Zakat Penghasilan

Zakat Penghasilan

Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri. "Zakat untuk Perubahan ... "

Rp 1.888.641.843
dana terus dikumpul
Terkumpul Rp 1.888.641.843
Donatur 6756
Gotong royong dengan menyebarkan program ini.

"Salurkan Zakat di Rumah Yatim. Tak hanya menggugurkan kewajiban, InsyaAllah keberkahan dan pahala berlimpah kepada kita."

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional Profesional, Rumah Yatim memiliki sebuah prinsip dan keyakinan bahwa Ibadah Zakat yang diimplementasikan secara benar, bukan hanya mampu menggugurkan kewajiban ritual namun juga sekaligus menjadi sebuah media sangat efektif dalam melakukan perubahan tatanan sosial yang berkeadilan.

Rumah Yatim Adalah Lembaga Amil Zakat skala Nasional (LAZNAS) yang di kukuhkan pemerintah berdasarkan SK Menteri Agama RI No. 209 Tahun 2017.

5549c8e5efe35cefd0be858f38b3338215a38945

Melalui dana Zakat, para mustahik yang berstatus fakir, miskin dan para lansia, menjadi prioritas utama kami, dalam penyaluran bantuan yang bersifat konsumtif seperti Bantuan Biaya Hidup dan Bantuan Sembako.

ccb4e9a8f328a00e49e8e0b1d92e86c3605e26cf

Dalam membantu pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi lokal, Rumah Yatim menyediakan bantuan bagi para petani dan pengusaha kecil dalam bentuk bantuan modal usaha, bibit, serta bantuan mesin produksi. Setelah pemberian bantuan, kegiatan monitoring pun dijalankan, hingga para petani dan pengusaha kecil tersebut bisa menghasilkan produk yang memiliki daya saing dengan produk yang telah ada sebelumnya.

819313a303e0e9de92e51920a687cebc060433fe

Selain itu Rumah Yatim pun telah berhasil menyediakan layanan kesehatan murah, dan fasilitas ambulan gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Program penyuluhan kesehatan pun dicanangkan dengan membentuk tim relawan kesehatan, yang secara berkala menyisir wilayah pedesaan dengan fasilitas kesehatan yang minim dan sulit terjangkau. Selain melakukan edukasi terhadap wabah penyakit yang diderita secara umum, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan pun dibebaskan dari pungutan biaya.

bf3ea9678cc7175b46c1911be142935b00c436b2

Demi menjalankan amanah untuk terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak yatim, dhuafa serta masyarakat pada umumnya, Kami mengajak Anda, untuk membantu sesama dengan berperan aktif dalam menunaikan 2,5% kewajiban zakat dari penghasilan, melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim.

Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri.

"Zakat untuk Perubahan ... "
Silahkan klik link personal asisten untuk membantu ber-Zakat.

09 Apr 2020

Program Dirilis

20 September 2021

Rumah Yatim Bagikan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Prasejahtera Senapelan

Sabtu (28/8) lalu, Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa 76 paket bantuan bahan pokok dan 24 program bantuan tunai biaya hidup untuk warga prasejahtera di wilayah Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

Bantuan diberikan secara simbolis kepada Norpendike Prakarsa selaku Camat Senapelan, di Kantor Kecamatan Senapelan, Jalan Panglima Undan 47, Kelurahan Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Selain Norpendike, pembagian juga dihadiri oleh Suharniwati TKSK dan Darnaleli selaku Kasi Kesra Senapelan.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim Rumah Yatim atas bantuan ini, yang bisa menjadi angin segar di masa sulit ini untuk warga kami”, ungkap Norpendike.

Sebelumnya, tim relawan juga telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan TKSK Senapelan, agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran kepada para penerima yang benar-benar membutuhkan.

“Bantuan ini kami bagikan ke 6 titik kelurahan, yaitu Kelurahan Bandar, Padang Bulan, Padang Terubuk, Kampung Baru, Kampung Dalam, dan Kelurahan Sago”, terang Suharniwati.

Ramdan Burhanudin, Kepala Cabang Rumah Yatim Riau, juga menyampaikan rasa syukurnya atas lancarnya acara pembagian bantuan hari ini. Ia juga berharap agar bantuan ini bisa meringankan beban kebutuhan masyarakat penerima bantuan.

