Zakat Penghasilan

Harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh.
Rp 3.268.352.613
Terkumpul dari
speaker
Ayuk!!!.. seringkan donasi , agar pahalanya semakin berat

Cerita Penggalangan Dana

"Salurkan Zakat di Rumah Yatim. Tak hanya menggugurkan kewajiban, InsyaAllah keberkahan dan pahala berlimpah kepada kita."

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional Profesional, Rumah Yatim memiliki sebuah prinsip dan keyakinan bahwa Ibadah Zakat yang diimplementasikan secara benar, bukan hanya mampu menggugurkan kewajiban ritual namun juga sekaligus menjadi sebuah media sangat efektif dalam melakukan perubahan tatanan sosial yang berkeadilan.

Rumah Yatim Adalah Lembaga Amil Zakat skala Nasional (LAZNAS) yang di kukuhkan pemerintah berdasarkan SK Menteri Agama RI No. 209 Tahun 2017.
Melalui dana Zakat, para mustahik yang berstatus fakir, miskin dan para lansia, menjadi prioritas utama kami, dalam penyaluran bantuan yang bersifat konsumtif seperti Bantuan Biaya Hidup dan Bantuan Sembako.
Dalam membantu pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi lokal, Rumah Yatim menyediakan bantuan bagi para petani dan pengusaha kecil dalam bentuk bantuan modal usaha, bibit, serta bantuan mesin produksi. 

Setelah pemberian bantuan, kegiatan monitoring pun dijalankan, hingga para petani dan pengusaha kecil tersebut bisa menghasilkan produk yang memiliki daya saing dengan produk yang telah ada sebelumnya.
Selain itu Rumah Yatim pun telah berhasil menyediakan layanan kesehatan murah, dan fasilitas ambulan gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Program penyuluhan kesehatan pun dicanangkan dengan membentuk tim relawan kesehatan, yang secara berkala menyisir wilayah pedesaan dengan fasilitas kesehatan yang minim dan sulit terjangkau. 

Selain melakukan edukasi terhadap wabah penyakit yang diderita secara umum, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan pun dibebaskan dari pungutan biaya.
Demi menjalankan amanah untuk terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak yatim, dhuafa serta masyarakat pada umumnya, Kami mengajak Anda, untuk membantu sesama dengan berperan aktif dalam menunaikan 2,5% kewajiban zakat dari penghasilan, melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim.

Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri.

"Zakat untuk Perubahan ... "
Silahkan klik link personal asisten untuk membantu ber-Zakat.
Selengkapnya

Berita Penyaluran

Program Dirilis

09 Apr 2020

Rumah Yatim Jabodetabek Penuhi Kebutuhan Repa Yatim Piatu Pencari Rongsok

20 June 2024
gambar-headline

Pada Kamis, (06/06/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah berhasil menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk Repa sebagai penerima manfaat.

Tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek bersilaturahmi dan menyerahkan langsung bantuan biaya hidup ini kepada Repa di kediamannya yang beralamat di Desa Kutakarang, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa bantuan bahan pokok lengkap seperti minyak goreng, beras, telur, mie instan dan lain-lain, baju seragam, sandal, sarung, dan kebutuhan sekolah lainnya serta tim relawan juga memberikan santunan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan Repa yang lainnya.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Repa (12) merupakan anak yang tumbuh tanpa kasih sayang kedua orang tuanya karena ibunya telah meninggal dunia pada saat berjuang melahirkan Repa, dan ayahnya tidak lama kemudian meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya.

Repa dari bayi sudah tidak mempunyai siapa-siapa lagi hanya nenek nyalah yang berjuang merawat dan membesarkannya. Hanya neneknya yang banting tulang mencari rezeki hingga kini ia tumbuh besar berusia 12 tahun.

Meskipun tumbuh besar tanpa kasih sayang kedua orang tuanya Repa adalah anak yang mandiri dan sangat memahami kondisi atau keadaan neneknya sekarang ini. Repa tidak banyak menuntut apapun, bahkan untuk kebutuhan sekolahnya ia tidak mau merepotkan neneknya.

“Kasihan sama Nenek, saya belum bisa membalas kebaikannya," kata Repa.

Repa berusaha untuk meringankan beban neneknya. Setiap hari ia berkeliling mencari barang bekas setelah pulang sekolah dengan modal karung, satu persatu botol bekas air mineral ia kumpulkan dan bersihkan dan nantinya akan dijual kepada pengepul.

