QzVus5VGrx3TcBBu5mdbeiBCAPjyJeQUibaVMGQL

Zakat Maal

Yaitu nishab zakat emas sebesar 20 dinar emas 85 gram dengan haul selama satu tahun dan kadar 2,5%.

Rp 1.721.221.406
dana terus dikumpul
Terkumpul Rp 1.721.221.406
Donatur 1522
Gotong royong dengan menyebarkan program ini.

Yaitu nishab zakat emas sebesar 20 dinar emas (85 gram) dengan haul selama satu tahun dan kadar 2,5%.

Deskripsi Lengkap

Hadist yang diriwayatkan dari Ali ra, dia berkata, telah bersabda Rasulullah saw:

“Jika kamu mempunyai 200 dirham dan sudah cukup setahun maka zakatnya adalah 5 dirham, dan emas hanya dikenakan zakat bila sudah mencapai 20 dinar dan sudah cukup setahun, maka zakatnya adalah ½ dinar setiap bertambah maka dengan hitungan tersebut. Tidak wajib zakat kecuali sampai cukup masa setahun”. (H.R Abu Daud)

Kategori Zakat Emas dan Perak

Harta lain yang juga termasuk kategori emas dan perak :

  1. 1. Logam/batu mulia dan Mata uang
  2. 2. Simpanan seperti : Tabungan, deposito, cek atau surat berharga lainnya.

Syarat Zakat Emas & Perak

  • a. Sampai nishob.
  • b. Berlalu satu tahun.
  • c. Bebas dari hutang yang menyebabkan kurang dari nishob.
  • d. Surplus dari kebutuhannya.
    • - Jika perhiasan tersebut sebagai simpanan atau investasi, wajib dikeluarkan zakatnya 2.5% dengan syarat nishob dan haul.
    • - Perhiasan yang haram digunakan dan terbuat dari emas & perak, wajib dikeluarkan zakatnya.
    • - Jika perhiasan tersebut untuk dipakai dan dalam batas yang wajar, tidak dikenakan zakat, jika berlebihan termasuk katagori pertama.
    • - Penentuan nishabnya adalah senilai dengan nishab emas 85 gram.

Nishab dan kadar zakat emas, perak dan uang

  • 1. Nishab emas 20 dinar, 1 dinar = 4,25 gram, maka nishab emas adalah 20 X 4,25 gram = 85 gram.
  • 2. Nishab Perak adalah 200 dirham, 1 dirham = 2,975 gram, maka nishab perak adalah 200 X 2,975 gram = 595 gram.
  • 3. Demikian juga macam jenis harta yang merupakan harta simpanan dan dapat dikategorikan dalam emas dan perak, seperti uang tunai, tabungan, cek, saham, surat berharga ataupun bentuk lainnya. Maka nishab dan zakatnya sama dengan ketentuan emas dan perak. Artinya jika seseorang memiliki bermacam-macam bentuk harta dan jumlah akumulasinya lebih besar atau sama dengan nishab (85 gram emas) maka ia telah terkena kewajiban zakat (2.5%).
21 Apr 2020

Program Dirilis

26 March 2024

Puluhan Penderita Penyakit di 4 Kecamatan di Kota Bandung Terima Bantuan Program Peduli Sehat

gambar-headline


Pada Senin, (25/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah berhasil menyalurkan program kesehatan peduli sehat untuk masyarakat penderita penyakit yang membutuhkan.

Tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat mengunjungi secara langsung kediaman masyarakat yang menderita penyakit untuk menyerahkan bantuan peduli sehat di empat Kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat diantaranya yaitu Kecamatan Bandung Kidul, Kecamatan Buah Batu, Kecamatan Kiaracondong, Ciumbuleuit Kecamatan Cidadap.

Bantuan peduli sehat ini diberikan secara langsung kepada puluhan orang penderita penyakit berat yang merupakan para lansia dan dhuafa, sebagai bentuk dukungan akan kesembuhan para mustahik.

