Zakat Penghasilan

Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri.
Rp 2.127.767.897
Terkumpul dari
Rp 2.000.000.000
1429 hari lagi
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

"Salurkan Zakat di Rumah Yatim. Tak hanya menggugurkan kewajiban, InsyaAllah keberkahan dan pahala berlimpah kepada kita."
Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional Profesional, Rumah Yatim memiliki sebuah prinsip dan keyakinan bahwa Ibadah Zakat yang diimplementasikan secara benar, bukan hanya mampu menggugurkan kewajiban ritual namun juga sekaligus menjadi sebuah media sangat efektif dalam melakukan perubahan tatanan sosial yang berkeadilan.
Rumah Yatim Adalah Lembaga Amil Zakat skala Nasional (LAZNAS) yang di kukuhkan pemerintah berdasarkan SK Menteri Agama RI No. 209 Tahun 2017.
Melalui dana Zakat, para mustahik yang berstatus fakir, miskin dan para lansia, menjadi prioritas utama kami, dalam penyaluran bantuan yang bersifat konsumtif seperti Bantuan Biaya Hidup dan Bantuan Sembako.
Dalam membantu pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi lokal, Rumah Yatim menyediakan bantuan bagi para petani dan pengusaha kecil dalam bentuk bantuan modal usaha, bibit, serta bantuan mesin produksi. Setelah pemberian bantuan, kegiatan monitoring pun dijalankan, hingga para petani dan pengusaha kecil tersebut bisa menghasilkan produk yang memiliki daya saing dengan produk yang telah ada sebelumnya.
Selain itu Rumah Yatim pun telah berhasil menyediakan layanan kesehatan murah, dan fasilitas ambulan gratis untuk masyarakat kurang mampu.
Program penyuluhan kesehatan pun dicanangkan dengan membentuk tim relawan kesehatan, yang secara berkala menyisir wilayah pedesaan dengan fasilitas kesehatan yang minim dan sulit terjangkau. Selain melakukan edukasi terhadap wabah penyakit yang diderita secara umum, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan pun dibebaskan dari pungutan biaya.
Demi menjalankan amanah untuk terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak yatim, dhuafa serta masyarakat pada umumnya, Kami mengajak Anda, untuk membantu sesama dengan berperan aktif dalam menunaikan 2,5% kewajiban zakat dari penghasilan, melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim.
Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri.
"Zakat untuk Perubahan ... "
Silahkan klik link personal asisten untuk membantu ber-Zakat.
Selengkapnya

Berita Penyaluran

Program Dirilis

26 Jun 2020

Rumah Yatim Jawa Barat Penuhi Kebutuan Masyarakat di Cibeunying Kidul denga Bantuan Bahan Pokok

14 June 2024
gambar-headline

Pada Selasa, (04/06/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat telah berhasil melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan bahan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan.

Aksi kebaikan ini dilaksanakan oleh tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat dengan mengunjungi secara langsung lokasi penyaluran yang beralamat di Jl. Sekepondok, Kelurahan Cibeunying Kidul, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Paket bantuan bahan pokok ini diberikan kepada masyarakat miskin yang membutuhkan guna untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari mereka.

Dengan adanya bantuan bahan pokok dari Rumah Yatim area Jawa Barat, masyarakat sudah sangat terbantu dan merasa senang karena telah mendapatkan bantuan dan kebutuhan pokok sehari-hari mereka dapat tercukupi.

Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat miskin di Cibeunying Kidul serta mampu menjadikan amal jariyah bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan datang dua malaikat kepadanya dan salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)”. (HR. Bukhari – No. 1442 Fathul Bari) Shahih.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Kebahagiaan Puluhan Masyarakat Miskin di Mampang Prapatan Saat Terima Bantuan Bahan Pokok

28 May 2024

 Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek tidak pernah berhenti untuk selalu berbagi kebaikan, salah satunya dengan melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan bahan pokok untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pada Kamis, (23/05/24) tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek kunjungi langsung lokasi penyaluran yang beralamat di Jl. Mampang Prapatan II Rt 009/003 Kelurahan Mampang Prapatan, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Sebanyak puluhan paket bantuan bahan pokok dibagikan secara langsung kepada puluhan penerima manfaat yang diantaranya ialah para lansia, dan dhuafa.

Kebahagiaan sangat dirasakan oleh para penerima manfaat ketika menerima bantuan paket bahan pokok dari Rumah Yatim regional Jabodetabek.

Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi para penerima manfaat serta mampu menjadi penggugur dosa bagi para donatur yang telah berbaik hati berbagi rezekinya melalui program ini.

"Apa saja yang kalian nafkahkan (sedekahkan) ataupun yang kalian nazarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat zalim, tidak ada seorang pun pelindung baginya. Apabila kalian menampakkan sedekah (kalian), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kalian. Dan Allah akan menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan-kesalahan kalian; dan Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan." (QS. Al Baqarah: 270-271).