“Terima kasih juga saya ucapkan untuk Camat Senapelan, Kasi Kesra dan TKSK Senapelan, serta perangkat pemerintahan lainnya, kegiatan pembagian bantuan ini bisa berjalan lancar”, tutup Ramdan.

https://donasionline.id/zakatpenghasilan

09 September 2021

150 Paket Bahan Pokok Disalurkan Rumah Yatim untuk Warga Tarakan

Rumah Yatim Cabang Tarakan pada hari Minggu (22/8) kemarin menyalurkan 150 paket bantuan bahan pokok untuk warga prasejahtera di wilayah Jalan Binalatung, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Kepala Cabang Rumah Yatim Tarakan, Rahmat, menyampaikan, salah satu kriteria penerima bantuan merupakan warga yang penghasilannya tak lebih dari Rp.1.000.000 per bulan. Tim relawan juga menerima rekomendasi data warga dari Ketua RT dan RW setempat untuk menambah efisiensi penyaluran bantuan.

“Kami bersama Ketua RT dan RW setempat juga menghimbau warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama penyaluran bantuan berlangsung”, terang Rahmat.

Rahmat juga berharap bantuan yang disalurkan dapat memberikan keringanan kepada warga, khususnya di masa pandemi ini, dimana banyak dari mereka yang penghidupannya terdampak.

“Semoga bantuan ini bisa menemani para penerima manfaat melewati PPKM ini”, tutup Rahmat.

#Pejuang kebaikan, Bantu Masyarakat Dhuafa lainnya

03 September 2021

Bantu Janda dan Lansia Dhuafa, Program Biaya Hidup Disalurkan Rumah Yatim

Rumah Yatim Regional Jabodetabek menyalurkan program bantuan biaya hidup di dua lokasi. Sebanyak 5 mustahik di Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, dan sebanyak 7 mustahik di Kampung Buaran Asem, Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Menurut penuturan dari Relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Nina menyampaikan, bantuan ini diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Ialah mereka yang hidup dalam keterbatasan ekonomi.

Oleh sebab itu, bantuan biaya hidup ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan harian mereka. Yang mana, mayoritas dari mereka pun yang sudah janda serta lanjut usia.

Harapannya, ungkap Nina, bantuan ini sedikitnya bisa meringankan beban mereka. “Apalagi banyak dari mereka juga yang menjadi tulang punggung keluarga,” jelasnya.

Menurut Nina, bantuan ini tepat disalurkan kepada mereka. “Semoga dengan adanya bantuan ini, mereka bisa lebih semangat lagi dalam bekerja dan bertahan hidup,” tandasnya.

#Pejuang kebaikan, Bantu Kelurga Dhuafa Lainnya

30 August 2021

Rumah Yatim Bagikan Bantuan Bahan Pokok untuk Belasan Yatim Dhuafa Asal Palembang

Sabtu (14/8) lalu, Rumah Yatim Cabang Palembang menyalurkan 16 paket bantuan bahan pokok untuk anak-anak yatim dan dhuafa di wilayah RT.28/RW.07, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Jakabaring, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Weli Susanto, Kepala Cabang Rumah Yatim Palembang, menyampaikan, bantuan disalurkan secara langsung oleh tim relawan yang juga didampingi oleh Ketua RT dan RW setempat yang menjaga dan menghimbau anak-anak untuk tetap menjaga jarak dan mengenakan masker selama pembagian bantuan berlangsung.

“Kami tetap jaga prokes kesehatan selama pembagian bantuan berlangsung, data-data anak-anak juga diberikan kepada kami dari rekomendasi Ketua RT dan RW setempat”, terang Weli.

Weli juga menambahkan, anak-anak sangat senang menerima bantuan yang disalurkan tim relawan. Mereka menyampaikan terima kasihnya kepada para donatur Rumah Yatim yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu mereka.

“Anak-anak juga mendoakan agar para donatur selalu diberikan kesehatan dan selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT”, tutup Weli.

#Pejuang kebaikan, Bantu Yatim dan Dhuafa Lainnya

23 August 2021

Dukungan Rumah Yatim Jabar untuk Sri, Difabel yang Memiliki Semangat Belajar Tinggi

Keterbatasan fisik tak menyurutkan semangat Sri Widaningsih (19) untuk hidup mandiri dan terus belajar serta berkarya. Hari-harinya diisi dengan kegiatan menghafal Al Quran, belajar, menjahit, membuat anyaman dari bambu, masak dan bersih-bersih rumah

Meski dilahirkan tanpa kaki dan tangan yang sempurna, Sri begitu lihai dan semangat melakukan berbagai kegiatannya.