Adapun bantuan yang diberikan ialah berupa buah-buahan dan santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yang lainnya.

Para mustahik sangat bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan ini, mereka pun menjadi terbantu sekali, karena akhirnya bisa memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi serta kebutuhan kesehatan yang lainnya.

“Barang siapa menolong orang yang sangat membutuhkan, maka Allah mencatatnya sebanyak 73 ampunan. Satu ampunan terdapat kebaikan semua masalahnya, yang 72 (menaikkan) derajatnya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Baihaqi).

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para mustahik dan penyakit yang diderita mereka cepat diangkat dan disembuhkan oleh Allah SWT, serta menjadikan keberkahan juga bagi para donatur yang telah peduli membantu dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

22 March 2024

Rumah Yatim Bantu Kesembuhan Fiya Bayi Penderita Tumor Kelenjar Melalui Program Peduli Sehat

gambar-headline


Pada Kamis, (21/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah berhasil melaksanakan penyaluran program kesehatan peduli sehat untuk Fiya sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat memberikan bantuan kesehatan peduli sehat ini secara langsung di kediamannya Fiya yang beralamat di Kp. Panglayungan, Desa Bojonggambir, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Dengan jenis bantuan yang diberikan berupa santunan uang tunai dan penunjang kebutuhan dek Fiya yang lainnya.

Fiya usianya 1 tahun, awalnya ia terlahir dalam kondisi normal akan tetapi, saat usianya 2 bulan kedua orang tuanya melihat terdapat benjolan kecil dibagian tulang ekornya.

Adanya benjolan tersebut membuat bayi kecil ini menjadi kesulitan untuk buang air besar dan akhirnya dirujuk ke salah satu rumah sakit di Bandung.

Setelah diperiksa Dokter pun menyatakan Fiya menderita tumor kelenjar di bagian tulang ekor.

Sekarang sudah setahun Fiya melaksanakan pengobatan, namun kondisi sekarang kendala BPJS yang dulunya dibayar oleh pemerintah, saat ini harus ditanggung sendiri dengan memakai BPJS berbayar, sebab BPJS pemerintah sudah tidak aktif.

Ayah Fiya, Pak Suherman hanya sebagai buruh di kebun punya orang lain. Tetapi selama anaknya melaksanakan pengobatan, Ia harus berhenti bekerja dan mencari pekerjaan lain demi pengobatan anaknya, apapun dikerjakan oleh Pak Suherman demi kesembuhan anaknya.

Semua usaha telah dilakukan oleh orang tuanya demi berobat, bahkan mereka harus meminjam uang ke tetangganya dan perhiasan juga telah dijual demi pengobatan dan kesembuhan anaknya.

Berkat program kesehatan peduli sehat ini, Fiya dan kedua orang tuanya sangat terbantu sekali, karena pengobatan dan kebutuhan Fiya dapat terpenuhi.

Kedua orang tua Fiya sangat berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat yang telah mendistribusikan bantuan ini serta kepada para donatur yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya demi membantu kesembuhan Fiya melalui program ini.

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk Fiya dan segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

18 March 2024

Rumah Yatim Serahkan Santunan Uang Tunai Guna Bantu Kesembuhan Rizki Penderita Tumor Mulut

gambar-headline


Pada Jum'at, (15/03/24) tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Jawa Barat masih semangat untuk melakukan aksi kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan di bulan yang penuh keberkahan.

Tim relawan Rumah Yatim Jawa Barat kembali menyalurkan program kesehatan peduli sehat untuk Rizki di kediamannya yang beralamat di Kp Kalelega Rt 03 Rw 09 Desa Pasir Mulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dengan jenis bantuan yang diberikan kali ini ialah berupa bantuan santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan pengobatan Rizki.

Rizki terhenti pengobatannya selama 6 tahun, dan tim Rumah Yatim Jawa Barat di kesempatan sebelumnya telah mendampingi Rizki mulai dari pendaftaran di Puskesmas, pelunasan BPJS, hingga rujukan ke RS Oto Iskandar Dinata di Kabupaten Soreang.

