Zakat Penghasilan

Zakat Penghasilan

Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri.

Rp 1.285.437.473
terkumpul dari Rp 1.000.000.000
Terkumpul Rp 1.285.437.473
Donatur 4248
Gotong royong dengan menyebarkan program ini.
"Salurkan Zakat di Rumah Yatim. Tak hanya menggugurkan kewajiban, InsyaAllah keberkahan dan pahala berlimpah kepada kita."
Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional Profesional, Rumah Yatim memiliki sebuah prinsip dan keyakinan bahwa Ibadah Zakat yang diimplementasikan secara benar, bukan hanya mampu menggugurkan kewajiban ritual namun juga sekaligus menjadi sebuah media sangat efektif dalam melakukan perubahan tatanan sosial yang berkeadilan.
Rumah Yatim Adalah Lembaga Amil Zakat skala Nasional (LAZNAS) yang di kukuhkan pemerintah berdasarkan SK Menteri Agama RI No. 209 Tahun 2017.
Melalui dana Zakat, para mustahik yang berstatus fakir, miskin dan para lansia, menjadi prioritas utama kami, dalam penyaluran bantuan yang bersifat konsumtif seperti Bantuan Biaya Hidup dan Bantuan Sembako.
Dalam membantu pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi lokal, Rumah Yatim menyediakan bantuan bagi para petani dan pengusaha kecil dalam bentuk bantuan modal usaha, bibit, serta bantuan mesin produksi. Setelah pemberian bantuan, kegiatan monitoring pun dijalankan, hingga para petani dan pengusaha kecil tersebut bisa menghasilkan produk yang memiliki daya saing dengan produk yang telah ada sebelumnya.
Selain itu Rumah Yatim pun telah berhasil menyediakan layanan kesehatan murah, dan fasilitas ambulan gratis untuk masyarakat kurang mampu.
Program penyuluhan kesehatan pun dicanangkan dengan membentuk tim relawan kesehatan, yang secara berkala menyisir wilayah pedesaan dengan fasilitas kesehatan yang minim dan sulit terjangkau. Selain melakukan edukasi terhadap wabah penyakit yang diderita secara umum, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan pun dibebaskan dari pungutan biaya.
Demi menjalankan amanah untuk terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak yatim, dhuafa serta masyarakat pada umumnya, Kami mengajak Anda, untuk membantu sesama dengan berperan aktif dalam menunaikan 2,5% kewajiban zakat dari penghasilan, melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim.
Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri.
"Zakat untuk Perubahan ... "
Silahkan klik link personal asisten untuk membantu ber-Zakat.
26 Jun 2020

Program Dirilis

08 February 2023

Yatim Piatu Pemungut Jagung di Suko Sumber Bondowoso

Aziska Putri Aulia (11) atau sering disapa Siska, anak yatim piatu pemungut jagung di ladang kembali menerima bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Jawa Timur.

Bantuan berupa uang tunai, sembako, seragam sekolah, sepatu dan baju baru ini diberikan langsung kepada Siska di Dusun Suko Sumber, Desa Sumberwringin, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Raut wajah bahagia ditunjukan Siska ketika menerima bantuan tersebut. Berkali-kali ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah membantunya.

"Alhamdulillah senang sekali bisa kembali menerima bantuan dari Rumah Yatim dan para donatur. Semoga Rumah Yatim semakin besar dan pata donaturnya selalu diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah serta dimudahkan semua urusannya," tutur Siska.

Sementara itu menurut penuturan Asep, relawan Rumah Yatim Jatim, sebelum bantuan tersebut diberikan, tim terlebih dahulu mengajak Siska belanja di salah satu swalayan besar di sana.

 "Alhamdulillah Siska sangat senang dan antusias ketika kami ajak belanja. Kami sengaja melakukan hal tersebut agar bantuan yang diberikan sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan Siska dan neneknya," ujar Asep.

Ia berharap, bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat, berkah dan bisa membantu memenuhi kebutuhan harian dan pendidikan Siska.

"Semoga bantuan ini pun bisa menjadi berkah dan ladang pahala untuk para donatur yang telah membantu Siska melalui Rumah Yatim, aamiin," tandasnya.

Diusianya yang masih sangat kecil, Siska sudah menjadi yatim piatu. Saat ini ia dirawat oleh nenek dan kakeknya yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh tani.

Tak ingin merepotkan nenek kakeknya, Siska setiap pulang sekolah membantu mereka dengan memungut jagung sisa panen di ladang.