Diungkapkan Reza, salah satu relawan Rumah Yatim Jabar, saat ini Sri tinggal di rumah singgah Ibu Euis yang berada di kampung Cinagrok, RT 01 RW 09, Desa Citalem, Kec. Cipongkor, Bandung Barat. Ia tinggal bersama keenam rekannya yang juga memilik keterbatasan fisik.

“Saat ini Sri sedang berjuang supaya bisa melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Ia sedang mencari universitas yang bisa menerima kondisinya, Sri pun terus belajar supaya ketika ia mendapat kampus yang sesuai, ia bisa langsung datang untuk melakukan tes,” lanjut Reza.

Kepada Reza, Sri mengatakan jika ia ingin kuliah di jurusan agama islam, supaya selain dirinya ingin menjadi seorang hafidz, ia pun ingin lebih paham dengan agama islam. Supaya kelak ia bisa membagi ilmunya kepada rekan-rekannya di rumah singgah.

Sebagai bentuk dukungan dan kepeduliannya kepada Sri, Rumah Yatim area Jawa Barat memberikan bantuan peduli sesama berupa uang tunai. Diharapkan bantuan ini bisa menambah semangat Sri dalam menjalani hari dan menggapai mimpinya untuk bisa kuliah.

“Alhamdulillah jazakumullah khairan katsiran kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan dukungannya kepada saya, semoga Allah membalas semuanya,” ucap Sri.

#Pejuang Kebaikan, Bantu Yatim dan Dhuafa Lainnya untuk tetap melanjutkan Pendidikan

20 August 2021

Sasar Petani dan Buruh Serabutan, Rumah Yatim Bagikan Ratusan Paket Sembako

Rumah Yatim Cabang Yogyakarta kembali menyalurkan bantuan sembako, pada Minggu (8/8). Kali ini, bantuan itu diberikan kepada masyarakat prasejahtera di Kelurahan Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan informasi dari Relawan Rumah Yatim Yogyakarta, Sigit mengungkapkan, mayoritas penerima bantuan merupakan buruh tani dan serabutan. Bantuan ini diberikan sebagai upaya membantu memenuhi kebutuhan hariannya.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 ini banyak warga yang merasakan dampaknya. Oleh karena itu, mereka yang hidup dalam keterbatasan ekonomi memerlukan bantuan semacam ini.

Harapannya, kata Sigit, bantuan ini bisa meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Adapun, bantuan yang diberikan ada sebanyak 200 paket sembako.

“Mudah-mudahan ratusan warga yang menerima bantuan merasa bahagia dan terbantu, semoga Rumah Yatim nantinya bisa memberikan lebih banyak lagi,” tutupnya.

https://www.donasionline.id/zakatpenghasilan

Gotong royong sebagai fundraiser program ini.

Jadi fundraiser sekarang juga
Avatar of Hamba Allah

Hamba Allab

Sebesar Rp 50.486

Pada: 5 jam yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 250.000

Pada: 10 jam yang lalu

Semoga sehat selalu rezeki lancar, memperbaiki diri

Avatar of Hamba Allah

Aristianto

Sebesar Rp 70.791

Pada: 12 jam yang lalu

Semoga Allah SWT menerima amal kami dan keberkahan semoga tercurah untuk kami dan keluarga serta diberikan kelapangan hati dan usaha Aamin Ya Rabbal Alamin

Avatar of Hamba Allah

Afif Nashiruddin

Sebesar Rp 50.781

Pada: 14 jam yang lalu

Semoga bermanfaat, berkah dunia akhirat. Aamiin

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 225.293

Pada: 17 jam yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 200.412

Pada: 22 jam yang lalu

Semoga berkah dan bermanfaat bagi umat

Fundraiser

Gotong royong sebagai fundraiser program ini.

Jadi fundraiser sekarang juga

Berita

09 Apr 2020

Program Dirilis

20 September 2021

Rumah Yatim Bagikan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Prasejahtera Senapelan

Sabtu (28/8) lalu, Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa 76 paket bantuan bahan pokok dan 24 program bantuan tunai biaya hidup untuk warga prasejahtera di wilayah Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

Bantuan diberikan secara simbolis kepada Norpendike Prakarsa selaku Camat Senapelan, di Kantor Kecamatan Senapelan, Jalan Panglima Undan 47, Kelurahan Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Selain Norpendike, pembagian juga dihadiri oleh Suharniwati TKSK dan Darnaleli selaku Kasi Kesra Senapelan.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim Rumah Yatim atas bantuan ini, yang bisa menjadi angin segar di masa sulit ini untuk warga kami”, ungkap Norpendike.