Rizki (15) merupakan anak yang mengalami penyakit pembengkakan lidah atau tumor mulut. Tumor ini terjadi sejak ia kecil. Saat umurnya 3 tahun, operasi sudah pernah dilaksanakan. Akan tetapi sayangnya, lidahnya terus membesar, membuatnya kesusahan pada saat makan dan berbicara.

Rizki harus terus berjuang sejak usia 3 tahun melawan penyakitnya. Bukan hanya itu tak jarang ia sering diejek oleh teman-teman nya sebab kondisi yang dialaminya.

Ibunya Rosmiati (38) hanya seorang ibu rumah tangga yang tidak bisa bekerja karena ia juga harus merawat anak nya yang masih kecil berusia 2 tahun.

Pak Aep (40) ayahnya Rizki, mencari nafkah dengan menjadi seorang kuli bangunan dengan upah yang tak menentu. Dalam sehari pak Aep hanya memperoleh Rp50.000 sampai Rp100.000 perhari. Ia tidak patah semangat untuk tetap melakukan kontrol rutin terhadap anak laki-lakinya, dengan segala usaha pak Aep ingin Rizki sembuh meskipun penghasilan pak Aep kecil tetapi pak Aep selalu berusaha untuk dapat terus melakukan kontrol rutin demi membantu penyembuhan Rizki.

Rizki dan keluarganya sangat bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan peduli sehat dari Rumah Yatim Jawa Barat. Bantuan ini sangat membantu Rizki dan keluarganya.

Rizki juga berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Jawa Barat serta kepada para pejuang kebaikan yang telah peduli terhadap kesembuhannya dengan berpartisipasi dalam program ini.

Semoga perjuangan ini membawa kesembuhan bagi Rizki serta mendatangkan keberkahan bagi para donatur yang telah berbagi rezekinya melalui program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

15 March 2024

Dukung Kesembuhan Rahayu Bocah Penderita 3 Penyakit Sekaligus dengan Program Peduli Sehat

gambar-headline

Pada Rabu, (13/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah berhasil menyalurkan program kesehatan peduli sehat untuk Rahayu sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek mengunjungi kediamannya Rahayu yang beralamat di Kampung Kosambi, Desa Kosambi Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang Banten, untuk menyalurkan program kesehatan peduli sehat ini secara langsung.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Dengan jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Rahayu dan untuk membantu pengobatannya.

Rahayu, bocah 3 tahun yang sejak kecil harus berjuang melawan penyakit yang dideritanya sampai saat ini.

Pada mulanya sejak usianya 8 bulan Rahayu mengalami demam tinggi sampai kejang. Kedua orang tuanya juga langsung memeriksakan kondisi anaknya tersebut ke rumah sakit.

Menurut dokter Rahayu menderita cerebral palsy, hidrosefalus dan meningitis yang mengharuskan ia melakukan perawatan di rumah sakit.

Pengobatan juga telah berjalan selama 2 tahun, apapun dilakukan oleh kedua orang tuanya demi anaknya bisa sembuh.

Akan tetapi setahun ini pengobatan harus terhenti, sebab tidak adanya biaya dan Rahayu hanya bisa dirawat di rumah saja oleh orang tuanya.

Sekarang kondisi Rahayu hanya terbaring lemah di tempat tidur, kondisi tubuhnya kaku. Ayahnya hanya bekerja sebagai kuli bangunan, upah yang diperoleh juga tidak menentu. Hasil upahnya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Apapun dilakukan oleh kedua orang tuanya demi kesembuhan anaknya, bahkan kendaraan dan perhiasan satu-satunya juga telah dijual demi pengobatan Rahayu.

Rumah Yatim regional Jabodetabek berinisiatif untuk membantu pengobatan dan kesembuhan Rahayu melalui program kesehatan peduli sehat ini.