Sisa panen tersebut ia kumpulkan dan di jual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan kebutuhan sekolahnya. Hasil dari menjual sisa jagung biasanya ia kumpulkan selama 3 hari dan menghasilkan 25 ribu.

03 February 2023

Bantuan Bahan Pokok Rumah Yatim Sasar Pedagang Keliling dan Pemulung di Dusun Wanasari Denpasar

Rumah Yatim cabang Bali terus menyalurkan bantuan bahan pokok bagi masyarakat prasejahtera. Pada Januari akhir kemarin, bantuan tersebut menyasar kepada puluhan keluarga prasejahtera ya g terdiri dari pedagang kecil, dan pemulung di Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar.

Sebanyak 25 warga menyambut antusias pemberian bantuan Rumah Yatim ini. "Alhamdulillah mereka pada senang mendapat bantuan, mudah-mudahan bermanfaat," kata Kepala Cabang Rumah Yatim Bali, Agus Kurnia.

Menurutnya, bantuan ini sangat tepat disalurkan, karena mereka membutuhkannya. Apalagi di tengah harga sembako yang naik dan kondisi ekonomi sulit ini.

Agus berharap, apa yang Rumah Yatim berikan bisa bermanfaat serta meringankan beban mereka. "Mudah-mudahan mereka terus semangat menjalani hidup," ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh donatur Rumah Yatim yang telah peduli. "Semoga kedepannya semakin banyak orang yang mau berbagi terhadap sesama, agar semakin banyak pula warga prasejahtera yang merasakan manfaatnya.

01 February 2023

Keluarga Dhuafa di Pulo Gadung Jatim Senang Dapat Bantuan Biaya Hidup

Sebanyak 20 keluarga dhuafa di kelurahan Pulo Gadung, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, menerima bantuan biaya hidup berupa uang tunai dari Rumah Yatim area Jabodetabek.

Kegiatan pembagian sembako ini diadakan di Kantor Musrenbang, Jl. Palad RW 03 Kelurahan Pulo Gadung. Turut hadir pula di momen tersebut ketua RW dan RT setempat.

Menurut Abdul Karim salah satu relawan Rumah Yatim Jabodetabek, mayoritas penerima manfaat terdiri dari lansia prasejahtera, serabutan dan pedagang kecil. Penghasilan mereka minim dan tidak tentu, seringkali untuk membeli kebutuhan sehari-hari saja kesulitan.

"Alhamdulillah penerima manfaat sangat antusias dan senang ketika menerima bantuan ini, mereka mengatakan baru kali ini nerima bantuan dari lembaga amil zakat, sebelumnya mereka hanya menerima bantuan dari pemerintah saja," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan jika pihak RW RT setempat memberikan apresiasinya kepada Rumah Yatim yang telah membantu warga kurang mampu di kelurahan Pulo Gadung. Mereka berharap kedepannya Rumah Yatim bisa kembali membantu warganya.

"Meskipun bantuan yang diberikan tidak banyak, kami dari Rumah Yatim berharap bantuan ini bisa meringankan beban serta membantu memenuhi kebutuhan pangan mereka sampai beberapa hari kedepan,"harapnya.

Diakhir Abdul Karim mengatakan, bantuan biaya hidup yang diberikan merupakan amanah dari realisasi titipan zakat, infak, dan sedekah donatur kepada Rumah Yatim. Ini pula, tambah nya, menjadi bukti keseriusan Rumah Yatim dalam upaya mengentaskan permasalahan sosial ekonomi yang ada di masyarakat.

30 January 2023

Rumah Yatim Bagikan Puluhan Paket Sembako untuk Warga Dhuafa di Tegaljati Bondowoso

Berlokasi di kantor Kelurahan Tegaljati, Kecamatan Sumberwringin, Rumah Yatim Cabang Jawa Timur membagikan bantuan bahan pokok. Bantuan tersebut ditujukan untuk masyarakat dhuafa.

Penyaluran dilaksanakan pada Selasa (24/1), ada sebanyak 30 paket bahan pokok dibagikan. Berdasarkan informasi dari Asep salah satu relawan Rumah Yatim Jatim, bantuan diberikan guna membantu memenuhi kebutuhan pangan hariannya.

"Penerima manfaat kebanyakan bekerja serabutan, dari mulai buruh tani, hingga tukang bersih-bersih di makam," paparnya.

Rata-rata penghasilan yang mereka dapat hanya 30 ribu rupiah jika ada yang meminta jasa mereka. Bahkan, kata dia, ada yang lebih kecil dari itu.