Sebelumnya, tim relawan juga telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan TKSK Senapelan, agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran kepada para penerima yang benar-benar membutuhkan.

“Bantuan ini kami bagikan ke 6 titik kelurahan, yaitu Kelurahan Bandar, Padang Bulan, Padang Terubuk, Kampung Baru, Kampung Dalam, dan Kelurahan Sago”, terang Suharniwati.

Ramdan Burhanudin, Kepala Cabang Rumah Yatim Riau, juga menyampaikan rasa syukurnya atas lancarnya acara pembagian bantuan hari ini. Ia juga berharap agar bantuan ini bisa meringankan beban kebutuhan masyarakat penerima bantuan.

“Terima kasih juga saya ucapkan untuk Camat Senapelan, Kasi Kesra dan TKSK Senapelan, serta perangkat pemerintahan lainnya, kegiatan pembagian bantuan ini bisa berjalan lancar”, tutup Ramdan.

https://donasionline.id/zakatpenghasilan

09 September 2021

150 Paket Bahan Pokok Disalurkan Rumah Yatim untuk Warga Tarakan

Rumah Yatim Cabang Tarakan pada hari Minggu (22/8) kemarin menyalurkan 150 paket bantuan bahan pokok untuk warga prasejahtera di wilayah Jalan Binalatung, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Kepala Cabang Rumah Yatim Tarakan, Rahmat, menyampaikan, salah satu kriteria penerima bantuan merupakan warga yang penghasilannya tak lebih dari Rp.1.000.000 per bulan. Tim relawan juga menerima rekomendasi data warga dari Ketua RT dan RW setempat untuk menambah efisiensi penyaluran bantuan.

“Kami bersama Ketua RT dan RW setempat juga menghimbau warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama penyaluran bantuan berlangsung”, terang Rahmat.

Rahmat juga berharap bantuan yang disalurkan dapat memberikan keringanan kepada warga, khususnya di masa pandemi ini, dimana banyak dari mereka yang penghidupannya terdampak.

“Semoga bantuan ini bisa menemani para penerima manfaat melewati PPKM ini”, tutup Rahmat.

#Pejuang kebaikan, Bantu Masyarakat Dhuafa lainnya

03 September 2021

Bantu Janda dan Lansia Dhuafa, Program Biaya Hidup Disalurkan Rumah Yatim

Rumah Yatim Regional Jabodetabek menyalurkan program bantuan biaya hidup di dua lokasi. Sebanyak 5 mustahik di Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, dan sebanyak 7 mustahik di Kampung Buaran Asem, Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Menurut penuturan dari Relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Nina menyampaikan, bantuan ini diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Ialah mereka yang hidup dalam keterbatasan ekonomi.

Oleh sebab itu, bantuan biaya hidup ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan harian mereka. Yang mana, mayoritas dari mereka pun yang sudah janda serta lanjut usia.

Harapannya, ungkap Nina, bantuan ini sedikitnya bisa meringankan beban mereka. “Apalagi banyak dari mereka juga yang menjadi tulang punggung keluarga,” jelasnya.

Menurut Nina, bantuan ini tepat disalurkan kepada mereka. “Semoga dengan adanya bantuan ini, mereka bisa lebih semangat lagi dalam bekerja dan bertahan hidup,” tandasnya.

#Pejuang kebaikan, Bantu Kelurga Dhuafa Lainnya

30 August 2021

Rumah Yatim Bagikan Bantuan Bahan Pokok untuk Belasan Yatim Dhuafa Asal Palembang

Sabtu (14/8) lalu, Rumah Yatim Cabang Palembang menyalurkan 16 paket bantuan bahan pokok untuk anak-anak yatim dan dhuafa di wilayah RT.28/RW.07, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Jakabaring, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Weli Susanto, Kepala Cabang Rumah Yatim Palembang, menyampaikan, bantuan disalurkan secara langsung oleh tim relawan yang juga didampingi oleh Ketua RT dan RW setempat yang menjaga dan menghimbau anak-anak untuk tetap menjaga jarak dan mengenakan masker selama pembagian bantuan berlangsung.

“Kami tetap jaga prokes kesehatan selama pembagian bantuan berlangsung, data-data anak-anak juga diberikan kepada kami dari rekomendasi Ketua RT dan RW setempat”, terang Weli.