Orang tua Rahayu sangat bahagia dan bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan ini. Serta mereka pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada para pejuang kebaikan yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Rahayu dan semoga cepat diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

13 March 2024

Kembali Menyalurkan Kepedulian untuk Alfa Rizki, Bayi Penderita Jantung Bocor di Makassar

gambar-headline


Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan kembali menyalurkan bantuan peduli sesama berupa uang tunai untuk Alfa Rizki, bayi berusia 1,5 tahun penderita jantung bocor di Jl. Borong Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id . Bantuan diberikan untuk memenuhi kebutuhan dan biaya pengobatan Alfa.

Menurut penuturan Yudi, salah satu relawan Rumah Yatim Sulsel, bantuan diberikan langsung kepada Alfa dan ibunya di rumah sakit Primaya dikarenakan Alfa Riski saat itu tengah dirawat disana.

Raut wajah bahagia ditunjukan ibu Alfa ketika menerima bantuan ini. Tidak lupa ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim khususnya para donatur yang telah memberikan bantuan ini.

"Alfa sudah dua hari di Rawat di rumah sakit karena kondisinya ngedrop. Alhamdulillah saat ini kondisinya sudah membaik, untuk kedepannya Alfa harus kontrol ke rumah sakit setiap seminggu sekali," ujarnya.

Lebih lanjut, Yudi mengatakan jika bantuan ini nantinya akan digunakan ibu Alfa untuk membeli semua kebutuhan Alfa dan untuk ongkos kontrol Alfa ke rumah sakit

"Karena jarak ke rumah sakit jauh yakni 15 KM, jadi ibu dan ayah Alfa harus menyiapkan uang untuk ongkos kontrol dan kebutuhan lainnya selama di rumah sakit," ungkapnya.

Ia berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat, berkah dan bisa membantu kesembuhan Alfa Riski. "Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu meringankan beban orang tua Alfa Riski. Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah membantu Alfa melalui Rumah Yatim. Semoga kebaikan para donatur dibalas oleh Allah dengan sebaik-baiknya balasan," tuturnya.

Diketahui, Alfa didiagnosis menderita jantung bocor sejak lahir. Pada waktu itu, pihak dokter menyarankan agar Alfa segera melakukan tindakan operasi.

Namun apa daya, penghasilan orang tuanya dari memulung tidak seberapa membuat pengobatan Alfa terhambat. Jangankan untuk operasi dan biaya berobat, untuk makan pun mereka seringkali kesulitan.

Ibu m dan ayah Alfa setiap hari memulung barang sembari membawa Alfa, sebab mereka tidak tega meninggalkan Alfa dirumah bersama ketiga kakaknya yang masih kecil-kecil.

Sebelum kerja mencari rongsokan, ayah Alfa bekerja sebagai pengemudi ojol, namun dikarenakan motor yang dimilikinya sudah dijual untuk biaya pengobatan Alfa, akhirnya ayah Alfa tidak bisa bekerja jadi ojol lagi.

04 March 2024

Rumah Yatim Salurkan Bantuan Peduli Sehat pada Lansia dan Anak-anak Penderita Penyakit di Braga

gambar-headline


Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat tak henti-hentinya untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada Senin, (04/03/24) tim Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah menyalurkan program kesehatan bantuan peduli sehat kepada masyarakat penderita penyakit.

Tim relawan Rumah Yatim Jawa Barat menyalurkan program kesehatan peduli sehat ini di Kelurahan Braga RW 04, 05, 09 dan 08, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Bantuan peduli sehat ini diberikan kepada para lansia dan anak-anak penderita penyakit yang begitu membutuhkan bantuan, agar kebutuhan kesehatannya dapat tercukupi.

Dalam penyaluran program kemanusiaan peduli sehat kali ini relawan yang tergabung ialah TKSK, IPSM, Kesos Kelurahan, dan RBM.

Para penerima manfaat sangat bersyukur dan bahagia sekali mendapatkan bantuan dari Rumah Yatim Jawa Barat, sehingga kebutuhan kesehatan seperti nutrisi dan gizi mereka bisa terpenuhi.

Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi para penerima manfaat, serta menjadikan pahala mengalir bagi para donatur yang telah menunjukkan kepeduliannya melalui program ini.

"Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, tidak menzaliminya, tidak menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa yang berusaha untuk (memenuhi) keperluan saudaranya, maka Allah akan mencukupkan keperluannya. Barang siapa yang melepaskan suatu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah akan melepaskan darinya kesulitan dari kesulitan-kesulitan pada hari Kiamat. Barang siapa yang menutupi (aib) seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi (aibnya) pada hari Kiamat." (HR. Al-Bukhari)

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

calamrmt@gmail.com

Calam

Berhasil mengajak 3 orang untuk berdonasi
Rp 360.132
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Berhasil mengajak 34 orang untuk berdonasi
Rp 70.082.869

Gotong royong sebagai fundraiser program ini.

Jadi fundraiser sekarang juga
Avatar of Hamba Allah

Bsnens

Sebesar Rp 50.000

Pada: 1 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Dewi

Sebesar Rp 10.009

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 10.000.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 100.020

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Ira Purbosari Sundari

Sebesar Rp 10.000

Pada: 3 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 500.000

Pada: 3 hari yang lalu

Allohumma yaa bariik...barokallahu fiik

Ketentuan Program donatur rutin adalah anda akan memperoleh pemberitauan/ pengingat untuk berdonasi sesuai kesepakatan waktu dalam mengingatkan baik melalui no HP maupun email sesuai yang anda cantumkan.

Jadi donatur rutin sekarang juga

Fundraiser

calamrmt@gmail.com

Calam

Berhasil mengajak 3 orang untuk berdonasi
Rp 360.132
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Berhasil mengajak 34 orang untuk berdonasi
Rp 70.082.869

Gotong royong sebagai fundraiser program ini.

Jadi fundraiser sekarang juga

Berita

21 Apr 2020

Program Dirilis

26 March 2024

Puluhan Penderita Penyakit di 4 Kecamatan di Kota Bandung Terima Bantuan Program Peduli Sehat

gambar-headline


Pada Senin, (25/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah berhasil menyalurkan program kesehatan peduli sehat untuk masyarakat penderita penyakit yang membutuhkan.

Tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat mengunjungi secara langsung kediaman masyarakat yang menderita penyakit untuk menyerahkan bantuan peduli sehat di empat Kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat diantaranya yaitu Kecamatan Bandung Kidul, Kecamatan Buah Batu, Kecamatan Kiaracondong, Ciumbuleuit Kecamatan Cidadap.

Bantuan peduli sehat ini diberikan secara langsung kepada puluhan orang penderita penyakit berat yang merupakan para lansia dan dhuafa, sebagai bentuk dukungan akan kesembuhan para mustahik.

Adapun bantuan yang diberikan ialah berupa buah-buahan dan santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yang lainnya.

Para mustahik sangat bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan ini, mereka pun menjadi terbantu sekali, karena akhirnya bisa memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi serta kebutuhan kesehatan yang lainnya.

“Barang siapa menolong orang yang sangat membutuhkan, maka Allah mencatatnya sebanyak 73 ampunan. Satu ampunan terdapat kebaikan semua masalahnya, yang 72 (menaikkan) derajatnya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Baihaqi).

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para mustahik dan penyakit yang diderita mereka cepat diangkat dan disembuhkan oleh Allah SWT, serta menjadikan keberkahan juga bagi para donatur yang telah peduli membantu dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

22 March 2024

Rumah Yatim Bantu Kesembuhan Fiya Bayi Penderita Tumor Kelenjar Melalui Program Peduli Sehat

gambar-headline


Pada Kamis, (21/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah berhasil melaksanakan penyaluran program kesehatan peduli sehat untuk Fiya sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat memberikan bantuan kesehatan peduli sehat ini secara langsung di kediamannya Fiya yang beralamat di Kp. Panglayungan, Desa Bojonggambir, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Dengan jenis bantuan yang diberikan berupa santunan uang tunai dan penunjang kebutuhan dek Fiya yang lainnya.