Oleh karenanya, menurut Asep, bantuan ini layak diberikan kepada mereka. "Kondisi ekonomi mereka cukup memprihatinkan, dan mereka sangat memerlukan bantuan seperti ini," tuturnya.

Ia berharap bantuan ini bisa meringankan beban ekonomi mereka di tengah kesulitan. Meski tidak banyak, namun sedikitnya dapat bermanfaat dalam menghidupi keluarga mereka.

26 January 2023

Sembako Rumah Yatim Bantu Ringankan Beban Kebutuhan 30 Keluarga Miskin

Tercatat jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 26,36 juta orang di bulan september 2022 atau 9,57% dari total penduduk. Angka ini naik 0,03% dibandingkan maret 2022.

Penyebab bertambahnya orang miskin di Indonesia salah satunya dari harga komoditas yang di konsumsi meningkat, seperti cabai, telur, ayam, tahu, tempe, solar hingga kontrakan rumah.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang menaruh perhatiannya kepada masyarakat miskin, Rumah Yatim terus menyalurkan beragam bantuan untuk membantu mereka.

Salah satunya pada Selasa (24/1) kemarin, Rumah Yatim area Jabodetabek mengadakan kegiatan pembagian sembako kepada ratusan warga miskin di Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Ada sebanyak 30 keluarga menerima bantuan ini dengan penuh antusias. Mereka senang dan bersyukur karena disaat harga sembako naik, ada Rumah Yatim hadir membantu.

"Alhamdulillah seneng banget, sembako ini membantu banget. Sukses terus buat Rumah Yatim dan para donatur. Terima kasih sudah membantu kami, semoga kedepannya Rumah Yatim bisa kembali membantu kami," ungkap Jamilah salah satu penerima bantuan.

Sementara itu menurut penuturan Abdul Karim, salah satu relawan Rumah Yatim Jabodetabek, rata-rata penerima bantuan bekerja sebagai serabutan, buruh cuci, kuli panggul, pedagang kecil dan tukang ojek. Kebanyakan dari mereka tidak menerima bantuan PKH dari pemerintah setempat

"Naiknya harga sembako sangat menyulitkan mereka dalam memenuhi kebutuhan pangan, terlebih penghasilan yang didapat mereka tiap harinya kecil dan tidak menentu. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan manfaat dan bisa meringankan beban kebutuhan mereka," ujar Abdul.

Diakhir, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah menyalurkan zakat, infaq dan sedekah melalui Rumah Yatim. Alhamdulillah donasi mereka sudah sampai kepada jutaan warga kurang mampu di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di Kedunghalang Bogor.

Semoga donasi para donatur dibalas oleh Allah dengan sebaik-baiknya balasan.

24 January 2023

Ibu Listriana, Ibu yang Hidupi Ketiga Anak Yatimnya dengan Keliling Cari Rongsok Terima Bantuan

Rumah Yatim Cabang Jawa Tengah memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako dan perlengkapan mandi mencuci untuk Ibu Listriana (40) warga Desa Karangmulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.

Bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id , yang bertujuan untuk meringankan beban Ibu Listriana dan membantu memenuhi kebutuhan hidup Ibu Listriana serta keluarganya selama satu bulan.

“Terimakasih Rumah Yatim dan para Donatur telah memberikan bantuan ini kepada kami, bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami, semoga Rumah Yatim semakin maju dan sukses dan para donatur selalu diberikan Kesehatan dan kelancara rezeki,” tutur Ibu Listriana

Sejak ditinggal suaminya, Ibu Listriana harus banting tulang untuk menafkahi ketiga anak yatimnya Ravi (12), Assyla (7) dan Kanaya (2), sebenarnya ibu Listriana mempunyai 4 anak, namun anak pertamanya pergi merantau untuk mencari pekerjaan.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ibu Listriana mencari barang bekas, sambil menggendong anak yang paling kecil, ibu Listriana menyusuri jalanan dan berharap ada barang bekas yang bisa diambil untuk dikumpulkan dan dijual. Upah yang didapat tidak banyak, hanya 7-10 ribu itupun jika rongsokan yang ibu Listriana cari banyak.

Upah tak menentu membuat ibu Listriana hanya bisa memberi makan anaknya seadanya, terkadang ibu hanya bisa makan satu mie instant bersama anak-anaknya. tak hanya itu, mereka tidur hanya beralaskan tikar saja.