Weli juga menambahkan, anak-anak sangat senang menerima bantuan yang disalurkan tim relawan. Mereka menyampaikan terima kasihnya kepada para donatur Rumah Yatim yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu mereka.

“Anak-anak juga mendoakan agar para donatur selalu diberikan kesehatan dan selalu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT”, tutup Weli.

#Pejuang kebaikan, Bantu Yatim dan Dhuafa Lainnya

23 August 2021

Dukungan Rumah Yatim Jabar untuk Sri, Difabel yang Memiliki Semangat Belajar Tinggi

Keterbatasan fisik tak menyurutkan semangat Sri Widaningsih (19) untuk hidup mandiri dan terus belajar serta berkarya. Hari-harinya diisi dengan kegiatan menghafal Al Quran, belajar, menjahit, membuat anyaman dari bambu, masak dan bersih-bersih rumah

Meski dilahirkan tanpa kaki dan tangan yang sempurna, Sri begitu lihai dan semangat melakukan berbagai kegiatannya.

Diungkapkan Reza, salah satu relawan Rumah Yatim Jabar, saat ini Sri tinggal di rumah singgah Ibu Euis yang berada di kampung Cinagrok, RT 01 RW 09, Desa Citalem, Kec. Cipongkor, Bandung Barat. Ia tinggal bersama keenam rekannya yang juga memilik keterbatasan fisik.

“Saat ini Sri sedang berjuang supaya bisa melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Ia sedang mencari universitas yang bisa menerima kondisinya, Sri pun terus belajar supaya ketika ia mendapat kampus yang sesuai, ia bisa langsung datang untuk melakukan tes,” lanjut Reza.

Kepada Reza, Sri mengatakan jika ia ingin kuliah di jurusan agama islam, supaya selain dirinya ingin menjadi seorang hafidz, ia pun ingin lebih paham dengan agama islam. Supaya kelak ia bisa membagi ilmunya kepada rekan-rekannya di rumah singgah.

Sebagai bentuk dukungan dan kepeduliannya kepada Sri, Rumah Yatim area Jawa Barat memberikan bantuan peduli sesama berupa uang tunai. Diharapkan bantuan ini bisa menambah semangat Sri dalam menjalani hari dan menggapai mimpinya untuk bisa kuliah.

“Alhamdulillah jazakumullah khairan katsiran kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan dukungannya kepada saya, semoga Allah membalas semuanya,” ucap Sri.

#Pejuang Kebaikan, Bantu Yatim dan Dhuafa Lainnya untuk tetap melanjutkan Pendidikan

20 August 2021

Sasar Petani dan Buruh Serabutan, Rumah Yatim Bagikan Ratusan Paket Sembako

Rumah Yatim Cabang Yogyakarta kembali menyalurkan bantuan sembako, pada Minggu (8/8). Kali ini, bantuan itu diberikan kepada masyarakat prasejahtera di Kelurahan Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan informasi dari Relawan Rumah Yatim Yogyakarta, Sigit mengungkapkan, mayoritas penerima bantuan merupakan buruh tani dan serabutan. Bantuan ini diberikan sebagai upaya membantu memenuhi kebutuhan hariannya.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 ini banyak warga yang merasakan dampaknya. Oleh karena itu, mereka yang hidup dalam keterbatasan ekonomi memerlukan bantuan semacam ini.

Harapannya, kata Sigit, bantuan ini bisa meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Adapun, bantuan yang diberikan ada sebanyak 200 paket sembako.

“Mudah-mudahan ratusan warga yang menerima bantuan merasa bahagia dan terbantu, semoga Rumah Yatim nantinya bisa memberikan lebih banyak lagi,” tutupnya.

https://www.donasionline.id/zakatpenghasilan

Donatur

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allab

Sebesar Rp 50.486

Pada: 5 jam yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 250.000

Pada: 10 jam yang lalu

Semoga sehat selalu rezeki lancar, memperbaiki diri

Avatar of Hamba Allah

Aristianto

Sebesar Rp 70.791

Pada: 12 jam yang lalu

Semoga Allah SWT menerima amal kami dan keberkahan semoga tercurah untuk kami dan keluarga serta diberikan kelapangan hati dan usaha Aamin Ya Rabbal Alamin

Avatar of Hamba Allah

Afif Nashiruddin

Sebesar Rp 50.781

Pada: 14 jam yang lalu

Semoga bermanfaat, berkah dunia akhirat. Aamiin

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 225.293

Pada: 17 jam yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 200.412

Pada: 22 jam yang lalu

Semoga berkah dan bermanfaat bagi umat