Fiya usianya 1 tahun, awalnya ia terlahir dalam kondisi normal akan tetapi, saat usianya 2 bulan kedua orang tuanya melihat terdapat benjolan kecil dibagian tulang ekornya.

Adanya benjolan tersebut membuat bayi kecil ini menjadi kesulitan untuk buang air besar dan akhirnya dirujuk ke salah satu rumah sakit di Bandung.

Setelah diperiksa Dokter pun menyatakan Fiya menderita tumor kelenjar di bagian tulang ekor.

Sekarang sudah setahun Fiya melaksanakan pengobatan, namun kondisi sekarang kendala BPJS yang dulunya dibayar oleh pemerintah, saat ini harus ditanggung sendiri dengan memakai BPJS berbayar, sebab BPJS pemerintah sudah tidak aktif.

Ayah Fiya, Pak Suherman hanya sebagai buruh di kebun punya orang lain. Tetapi selama anaknya melaksanakan pengobatan, Ia harus berhenti bekerja dan mencari pekerjaan lain demi pengobatan anaknya, apapun dikerjakan oleh Pak Suherman demi kesembuhan anaknya.

Semua usaha telah dilakukan oleh orang tuanya demi berobat, bahkan mereka harus meminjam uang ke tetangganya dan perhiasan juga telah dijual demi pengobatan dan kesembuhan anaknya.

Berkat program kesehatan peduli sehat ini, Fiya dan kedua orang tuanya sangat terbantu sekali, karena pengobatan dan kebutuhan Fiya dapat terpenuhi.

Kedua orang tua Fiya sangat berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat yang telah mendistribusikan bantuan ini serta kepada para donatur yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya demi membantu kesembuhan Fiya melalui program ini.

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk Fiya dan segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

18 March 2024

Rumah Yatim Serahkan Santunan Uang Tunai Guna Bantu Kesembuhan Rizki Penderita Tumor Mulut

gambar-headline


Pada Jum'at, (15/03/24) tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Jawa Barat masih semangat untuk melakukan aksi kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan di bulan yang penuh keberkahan.

Tim relawan Rumah Yatim Jawa Barat kembali menyalurkan program kesehatan peduli sehat untuk Rizki di kediamannya yang beralamat di Kp Kalelega Rt 03 Rw 09 Desa Pasir Mulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dengan jenis bantuan yang diberikan kali ini ialah berupa bantuan santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan pengobatan Rizki.

Rizki terhenti pengobatannya selama 6 tahun, dan tim Rumah Yatim Jawa Barat di kesempatan sebelumnya telah mendampingi Rizki mulai dari pendaftaran di Puskesmas, pelunasan BPJS, hingga rujukan ke RS Oto Iskandar Dinata di Kabupaten Soreang.

Rizki (15) merupakan anak yang mengalami penyakit pembengkakan lidah atau tumor mulut. Tumor ini terjadi sejak ia kecil. Saat umurnya 3 tahun, operasi sudah pernah dilaksanakan. Akan tetapi sayangnya, lidahnya terus membesar, membuatnya kesusahan pada saat makan dan berbicara.

Rizki harus terus berjuang sejak usia 3 tahun melawan penyakitnya. Bukan hanya itu tak jarang ia sering diejek oleh teman-teman nya sebab kondisi yang dialaminya.

Ibunya Rosmiati (38) hanya seorang ibu rumah tangga yang tidak bisa bekerja karena ia juga harus merawat anak nya yang masih kecil berusia 2 tahun.

Pak Aep (40) ayahnya Rizki, mencari nafkah dengan menjadi seorang kuli bangunan dengan upah yang tak menentu. Dalam sehari pak Aep hanya memperoleh Rp50.000 sampai Rp100.000 perhari. Ia tidak patah semangat untuk tetap melakukan kontrol rutin terhadap anak laki-lakinya, dengan segala usaha pak Aep ingin Rizki sembuh meskipun penghasilan pak Aep kecil tetapi pak Aep selalu berusaha untuk dapat terus melakukan kontrol rutin demi membantu penyembuhan Rizki.