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim Berbagi Kebahagiaan pada Puluhan Mustahik di Denpasar dengan Beri Bantuan Biaya Hidup

26 March 2024

gambar-headline


Di bulan suci Ramadhan yang penuh rahmat ini, Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Denpasar tetap semangat untuk melaksanakan aksi kebaikan yang bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pada Ahad, (24/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Denpasar telah berhasil melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk masyarakat yang berhak menerimanya.

Program kemanusiaan bantuan biaya hidup ini dilaksanakan oleh tim relawan Laznas Rumah Yatim cabang Denpasar untuk puluhan mustahik.

Bantuan ini secara langsung disalurkan tim relawan Laznas Rumah Yatim cabang Denpasar tepatnya di Daerah Bungtomo, Kelurahan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Para penerima manfaat sangat bersyukur dan juga sangat bahagia bisa mendapatkan bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Denpasar.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَآءُ مِنْ عِبَا دِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗ وَمَاۤ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚ وَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

"Katakanlah, "Sungguh, Rabbku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya." Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik." (QS. Saba' 34: Ayat 39)

Semoga bantuan yang disalurkan bermanfaat bagi para penerima manfaat dan mendatangkan keberkahan bagi para donatur, Aamiin.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Arya Yatim Piatu Pencari Jamur Tersenyum Bahagia Terima Bantuan Biaya Hidup dari Rumah Yatim

22 March 2024

gambar-headline


Pada Ahad, (17/03/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah berhasil melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk Arya sebagai penerima manfaat.

Program kemanusiaan bantuan biaya hidup tersebut disalurkan di kediamannya Arya yang beralamat di Lk. I Aman Sari, Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Dengan jenis bantuan yang diberikan adalah bantuan biaya hidup berupa beras, minyak, terigu, mie, biskuit, susu, marjan, saus, kecap, marjan, kurma, klengkeng, pir, telur, teh, sabun, sampo, sunlight, sepatu, tas dan uang tunai guna membantu memenuhi kebutuhan sehari hari lainnya.

Arya (15) dan Ilham (14) adalah dua anak yatim piatu yang berjuang mencari nafkah demi bisa makan dan bersekolah.

Ayah dan ibunya telah meninggal dunia, dan sekarang mereka hanya tinggal bersama neneknya Rohani (64) di rumah peninggalan sang kakek.

Untuk mencari nafkah dan bertahan hidup Arya dan Ilham bekerja sebagai pencari jamur di kebun milik orang lain, lalu jamur yang diperoleh dijual kembali dengan harga Rp5.000 per bungkusnya.

"Gak tentu kak dapet berapa bungkus seharinya, sekitar 3-4 bungkus sehari," ujar Arya.

Penghasilan yang diperoleh Arya langsung diberikan kepada neneknya untuk membeli beras.

Bukan hanya itu, Arya juga harus berjuang mencari biaya demi melanjutkan sekolah ke jenjang SMA.

Arya sangat terbantu sekali dengan diberikannya bantuan biaya hidup ini, Ia pun sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara dan kepada para donatur.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur Rumah Yatim yang telah membantu saya, semoga selalu diberi kesehatan, dan keberkahan rezeki," ujar Arya dan Ilham kepada relawan.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Arya dan Ilham serta neneknya.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Bantu Ringankan Beban Kakek Karim, Penjual Pisang Goreng Keliling yang Hidupi Cucu Disabilitas

18 March 2024

gambar-headline


Bantuan biya hidup berupa uang tunai, sembako dan perlengkapan mandi mencuci diberikan Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan kepada kakek Karim (60), lansia penjual pisang goreng keliling di Jalan Bajiminasi, Kecamatan Mariso, Kota Makassar.

Bantuan tersebut diberikan untuk meringankan beban kakek Karim serta membantu memenuhi kebutuhan harian kakek dan cucunya yang merupakan penyandang Tuna rungu.

"Alhamdulillah kakek Karim sangat senang, terharu dan bersyukur bisa menerima bantuan ini, tidak lupa beliau pun mengucapkan banyak terima kasih kepada semua donatur yang telah memberikan bantuan ini melalui perantara Rumah Yatim, " kata Yudi, salah satu relawan Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut Yudi bercerita jika kakek Karim saat ini tinggal berdua dengan cucunya yang diterlantarakan orang orangtuanya setelah bercerai.

Cucu kakek saat ini sekolah di sekolah dasar umum. Karena kondisinya yang spesial, cucu kakek sering sekali dibuli oleh teman-temannya. Walaupun sudah di nasehati oleh kakek, teman sekolah cucunya tetap saja selalu membuli. Kondisi ini membuat kakek selalu dihantui rasa khawatir jika suatu saat nanti kakek meninggal, tidak ada yang merawat dan melindungi cucunya.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, kakek Karim bekerja sebagai penjual pisang goreng keliling milik orang lain dengan upah antara 5 sampai 15 ribu rupiah. Upah kakek biasanya digunakan untuk membeli makan, bayar kontrakan dan kebutuhan sekolah cucunya.

