setelah diperiksa Dokter pun menyatakan Fiya menderita tumor kelenjar di bagian tulang ekor.

Sekarang sudah setahun Fiya melaksanakan pengobatan, namun kondisi sekarang kendala BPJS yang dulunya dibayar oleh pemerintah, saat ini harus ditanggung sendiri dengan memakai BPJS berbayar, sebab BPJS pemerintah sudah tidak aktif.

Ayah Fiya, Pak Suherman hanya sebagai buruh di kebun punya orang lain. Tetapi selama anaknya melaksanakan pengobatan, Ia harus berhenti bekerja dan mencari pekerjaan lain demi pengobatan anaknya, apapun dikerjakan oleh Pak Suherman demi kesembuhan anaknya.

Semua usaha telah dilakukan oleh orang tuanya demi berobat, bahkan mereka harus meminjam uang ke tetangganya dan perhiasan juga telah dijual demi pengobatan dan kesembuhan anaknya.

Berkat program kesehatan peduli sehat ini, Fiya dan kedua orang tuanya sangat terbantu sekali, karena pengobatan dan kebutuhan Fiya dapat terpenuhi.

Kedua orang tua Fiya sangat berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat yang telah mendistribusikan bantuan ini serta kepada para donatur yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya demi membantu kesembuhan Fiya melalui program ini.

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk Fiya dan segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya
Lebih banyak

Para #PejuangKebaikan

1542

Hamba Allah

Rp 20.044
2 hari yang lalu
Dilunaskan Dari segala hutang dan rejeki berlimpah

Hamba Allah

Rp 11.000.041
2 minggu yang lalu
Bismillah semoga Allah berkahi dan ridhai zakat maall ini, Aamiin Allahumma Aamiin🤲🏻

Alm Fariyati Binti Sutimin

Rp 10.000
3 minggu yang lalu
Doa utk Alm Fariyati Binti Sutimin diampunin sgl kslhn&dosa2 nya dilindungin dr azab kubur dijauhin dr siksa neraka diterangin kuburannya ditempatkan disurga dan tmpt yg indah disisi Allah SWT Aamiin 🤲

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Aldy avatar

Aldy

2 hari yang lalu
Dilunaskan Dari segala hutang dan rejeki berlimpah
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

2 minggu yang lalu
Bismillah semoga Allah berkahi dan ridhai zakat maall ini, Aamiin Allahumma Aamiin🤲🏻
diaminkan 1 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

2 minggu yang lalu
Bismillah semoga zakat Maal ini di redhoi Allah 😭🤲🏻, Aamiin Aklahumma Aamiin
diaminkan 1 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

2 minggu yang lalu
Bismillah semoga zakat Maal ini di redhoi Allah 😭🤲🏻, Aamiin Aklahumma Aamiin
diaminkan 1 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

2 minggu yang lalu
Bismillah semoga zakat Maal ini di redhoi Allah 😭🤲🏻, Aamiin Aklahumma Aamiin
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

2 minggu yang lalu
Bismillah semoga zakat Maal ini di redhoi Allah 😭🤲🏻, Aamiin Aklahumma Aamiin
diaminkan 0 kali
Alm Fariyati Binti Sutimin avatar

Alm Fariyati Binti Sutimin

3 minggu yang lalu
Doa utk Alm Fariyati Binti Sutimin diampunin sgl kslhn&dosa2 nya dilindungin dr azab kubur dijauhin dr siksa neraka diterangin kuburannya ditempatkan disurga dan tmpt yg indah disisi Allah SWT Aamiin 🤲
diaminkan 1 kali
Filda avatar

Filda

3 minggu yang lalu
Semoga zakat maal ini Barakah dan bisa mensucikan harta yg teraisa serta bermanfaat buat penerima.. Aamiin Allahumma Aamiin
diaminkan 1 kali
Filda avatar

Filda

3 minggu yang lalu
Bismillah..semoga zakat mal ini Barakah bisa membersihkan harta yg tersisa dan bermanfaat untuk yg menerima Aamiin
diaminkan 0 kali
fikar avatar

fikar

1 bulan yang lalu
Zakat Maal atas nama Dzulfikar Arif. mohon disalurkan ke yang berhak (fakir/miskin).
diaminkan 1 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.