Rizki dan keluarganya sangat bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan peduli sehat dari Rumah Yatim Jawa Barat. Bantuan ini sangat membantu Rizki dan keluarganya.

Rizki juga berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Jawa Barat serta kepada para pejuang kebaikan yang telah peduli terhadap kesembuhannya dengan berpartisipasi dalam program ini.

Semoga perjuangan ini membawa kesembuhan bagi Rizki serta mendatangkan keberkahan bagi para donatur yang telah berbagi rezekinya melalui program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

15 March 2024

Dukung Kesembuhan Rahayu Bocah Penderita 3 Penyakit Sekaligus dengan Program Peduli Sehat

gambar-headline

Pada Rabu, (13/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah berhasil menyalurkan program kesehatan peduli sehat untuk Rahayu sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek mengunjungi kediamannya Rahayu yang beralamat di Kampung Kosambi, Desa Kosambi Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang Banten, untuk menyalurkan program kesehatan peduli sehat ini secara langsung.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Dengan jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Rahayu dan untuk membantu pengobatannya.

Rahayu, bocah 3 tahun yang sejak kecil harus berjuang melawan penyakit yang dideritanya sampai saat ini.

Pada mulanya sejak usianya 8 bulan Rahayu mengalami demam tinggi sampai kejang. Kedua orang tuanya juga langsung memeriksakan kondisi anaknya tersebut ke rumah sakit.

Menurut dokter Rahayu menderita cerebral palsy, hidrosefalus dan meningitis yang mengharuskan ia melakukan perawatan di rumah sakit.

Pengobatan juga telah berjalan selama 2 tahun, apapun dilakukan oleh kedua orang tuanya demi anaknya bisa sembuh.

Akan tetapi setahun ini pengobatan harus terhenti, sebab tidak adanya biaya dan Rahayu hanya bisa dirawat di rumah saja oleh orang tuanya.

Sekarang kondisi Rahayu hanya terbaring lemah di tempat tidur, kondisi tubuhnya kaku. Ayahnya hanya bekerja sebagai kuli bangunan, upah yang diperoleh juga tidak menentu. Hasil upahnya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Apapun dilakukan oleh kedua orang tuanya demi kesembuhan anaknya, bahkan kendaraan dan perhiasan satu-satunya juga telah dijual demi pengobatan Rahayu.

Rumah Yatim regional Jabodetabek berinisiatif untuk membantu pengobatan dan kesembuhan Rahayu melalui program kesehatan peduli sehat ini.

Orang tua Rahayu sangat bahagia dan bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan ini. Serta mereka pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada para pejuang kebaikan yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Rahayu dan semoga cepat diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

13 March 2024

Kembali Menyalurkan Kepedulian untuk Alfa Rizki, Bayi Penderita Jantung Bocor di Makassar

gambar-headline


Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan kembali menyalurkan bantuan peduli sesama berupa uang tunai untuk Alfa Rizki, bayi berusia 1,5 tahun penderita jantung bocor di Jl. Borong Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id . Bantuan diberikan untuk memenuhi kebutuhan dan biaya pengobatan Alfa.

Menurut penuturan Yudi, salah satu relawan Rumah Yatim Sulsel, bantuan diberikan langsung kepada Alfa dan ibunya di rumah sakit Primaya dikarenakan Alfa Riski saat itu tengah dirawat disana.

Raut wajah bahagia ditunjukan ibu Alfa ketika menerima bantuan ini. Tidak lupa ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim khususnya para donatur yang telah memberikan bantuan ini.

"Alfa sudah dua hari di Rawat di rumah sakit karena kondisinya ngedrop. Alhamdulillah saat ini kondisinya sudah membaik, untuk kedepannya Alfa harus kontrol ke rumah sakit setiap seminggu sekali," ujarnya.