“ibu suka sedih melihat anak-anak suka kedinginan kalau malam karena tidur hanya pake tikar,” ujar Ibu Listriana

yusrif.06@gmail.com

Hamba Allah

Berhasil mengajak 5 orang untuk berdonasi
Rp 602.403

Rudy Susetyahadi

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 500.000
syfanurlela@gmail.com

Syfa Pevensie

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 10.000

Gotong royong sebagai fundraiser program ini.

Jadi fundraiser sekarang juga
Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 200.030

Pada: 7 jam yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Doni Hadiansyah

Sebesar Rp 100.000

Pada: 1 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

jumsinah

Sebesar Rp 150.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 1.000.415

Pada: 2 hari yang lalu

Mohon doakan agar kami sekeluarga diberi kesehatan, kebahagiaan kesuksesan dunia akhirat, rejeki berkah, dimudahkan dlm setiap langkah aamiin

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 1.850.611

Pada: 3 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 25.000

Pada: 3 hari yang lalu

Ketentuan Program donatur rutin adalah anda akan memperoleh pemberitauan/ pengingat untuk berdonasi sesuai kesepakatan waktu dalam mengingatkan baik melalui no HP maupun email sesuai yang anda cantumkan.

Jadi donatur rutin sekarang juga

Fundraiser

yusrif.06@gmail.com

Hamba Allah

Berhasil mengajak 5 orang untuk berdonasi
Rp 602.403

Rudy Susetyahadi

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 500.000
syfanurlela@gmail.com

Syfa Pevensie

Berhasil mengajak 1 orang untuk berdonasi
Rp 10.000

Gotong royong sebagai fundraiser program ini.

Jadi fundraiser sekarang juga

Berita

26 Jun 2020

Program Dirilis

08 February 2023

Yatim Piatu Pemungut Jagung di Suko Sumber Bondowoso

Aziska Putri Aulia (11) atau sering disapa Siska, anak yatim piatu pemungut jagung di ladang kembali menerima bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim cabang Jawa Timur.

Bantuan berupa uang tunai, sembako, seragam sekolah, sepatu dan baju baru ini diberikan langsung kepada Siska di Dusun Suko Sumber, Desa Sumberwringin, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Raut wajah bahagia ditunjukan Siska ketika menerima bantuan tersebut. Berkali-kali ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah membantunya.

"Alhamdulillah senang sekali bisa kembali menerima bantuan dari Rumah Yatim dan para donatur. Semoga Rumah Yatim semakin besar dan pata donaturnya selalu diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah serta dimudahkan semua urusannya," tutur Siska.

Sementara itu menurut penuturan Asep, relawan Rumah Yatim Jatim, sebelum bantuan tersebut diberikan, tim terlebih dahulu mengajak Siska belanja di salah satu swalayan besar di sana.

 "Alhamdulillah Siska sangat senang dan antusias ketika kami ajak belanja. Kami sengaja melakukan hal tersebut agar bantuan yang diberikan sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan Siska dan neneknya," ujar Asep.

Ia berharap, bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat, berkah dan bisa membantu memenuhi kebutuhan harian dan pendidikan Siska.

"Semoga bantuan ini pun bisa menjadi berkah dan ladang pahala untuk para donatur yang telah membantu Siska melalui Rumah Yatim, aamiin," tandasnya.

Diusianya yang masih sangat kecil, Siska sudah menjadi yatim piatu. Saat ini ia dirawat oleh nenek dan kakeknya yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh tani.

Tak ingin merepotkan nenek kakeknya, Siska setiap pulang sekolah membantu mereka dengan memungut jagung sisa panen di ladang.

Sisa panen tersebut ia kumpulkan dan di jual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan kebutuhan sekolahnya. Hasil dari menjual sisa jagung biasanya ia kumpulkan selama 3 hari dan menghasilkan 25 ribu.

03 February 2023

Bantuan Bahan Pokok Rumah Yatim Sasar Pedagang Keliling dan Pemulung di Dusun Wanasari Denpasar

Rumah Yatim cabang Bali terus menyalurkan bantuan bahan pokok bagi masyarakat prasejahtera. Pada Januari akhir kemarin, bantuan tersebut menyasar kepada puluhan keluarga prasejahtera ya g terdiri dari pedagang kecil, dan pemulung di Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar.

Sebanyak 25 warga menyambut antusias pemberian bantuan Rumah Yatim ini. "Alhamdulillah mereka pada senang mendapat bantuan, mudah-mudahan bermanfaat," kata Kepala Cabang Rumah Yatim Bali, Agus Kurnia.