Hasil yang diperoleh dari menjual barang bekas tidak besar, dalam setiap hari nya Repa hanya memperoleh satu kilogram dan dijual dengan harga Rp2.000 dan hasil uang tersebut diberikan untuk neneknya.

“Paling sehari dapat 1 kg harganya Rp 2000, biasanya saya kumpulkan 1 minggu baru dijual paling hanya dapat 10 kg dan uangnya dikasih di nenek dikumpulkan untuk kebutuhan sekolah atau buat nambah beli beras," ucapnya.

Repa memiliki cita-cita menjadi seorang Kyai dan mempunyai prestasi yang membanggakan. Repa sering menjuarai qori tingkat kecamatan, mendapatkan beberapa piala penghargaan dan itu menjadi kebanggaannya.

Di balik segudang prestasi yang dimilikinya Repa harus menghadapi keterbatasan ekonomi terutama saat ini neneknya sudah tidak kuat seperti dulu. Usianya yang renta dan tenaganya semakin berkurang, sehingga banyak kebutuhan sekolahnya yang tidak tercukupi.

Repa sangat senang dan bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan biaya hidup dari para pejuang kebaikan.

Repa pun menyampaikan terima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek yang telah mendistribusikan bantuan ini dan kepada para donatur yang telah berbagi rezekinya.

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk Repa dan neneknya, serta mampu menjadi pahala mengalir untuk para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Puluhan Lansia dan Dhuafa di Cilandak Timur Bahagia Berkat Dapatkan Bantuan Biaya Hidup

14 June 2024
gambar-headline

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek selalu peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan dengan melaksanakan aksi kebaikan kepada mereka.

Pada Kamis, (30/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup kepada masyarakat yang membutuhkan tepatnya di Jl. Lapangan Tembak Rt 013/01, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Bantuan biaya hidup ini diberikan kepada sebanyak puluhan penerima manfaat yang diantaranya ialah para lansia dan dhuafa.

Para penerima manfaat sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek dan kepada para donatur.

Semoga bantuan biaya hidup ini dapat bermanfaat bagi para penerima manfaat serta menjadikan keberkahan bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini.

"Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui." (Al Baqarah:261)

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Apresiasi Kades Purwodadi Gunungkidul Atas Kepedulian Rumah Yatim Yogyakarta Kepada Warganya

12 June 2024
gambar-headline

Kegiatan penyaluran bantuan biaya hidup yang digelar Rumah Yatim cabang Yogyakarta di Desa Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (25/5) kemarin mendapat apresiasi dari Kepala Desa Purwodadi, Sagiyanto.

Dalam sambutannya, Sagiyanto mengucapkan ribuan terima kasih dan apresiasinya kepada Rumah Yatim yang telah membantu 190 warganya yang kurang mampu. Ia mengatakan jika bantuan ini tepat sasaran, sebab pihak desa sudah berkoordinasi dengan ke 19 Kepala Dusun di Desa Purwodadi.

"Pemerintah Purwodadi melakukan pendampingan termasuk para dukuh (19 Padukuhan se-Kalurahan Purwodadi) supaya bantuan tepat sasaran kepada yang benar-benar membutuhakan. Intinya kita mengapresiasi, mensupport dan mengucapkan terimakasih kepada Laznas Rumah Yatim, ” imbuhnya.

Sagiyanto menuturkan jika warga yang menerima bantuan terdiri dari lansia prasejahtera, anak yatim, janda dan kepala keluarga yang mayoritas bekerja sebagai buruh tani. Untuk lansianya rata-rata sudah tidak bekerja karena faktor usia.

Lebih lanjut ia mengatakan jika Rumah Yatim sudah sering datang ke Desa Purwodadi untuk menyalurkan bantuan. Adapun bantuan yang sudah digulirkan Rumah Yatim diantaranya bantuan Masjid dan Mushola, bantuan perbaikan sarana MCK dan fasilitas umum, serta bantuan sembako dan bantuan biaya hidup.

"Bantuan dari Rumah Yatim sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kami di Desa Purwodadi. Sekali lagi terima kasih, semoga apa yang diberikan oleh Rumah Yatim dan para donatur bisa menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala," tuturnya.