Lebih lanjut, Yudi mengatakan jika bantuan ini nantinya akan digunakan ibu Alfa untuk membeli semua kebutuhan Alfa dan untuk ongkos kontrol Alfa ke rumah sakit

"Karena jarak ke rumah sakit jauh yakni 15 KM, jadi ibu dan ayah Alfa harus menyiapkan uang untuk ongkos kontrol dan kebutuhan lainnya selama di rumah sakit," ungkapnya.

Ia berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat, berkah dan bisa membantu kesembuhan Alfa Riski. "Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu meringankan beban orang tua Alfa Riski. Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah membantu Alfa melalui Rumah Yatim. Semoga kebaikan para donatur dibalas oleh Allah dengan sebaik-baiknya balasan," tuturnya.

Diketahui, Alfa didiagnosis menderita jantung bocor sejak lahir. Pada waktu itu, pihak dokter menyarankan agar Alfa segera melakukan tindakan operasi.

Namun apa daya, penghasilan orang tuanya dari memulung tidak seberapa membuat pengobatan Alfa terhambat. Jangankan untuk operasi dan biaya berobat, untuk makan pun mereka seringkali kesulitan.

Ibu m dan ayah Alfa setiap hari memulung barang sembari membawa Alfa, sebab mereka tidak tega meninggalkan Alfa dirumah bersama ketiga kakaknya yang masih kecil-kecil.

Sebelum kerja mencari rongsokan, ayah Alfa bekerja sebagai pengemudi ojol, namun dikarenakan motor yang dimilikinya sudah dijual untuk biaya pengobatan Alfa, akhirnya ayah Alfa tidak bisa bekerja jadi ojol lagi.

04 March 2024

Rumah Yatim Salurkan Bantuan Peduli Sehat pada Lansia dan Anak-anak Penderita Penyakit di Braga

gambar-headline


Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat tak henti-hentinya untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada Senin, (04/03/24) tim Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah menyalurkan program kesehatan bantuan peduli sehat kepada masyarakat penderita penyakit.

Tim relawan Rumah Yatim Jawa Barat menyalurkan program kesehatan peduli sehat ini di Kelurahan Braga RW 04, 05, 09 dan 08, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Bantuan peduli sehat ini diberikan kepada para lansia dan anak-anak penderita penyakit yang begitu membutuhkan bantuan, agar kebutuhan kesehatannya dapat tercukupi.

Dalam penyaluran program kemanusiaan peduli sehat kali ini relawan yang tergabung ialah TKSK, IPSM, Kesos Kelurahan, dan RBM.

Para penerima manfaat sangat bersyukur dan bahagia sekali mendapatkan bantuan dari Rumah Yatim Jawa Barat, sehingga kebutuhan kesehatan seperti nutrisi dan gizi mereka bisa terpenuhi.

Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi para penerima manfaat, serta menjadikan pahala mengalir bagi para donatur yang telah menunjukkan kepeduliannya melalui program ini.

"Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, tidak menzaliminya, tidak menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa yang berusaha untuk (memenuhi) keperluan saudaranya, maka Allah akan mencukupkan keperluannya. Barang siapa yang melepaskan suatu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah akan melepaskan darinya kesulitan dari kesulitan-kesulitan pada hari Kiamat. Barang siapa yang menutupi (aib) seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi (aibnya) pada hari Kiamat." (HR. Al-Bukhari)

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Donatur

Avatar of Hamba Allah

Bsnens

Sebesar Rp 50.000

Pada: 1 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Dewi

Sebesar Rp 10.009

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 10.000.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 100.020

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Ira Purbosari Sundari

Sebesar Rp 10.000

Pada: 3 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 500.000

Pada: 3 hari yang lalu

Allohumma yaa bariik...barokallahu fiik

Donasi Rutin

Ketentuan Program donatur rutin adalah anda akan memperoleh pemberitauan/ pengingat untuk berdonasi sesuai kesepakatan waktu dalam mengingatkan baik melalui no HP maupun email sesuai yang anda cantumkan.

Jadi donatur rutin sekarang juga