Menurutnya, bantuan ini sangat tepat disalurkan, karena mereka membutuhkannya. Apalagi di tengah harga sembako yang naik dan kondisi ekonomi sulit ini.

Agus berharap, apa yang Rumah Yatim berikan bisa bermanfaat serta meringankan beban mereka. "Mudah-mudahan mereka terus semangat menjalani hidup," ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh donatur Rumah Yatim yang telah peduli. "Semoga kedepannya semakin banyak orang yang mau berbagi terhadap sesama, agar semakin banyak pula warga prasejahtera yang merasakan manfaatnya.

01 February 2023

Keluarga Dhuafa di Pulo Gadung Jatim Senang Dapat Bantuan Biaya Hidup

Sebanyak 20 keluarga dhuafa di kelurahan Pulo Gadung, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, menerima bantuan biaya hidup berupa uang tunai dari Rumah Yatim area Jabodetabek.

Kegiatan pembagian sembako ini diadakan di Kantor Musrenbang, Jl. Palad RW 03 Kelurahan Pulo Gadung. Turut hadir pula di momen tersebut ketua RW dan RT setempat.

Menurut Abdul Karim salah satu relawan Rumah Yatim Jabodetabek, mayoritas penerima manfaat terdiri dari lansia prasejahtera, serabutan dan pedagang kecil. Penghasilan mereka minim dan tidak tentu, seringkali untuk membeli kebutuhan sehari-hari saja kesulitan.

"Alhamdulillah penerima manfaat sangat antusias dan senang ketika menerima bantuan ini, mereka mengatakan baru kali ini nerima bantuan dari lembaga amil zakat, sebelumnya mereka hanya menerima bantuan dari pemerintah saja," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan jika pihak RW RT setempat memberikan apresiasinya kepada Rumah Yatim yang telah membantu warga kurang mampu di kelurahan Pulo Gadung. Mereka berharap kedepannya Rumah Yatim bisa kembali membantu warganya.

"Meskipun bantuan yang diberikan tidak banyak, kami dari Rumah Yatim berharap bantuan ini bisa meringankan beban serta membantu memenuhi kebutuhan pangan mereka sampai beberapa hari kedepan,"harapnya.

Diakhir Abdul Karim mengatakan, bantuan biaya hidup yang diberikan merupakan amanah dari realisasi titipan zakat, infak, dan sedekah donatur kepada Rumah Yatim. Ini pula, tambah nya, menjadi bukti keseriusan Rumah Yatim dalam upaya mengentaskan permasalahan sosial ekonomi yang ada di masyarakat.

30 January 2023

Rumah Yatim Bagikan Puluhan Paket Sembako untuk Warga Dhuafa di Tegaljati Bondowoso

Berlokasi di kantor Kelurahan Tegaljati, Kecamatan Sumberwringin, Rumah Yatim Cabang Jawa Timur membagikan bantuan bahan pokok. Bantuan tersebut ditujukan untuk masyarakat dhuafa.

Penyaluran dilaksanakan pada Selasa (24/1), ada sebanyak 30 paket bahan pokok dibagikan. Berdasarkan informasi dari Asep salah satu relawan Rumah Yatim Jatim, bantuan diberikan guna membantu memenuhi kebutuhan pangan hariannya.

"Penerima manfaat kebanyakan bekerja serabutan, dari mulai buruh tani, hingga tukang bersih-bersih di makam," paparnya.

Rata-rata penghasilan yang mereka dapat hanya 30 ribu rupiah jika ada yang meminta jasa mereka. Bahkan, kata dia, ada yang lebih kecil dari itu.

Oleh karenanya, menurut Asep, bantuan ini layak diberikan kepada mereka. "Kondisi ekonomi mereka cukup memprihatinkan, dan mereka sangat memerlukan bantuan seperti ini," tuturnya.

Ia berharap bantuan ini bisa meringankan beban ekonomi mereka di tengah kesulitan. Meski tidak banyak, namun sedikitnya dapat bermanfaat dalam menghidupi keluarga mereka.

26 January 2023

Sembako Rumah Yatim Bantu Ringankan Beban Kebutuhan 30 Keluarga Miskin

Tercatat jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 26,36 juta orang di bulan september 2022 atau 9,57% dari total penduduk. Angka ini naik 0,03% dibandingkan maret 2022.

Penyebab bertambahnya orang miskin di Indonesia salah satunya dari harga komoditas yang di konsumsi meningkat, seperti cabai, telur, ayam, tahu, tempe, solar hingga kontrakan rumah.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang menaruh perhatiannya kepada masyarakat miskin, Rumah Yatim terus menyalurkan beragam bantuan untuk membantu mereka.