Dikarenakan upah yang didapat kecil, kakek sering sekali kesulitan membeli kebutuhan makan sehari-hari. Tidak hanya itu, kakek pun kesulitan membayar kontrakan sehingga kontrakannya sudah dua bulan menunggak.

"Kakek Karim sangat layak dibantu dan layak menerima bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat juga berkah untuk kakek dan cucunya, serta menjadi ladang pahala, kebaikan dan ladang pahala untuk para donatur Rumah Yatim," tutur Yudi.

Selengkapnya

Kembali Menyantuni Arfan, Yatim Tangguh Penjual Bola Keliling di Bitowa Makassar

13 March 2024

gambar-headline


Rumah Yatim cabang Sulawesi Selatan kembali memberikan santunan kepada Arfan (12), anak yatim tangguh penjual bola keliling di Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Jika sebelumnya Rumah Yatim memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako dan perlengkapan mandi mencuci, kali Lembaga Amil Zakat Nasional ini memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup Arfan dan ibunya.

Menurut Yudi, salah satu relawan Rumah Yatim Sulsel, bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id .

"Alhamdulillah Arfan sangat senang ketika menerima bantuan ini. Tidak lupa ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan bantuan ini melalui perantara Rumah Yatim," ujarnya.

Sejak ibunya sakit, Arfan memilih untuk bekerja jualan bola plastik keliling milik orang lain. Bisanya ia jualan setelah pulang sekolah sampai sore dan mendapat penghasilan antara 3 sampai 5 ribu saja, tergantung banyak tidaknya bola yang terjual.

Penghasilan Arfan setiap harinya selalu dikumpulkan untuk membeli beras, obat ibunya dan membayar listrik.

Diketahui ayah Arfan sudah meninggal dunia beberapa tahun lalu karena sakit, sementara kakak-kakaknya sudah menikah dan tinggal berjauhan dengannya. Kakak-kakak Arfan jarang sekali mengirimkan uang untuknya dikarenakan kondisi mereka yang juga kesulitan.

"Terima kasih kepada semua donatur yang telah memberikan santunannya kepada Arfan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat dan berkah untuk Arfan dan ibunya, serta menjadi ladang pahala, kebaikan dan berkah untuk para donatur," ungkap Yudi.

Selengkapnya
Lebih banyak

Jadi Fundraiser

yusrif.06@gmail.com

Hamba Allah

Rp 602.403

5 orang berhasil diajak

Terhimpun

Rudy Susetyahadi

Rp 500.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
syfanurlela@gmail.com

Syfa Pevensie

Rp 10.000

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
rumahyatim1234@gmail.com

RY Brandcom

Rp 535.335.595

2084 orang berhasil diajak

Terhimpun
wahyusholikhah12@gmail.com

septi

Rp 100.016

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Para #PejuangKebaikan

7023

Hamba Allah

Rp 500.024
4 hari yang lalu

Hamba Allah

Rp 100.021
4 hari yang lalu

Hamba Allah

Rp 20.000
6 hari yang lalu

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Hamba Allah avatar

Hamba Allah

6 hari yang lalu
Mohon doakan agar keluarga kami diberikan kesehatan, kebahagiaan, kesuksesan, keselamatan dunia akhirat, rejeki lancar dan berkah, dijauhkam dari hal2 yg tdk baik aamiin
diaminkan 0 kali
agus rizky satria avatar

agus rizky satria

1 minggu yang lalu
semogaaa berkahhhhh
diaminkan 0 kali
081567929494 avatar

081567929494

1 minggu yang lalu
Semoga bermanfaat zakat ini..dan kami sekeluarga senantiasa diberi panjang umur sehat bs taat beribadah
diaminkan 0 kali
Nissa Prisa avatar

Nissa Prisa

1 minggu yang lalu
Semoga saya dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberikan keselamatan dunia dan akhirat. Semoga rumah tangga kami segera diberikan keturunan yg soleh dan solehah
diaminkan 0 kali
Dinda Saraswati avatar

Dinda Saraswati

1 minggu yang lalu
Semoga bermanfaat
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

1 minggu yang lalu
Semoga berkah dan semoga jadi penggugur dosa
diaminkan 0 kali
Dessy Nurhayati avatar

Dessy Nurhayati

1 minggu yang lalu
Semoga berkah untuk semua
diaminkan 0 kali
Akhmad Rifai avatar

Akhmad Rifai

1 minggu yang lalu
Bismillah..
diaminkan 0 kali
Widya vitasari avatar

Widya vitasari

1 minggu yang lalu
Semoga Allah senantiasa memberikan kelancaran rezeki dan keberkahan rezeki seperti air zam zam yang terus mengalir aamiin ya Allah
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

1 minggu yang lalu
Semoga berkah, aamiin
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.