Selengkapnya

Rumah Yatim Sumatera Utara Kembali Bahagiakan Puluhan Lansia

30 May 2024


gambar-headline

( Deli Serdang | Kamis / 23 - Mei - 2024), Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara menyalurkan Program Biaya Hidup kepada 50 orang lansia yang membutuhkan.

Bantuan ini langsung di salurkan oleh tim relawan Laznas Rumah Yatim Sumut kepada lansia yang membutuhkan di Jl. Perhubungan, Desa Sidodadi, Kec. Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

" Tidaklah ada suatu hari pun di mana hamba-hamba Allah masuk pada waktu pagi harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Maka salah satu di antara mereka berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfak.” Dan malaikat yang lainnya berdoa, “Ya Allah berikanlah kerugian kepada orang-orang yang menahan hartanya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semoga bantuan yang disalurkan bermanfaat bagi para penerima manfaat dan menjadi keberkahan bagi para donatur, pas sekali hari ini adalah hari jum'at bagi yang belum sedekah jum'at yuk klik tombol donasi dan tunaikan sedekah terbaik anda.

Selengkapnya

Rumah Yatim Jawa Barat Gencar Bantu Puluhan Masyarakat Miskin di Cicaheum

28 May 2024
gambar-headline

Pada Selasa, (21/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim area Jawa Barat sukses melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup pada masyarakat yang membutuhkan.

Tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat mengunjungi secara langsung lokasi penyaluran yang beralamat di Jl Sulaksana Baru II, Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Program kemanusiaan bantuan biaya hidup ini ditujukan untuk puluhan masyarakat miskin diantaranya lansia, buruh, ibu rumah tangga, dhuafa, gober dan linmas.

Dengan jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari para penerima manfaat.

Pemerintah setempat dan para penerima manfaat sangat terbantu sekali dengan adanya program ini.

Rasa syukur dan bahagia begitu dirasakan oleh para penerima manfaat ketika menerima bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim area Jawa Barat.

Mereka pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan yang telah mendistribusikan bantuan ini, serta kepada para donatur yang berbaik hati telah menyumbangkan sebagian rezekinya melalui program ini.

Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk puluhan penerima manfaat, serta bisa mendatangkan keberkahan dan juga menjadi pahala mengalir untuk para donatur.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan datang dua malaikat kepadanya dan salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)”. (HR. Bukhari – No. 1442 Fathul Bari) Shahih.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya

Rumah Yatim Mataram Bahagiakan Parel Anak Yatim Piatu di Kecamatan Sekotong

25 May 2024
gambar-headline

Pada Senin, (13/05/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Mataram telah melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk Parel sebagai penerima manfaat.

Bantuan biaya hidup ini diserahkan secara langsung oleh tim relawan Rumah Yatim cabang Mataram kepada Parel di kediamannya yang beralamat di Kelurahan Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari Parel.

Parel Aprianto Padli (12) adalah seorang anak yatim piatu yang kedua orang tuanya telah meninggal dunia secara beriringan dalam waktu 1 Minggu.

Ibunya meninggal dunia karena demam tinggi lalu selang 4 hari ayahnya menyusul kepergian ibunya menghadap Allah karena sakit hebat di bagian perut.

Seminggu sebelum meninggal dunia kedua orang tua Parel merantau untuk mencari nafkah sebagai buruh pabrik air mineral di Lombok Barat. Kemudian mereka pulang ke Desa karena di PHK sebab pandemi.

Seminggu sesudah pulang, ibunya menderita demam tinggi dan ayahnya menderita sakit yang hebat dibagian perut.

“Karena keterbatasan ekonomi kami tidak bisa pergi ke dokter uang yang dikasih oleh pabrik hanya cukup buat kami makan sehari-hari. Akhirnya nyawa ibu tak tertolong dan keadaan bapak semakin buruk dan bapak gak bisa menyaksikan pemakaman ibu,” ucap Parel

“Bapak sempet gak sadarkan diri waktu ibu meninggal, betapa pilu nya kami harus menerima kenyataan ini. Akhirnya tepat 4 hari setelah ibu pergi, Bapak pun ikut menyusul kepergian ibu,” imbuh Parel sambil meneteskan air matanya.