Salah satunya pada Selasa (24/1) kemarin, Rumah Yatim area Jabodetabek mengadakan kegiatan pembagian sembako kepada ratusan warga miskin di Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Ada sebanyak 30 keluarga menerima bantuan ini dengan penuh antusias. Mereka senang dan bersyukur karena disaat harga sembako naik, ada Rumah Yatim hadir membantu.

"Alhamdulillah seneng banget, sembako ini membantu banget. Sukses terus buat Rumah Yatim dan para donatur. Terima kasih sudah membantu kami, semoga kedepannya Rumah Yatim bisa kembali membantu kami," ungkap Jamilah salah satu penerima bantuan.

Sementara itu menurut penuturan Abdul Karim, salah satu relawan Rumah Yatim Jabodetabek, rata-rata penerima bantuan bekerja sebagai serabutan, buruh cuci, kuli panggul, pedagang kecil dan tukang ojek. Kebanyakan dari mereka tidak menerima bantuan PKH dari pemerintah setempat

"Naiknya harga sembako sangat menyulitkan mereka dalam memenuhi kebutuhan pangan, terlebih penghasilan yang didapat mereka tiap harinya kecil dan tidak menentu. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan manfaat dan bisa meringankan beban kebutuhan mereka," ujar Abdul.

Diakhir, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah menyalurkan zakat, infaq dan sedekah melalui Rumah Yatim. Alhamdulillah donasi mereka sudah sampai kepada jutaan warga kurang mampu di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di Kedunghalang Bogor.

Semoga donasi para donatur dibalas oleh Allah dengan sebaik-baiknya balasan.

24 January 2023

Ibu Listriana, Ibu yang Hidupi Ketiga Anak Yatimnya dengan Keliling Cari Rongsok Terima Bantuan

Rumah Yatim Cabang Jawa Tengah memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako dan perlengkapan mandi mencuci untuk Ibu Listriana (40) warga Desa Karangmulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.

Bantuan ini berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id , yang bertujuan untuk meringankan beban Ibu Listriana dan membantu memenuhi kebutuhan hidup Ibu Listriana serta keluarganya selama satu bulan.

“Terimakasih Rumah Yatim dan para Donatur telah memberikan bantuan ini kepada kami, bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami, semoga Rumah Yatim semakin maju dan sukses dan para donatur selalu diberikan Kesehatan dan kelancara rezeki,” tutur Ibu Listriana

Sejak ditinggal suaminya, Ibu Listriana harus banting tulang untuk menafkahi ketiga anak yatimnya Ravi (12), Assyla (7) dan Kanaya (2), sebenarnya ibu Listriana mempunyai 4 anak, namun anak pertamanya pergi merantau untuk mencari pekerjaan.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ibu Listriana mencari barang bekas, sambil menggendong anak yang paling kecil, ibu Listriana menyusuri jalanan dan berharap ada barang bekas yang bisa diambil untuk dikumpulkan dan dijual. Upah yang didapat tidak banyak, hanya 7-10 ribu itupun jika rongsokan yang ibu Listriana cari banyak.

Upah tak menentu membuat ibu Listriana hanya bisa memberi makan anaknya seadanya, terkadang ibu hanya bisa makan satu mie instant bersama anak-anaknya. tak hanya itu, mereka tidur hanya beralaskan tikar saja.

“ibu suka sedih melihat anak-anak suka kedinginan kalau malam karena tidur hanya pake tikar,” ujar Ibu Listriana

Donatur

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 200.030

Pada: 7 jam yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Doni Hadiansyah

Sebesar Rp 100.000

Pada: 1 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

jumsinah

Sebesar Rp 150.000

Pada: 2 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 1.000.415

Pada: 2 hari yang lalu

Mohon doakan agar kami sekeluarga diberi kesehatan, kebahagiaan kesuksesan dunia akhirat, rejeki berkah, dimudahkan dlm setiap langkah aamiin

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 1.850.611

Pada: 3 hari yang lalu

Avatar of Hamba Allah

Hamba Allah

Sebesar Rp 25.000

Pada: 3 hari yang lalu

Donasi Rutin

Ketentuan Program donatur rutin adalah anda akan memperoleh pemberitauan/ pengingat untuk berdonasi sesuai kesepakatan waktu dalam mengingatkan baik melalui no HP maupun email sesuai yang anda cantumkan.

Jadi donatur rutin sekarang juga