Saat ini Parel hanya tinggal bersama kakek neneknya yang sudah tua renta. Kakek neneknya juga sering sakit-sakitan ditambah rumah yang ditinggalinya kurang layak. Dulu kakek bekerja menjadi buruh tani, namun sekarang sudah tidak mampu bekerja dan nenek hanya memelihara bebek sebagai sumber penghasilan. Dari hasil ternak bebek nenek memperoleh telur kemudian dijual dan perhari bisa memperoleh Rp10.000 dari 5 butir telur yang dihasilkan dari ternak bebek.

Parel sangat bersyukur dan bahagia sekali bisa mendapatkan bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim Mataram, sehingga kebutuhan Parel dan keluarganya dapat terpenuhi.

Parel pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim yang telah mendistribusikan bantuan ini dan juga kepada para donatur yang telah berbaik hati berbagi rezekinya melalui program ini.

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kehidupan Parel dan keluarganya serta bisa mendatangkan keberkahan juga bagi para donatur.

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

Selengkapnya
Lebih banyak

Jadi Fundraiser

calamrmt@gmail.com

Calam

Rp 992.515

5 orang berhasil diajak

Terhimpun
avafif@gmail.com

Aulia Afif

Rp 4.250.000

11 orang berhasil diajak

Terhimpun
mira21@gmail

Mira

Rp 200.258

1 orang berhasil diajak

Terhimpun
Bagikan Program

Para #PejuangKebaikan

11346

Hamba Allah

Rp 250.094
5 hari yang lalu

Hamba Allah

Rp 552.027
1 minggu yang lalu
Semoga Allah mengampuni dosa saya dan kedua orang tua saya

Hamba Allah

Rp 20.029
1 minggu yang lalu

Doa-doa #PejuangKebaikan

Aamin Kan dan bantu likenya

Muhamad ichsan fuzen avatar

Muhamad ichsan fuzen

1 minggu yang lalu
Semoga Allah mengampuni dosa saya dan kedua orang tua saya
diaminkan 0 kali
Febriana avatar

Febriana

2 minggu yang lalu
Ya allah ampuni hamba,perbaiki ibadah hamba,lancarkan rezeki hamba,beri hamba kesehatan,permudah urusan dunia akhirat hamba,segerakan hajat hamba dan berikan hamba takdir terbaikmu
diaminkan 0 kali
kharista astrini sakya avatar

kharista astrini sakya

2 minggu yang lalu
Dimudahkan rezeki dan urusannya..
diaminkan 0 kali
Febriana avatar

Febriana

2 minggu yang lalu
Ya allah ampuni hamba,perbaiki ibadah hamba,lancarkan rezeki hamba,beri hamba kesehatan,permudah urusan dunia akhirat hamba,segerakan hajat hamba dan berikan hamba takdir terbaik mu
diaminkan 0 kali
Danang widayanto avatar

Danang widayanto

2 minggu yang lalu
Semoga berkah buat kita bersama, Ammiin
diaminkan 0 kali
Danang widayanto avatar

Danang widayanto

2 minggu yang lalu
Semoga berkah buat kita bersama, Ammiin
diaminkan 0 kali
Lardjianto avatar

Lardjianto

1 bulan yang lalu
Ya Allah ya Rabb mudahkanlah sy bisa berzakat penghasilan lebih banyak lagi amiiin
diaminkan 0 kali
Hamba Allah avatar

Hamba Allah

1 bulan yang lalu
Semoga panjang umur,sehat,bahagia selalu,lancar berkah rezekinya,dilancarkan, dimudahkan persiapan pernikahannya,rezeki menikahnya lancar berkah melimpah,semoga setelah nikah langsung hamil,cepet punya anak,usahanya laris manis
diaminkan 0 kali
Widya vitasari avatar

Widya vitasari

2 bulan yang lalu
Semoga Allah senantiasa memberi kesehatan untuk keluarga kita dan melancarkan segala urusan dan rezeki kami. Dan menjadikan harta kami yang tersisa membawa keberkahan untuk kami
diaminkan 0 kali
Amos Nikson kmur avatar

Amos Nikson kmur

2 bulan yang lalu
Namaku Amos Nixon nur asal kota Manokwari alamat jalan sawi 4 Saya ingin mau meminjam uang satu juta untuk pakai bayar semester 2
diaminkan 0 kali
disclaimer
Disclaimer:  Fundraising ini merupakan bagian dari penggalangan dana Rumah Yatim. Kelebihan donasi yang terhimpun akan disalurkan ke penerima manfaat program-program Rumah Yatim lainnya.